Harga Mobil dan review terbaru. Spesifikasi Motor Bekas. Modifikasi Terunik. Tutorial Mengemudi.

Friday, January 10, 2020

CARA MUDAH BELAJAR MENGEMUDIKAN TRUCK BAGI PEMULA

Terima Kasih Telah Berkunjung­čśŹ

Jika Dirasa Manfaat, Mohon untuk di share

Selamat Belajar dan Kunjungi Tips Artikel Lainnya

Cara Mengemudikan Truck
Untuk mengemudikan kendaraan besar seperti truck bisa dikatakan mudah dan bisa juga dikatakan sulit, pada umumnya pengemudi kendaraan berat awalnya dari asisten (pembantu pengemudi) yang tiap hari berkecimpung di truck dalam keseharian mereka melihat cara pengemudinya mengemudi sehingga merekapun lama-lama bisa mengoperasikan trucknya. Tapi bagi yang belum pernah mengemudikan truck sepertinya untuk mengemudikan truck perlu ada penyesuain sehingga tidak mengalmi kesulitan baik bagaimana cara maju, nanjak turun dan membelok apalagi dengan truck bermuatan pastinya sedikit mengalami kesulitan.


Nah bagi pemula yang ingin bisa mengemudikan truck jangan khawatir dengan saya menulis di blog ini mudah-mudahan bisa memantu, pastikan saat anda akan mengoperasikan truck pemeriksaan dan perawatan harian (P2H) telah dilakukan untuk memastikan truck yang akan anda operasikan aman tidak ada kendala di jalan. Ok mulai saja pastikan cek spion kanan dan kiri terlihat luas kebelakang, pakailah sabuk keselamatan mengemudi (safety belt), hidupkan mesin pastikan semua lampu indikator telah padam masukan gear 1 untuk bermuatan dan gear 2 untuk kosongan.




Menghadapi tanjakan bermuatan jangan panik apalagi tanjakanya tajam, disini pengemudi benar-benar akan teruji apabila dapat melewati tanjakan dengan aman selamat, koncinya adalah pengemudi harus menggunakan tachometer (rpm) sebagai acuan untuk menanjak, kapan pengemudi menaikan dan kapan harus menurunkan gear jadi truck tidak kehabisan nafas atau berhenti di tengah-tengah tanjakan. Jika kondisi jalan naik turun jangan gunakan momen turun untuk mendaki tanjakan karena akan sangat berbahaya jika pengemudi tidak menguasai kondisi jalan, untuk lebih amanya pengemudi bisa pergunakan torsi maksimal kendaraan yaitu dengan memindahkan ke gear 1 dan jangan memindahkan gear sampai selesai mendaki meskipun rpm tinggi yang kadang kalau pengemudi memindahkanya tidak cepat dan tepat kendaraan akan berhenti di tanjakan.




Untuk menghadapi turunan pengemudi harus menggunakan exchause valve brake atau yang kita kenal dengan engine brake, peralatan ini harus digunakan untuk mengurangi laju kendaraan agar tidak semakin kencang saat diturunan juga dapat menghemat brake lining sehingga tidak cepat habis. namun jika kondisi ini belum dapat mengatasi laju kendaraan sebaiknya pengemudi dapat menginjak service brake untuk mengurangi laju kendaraanya saat diturunan curam.




Cara membelok kendaraan yang lebih panjang tentunya beerbeda dengan kendaraan kecil dibutuhkan haluan yang lebih luas dimana arah kendaraan akan membelok jika kendaraan akan membelok kekanan pastikan pengemudi ambil haaluan kekiri dulu agar roda kendaraan belakang tidak terperosok keluar jalan dan hal ini berlaku untuk membelok kearah sebaliknya.

Walau terlihat mudah, mengemudi sebuah truk di jalan raya merupakan suatu hal yang memerlukan konsentrasi tinggi. Kendaraan pengangkut itu tidak bisa Anda jalankan seperti mobil biasa, karena truk mempunyai bobot yang berat dan ukuran yang besar. Beberapa hal perlu diperhatikan agar truk bisa dikendarai dengan aman.


1. Duduk dengan benar

Anda dan juga para penumpang harus selalu duduk dengan aman sepanjang berada dalam mobil. Yakinkan mereka mengenakan sabuk pengaman secara benar. Memang banyak kasus layaknya mukzijat, penumpang selamat dari kecelakaan walaupun tak mengenakan sabuk pengaman. Tapi, ingatlah bahwa sabuk pengaman, betapapun awalnya terasa cukup menganggu, adalah perlengkapan pengaman paling standar yang dapat menghindarkan penumpang dari ancaman cedera serius.


