Archive for 01/03/19

Serba-serbi Mobil Sedan Peugeot 408



Bisa dibilang, diantara semua segmen sedan yang tersedia di pasar otomotif Indonesia, segmen sedan kompak adalah yang paling kecil pangsa pasarnya. Angka penjualannya yang tak begitu besar jelas membuat model-model yang meramaikan segmen ini masih bisa terhitung jari. Sebut saja, ada Toyota Corolla Altis, Honda Civic, Suzuki Ciaz, Mitsubishi Lancer EX, Ford Focus, Chevrolet Cruze, Peugeot 408, Kia Forte dan Hyundai Elantra. Khusus kedua terakhir itu penjualannya tidak diperuntukkan konsumen, alias fleet buyers. Namun diantara semua nama diatas tadi, yang paling menarik perhatian adalah Peugeot 408. Selain sebagai