2. Pandangan jauh ke depan


Harus selalu diingat bahwa sistem keamanan aktif yang paling utama adalah mata pengemudi. Pandangan pengemudi harus selalu jauh ke depan sepanjang menjalankan kegiatannya di atas mobil. Dan, jangan memaksakan diri terus mengemudi kala kantuk bertandang.


3. Waspada terhadap sekeliling


Selain menjaga pendangan ke depan, selalu melihat pada ketiga spion untuk memantau keadaan di kiri, kanan, dan pandangan belakang menjadi keharusan berikutnya. Lalu lalang mobil, kendaraan lain, dan pejalan kaki di sekitar mobil akan membuat Anda tepat mengambil keputusan saat menjumpai kondisi kritis.


4. Jaga jarak aman


Memposisikan kendaraan di tengah lalu lintas secara benar merupakan saran lain bagi keutamaan keselamatan. Bagi lalu lintas padat seperti Jakarta, rekomendasi jaga jarak dalam hitungan meter memang tak mudah dilakukan. Namun selalu memperhitungkan posisi ‘pantat’ dan jarak aman ‘moncong’ terhadap mobil di depan, akan memperkecil risiko senggolan di jalan.


5. Jangan mudah terlena


Perangkat tambahan seperti telepon, CD player dan mungkin saja GPS display akan membuat situasi mengemudi lebih nyaman. Tetapi, jangan sekali-kali terlena dengan kemewahan itu, karena sedikit saja hilang perhatian terhadap lingkungan, maka kematian bisa menjadi acaman serius.


6. Pengguna jalan lain


Di jalanan bukan hanya ada mobil, apalagi truk atau bis yang Anda kemudikan. Pejalan kaki, pengendara motor dan sepeda, bahkan pendorong gerobak adalah bagian dari lalu lintas Jakarta. Waspadai gerakan mereka, karena kadang kalangan ini tak ambil peduli saat menggunakan jalan yang sama dengan Anda lalui.


7. Mengemudi adalah kegiatan sosial


Karena itu perlu adaptasi dengan keadaan sejumlah mobil dan kondisi lalu lintas sekelilingnya. Bila tidak bisa mengikuti ‘irama’ sekeliling, ancaman kecelakaan bisa muncul sewaktu-waktu. Misalnya, Anda terlalu kencang, atau bisa saja terlalu lambat, saat mengemudi di tol akan sangat membahayakan diri dan mobil bersangkutan.


8. Ikut arus secara baik


Ngebut dan sering mencuri lampu lalu lintas kadang merupakan pengalaman menarik kala mengemudi di lalu lintas perkotaan. Tapi, terus mengikuti arus dan beradaptasi dengan gaya mengemudi para sopir di sekeliling akan lebih menjamin mobil selamat dari ancaman kecelakaan. Maka kalem-kalem sajalah kalau sedang mengemudi di lalu lintas padat.

ini tips berdasarkan hari belajar mengemudi truck untuk pemula atau nobs

TIPS MAHIR MENGEMUDI TRUCK HARI PERTAMA

Awali hari pertama anda dengan membaca Basmallah. Di hari pertama ini yang anda lakukan adalah memahami kontrol dasar dari setiap fitur dashboard mobil yang ada. Memang setiap mobil berbeda-beda, tapi paling tidak anda mengerti cara menghidupkan dan mematikan mesin, cara menggunakan lampu sen dan lamu hazard, menggunakan lampu utama dan lampu jarak jauh, menjalankan wiper untuk mengatasi hujan, dan sebagainya
Jika sudah paham, sekarang saatnya mempelajari aturan dasar tentang mengemudi. Ada banyak aturan dasar tapi paling tidak anda paham tentang penggunaan jalur kiri dan kanan, etika dalam mendahului, dan arti rambu-rambu lalu lintas yang ada.
Capaian hari pertama ini adalah anda sudah menguasai semua teori tentang dua hal diatas.

TIPS MAHIR MENGEMUDI HARI KEDUA

Saatnya terjun ke lapangan, yup benar-benar ke lapangan. Carilah sebuah lapangan disekitar kompleks rumah anda untuk berlatih maju dan mundur. Tujuannya adalah membiasakan diri anda bermain dengan kopling. Pastikan anda sudah bisa menjalankan mobil dengan halus tanpa getaran mesin yang terasa (apalagi jika mesinnya mati-mati terus). Jika sudah, silahkan keluar dari lapangan dan mulailah menjalankan mobil anda di jalanan kompleks rumah. Biasakan diri anda dengan melakukan perpindahan tingkat kecepatan berulang-ulang (ganti-ganti gigi maksudnya). Latih juga mata anda untuk melihat ke belakang dengan menggunakan kaca spion. Sangat dianjurkan untuk memilih track yang lurus dan datar di hari kedua ini.

TIPS MAHIR MENGEMUDI TRUCK HARI KETIGA

Hari ini menunya masih sama dengan hari sebelumnya, bedanya hari ini anda berpindah track (lintasan) dari yang lurus ke yang lebih berbelak-belok. Ok, segera cari lintasan yang berkelak-kelok di kompleks perumahan anda. Jangan meremehkan teknik belok, karena walaupun sederhana teknik ini cukup sulit diimplementasikan dengan sempurna. Yang perlu diperhatikan ketika berbelok adalah jangan sampai mengambil jalan pengemudi lain. Sekedar informasi, belok kanan lebih sulit daripada belok kiri karena hampir bisa dipastikan anda akan memotong jalan pengemudi lain.

TIPS MAHIR MENGEMUDI TRUCK HARI KEEMPAT

Sekarang saatnya menanjak, cari tanjakan di sekitar kompleks rumah anda, lalu berlatihlah di sana. Ada dua teknik dalam dalam dunia mengemudi, pertama menggunakan rem tangan, dan yang kedua menggunakan seni permainan kopling. Hari ini adalah hari dimana anda belajar untuk menguasai kedua teknik tersebut. Lakukan di berbagai macam tingkat kecuraman tanjakan dan lakukan variasi menanjak secara maju dan mundur. Ingat!! perhatian juga temperatur mesin mobil anda, karena pada dasarnya fungsi kopling adalah menjaga agar mesin anda tidak mati dan memainkan kopling sama dengan memainkan mesin mobil anda untuk menaik turunkan kinerjanya. Ciri mesin mobil sudah panas adalah asap yang muncul dari kap mesin. Hehehe….

TIPS MAHIR MENGEMUDI TRUCK HARI KELIMA

Anda sudah menguasai jalan menanjak?? Saatnya belajar memarkir mobil. Yap, teknik yang cukup sulit, hampir sama tingkat kesulitannya dengan menanjak atau bahkan bisa menjadi lebih sulit untuk kondisi tertentu. Pertama pelajari parkir mundur seperti jika memarkirkan mobil di tempat parkir biasa, lakukan dari arah kiri dan kanan. Selanjutnya pelajari teknik parkir horizontal. Teknik parkir ini biasa digunakan jika kita menghadapi tempat parkir yang paralel. Hehe… Jika sudah, lanjutkan dengan kombinasi memarkir dan menanjak, yaitu dengan mencoba memarkir di tanjakan. Capaian hari ini adalah anda sudah menguasai berbagai macam teknik memarkir untuk berbagai macam kasus parkiran yang umum. Hehe…

TIPS MAHIR MENGEMU TRUCK DI HARI KEENAM

Saatnya turun ke jalan!! Yup, coba keluar dari kompleks rumah anda. Kali ini coba lah menjadikan jalan besar di kota anda sebagai track-nya. Gunakan segenap kemampuan yang telah anda pelajari di hari sebelumnya untuk menaklukan jalanan kota. Hehe… Oiya, jangan lupa pelajari juga cara mengisi bensin yang benar. Biasanya pemula tidak tahu caranya membuka tutup tangki bensin. hehe..

TIPS MAHIR MENGEMUDI TRUCK HARI TERAKHIR

Saatnya kebut-kebutan!! Sejujurnya tidak ada yang harus diajarkan dalam hal mengebut (menjalankan kendaraan denga kecepatan diatas 80 Km/jam) karena memang itu adalah kemampuan natural yang pasti muncul dengan sendirinya di kalangan para pengemudi profesional. Hehe… Hanya saja perhatikan kondisi kendaraan dan kondisi sekitar kendaraan sebelum menggeber mobil anda dengan berkecepatan tinggi. Jalan tol adalah tempat yang tepat untuk mengimplementasikan teknik yang satu ini.


Demikian blog ini saya tulis mudah-mudahan bermanfaat untuk yang ingin mengemudikan truck namun belum ada kesempatan untuk belajar, dengan senang hati kalau ada yang mau sharing silahkan tinggalkan pesan terima kasih.
Share:

Popular Posts

Lowongan Content Creator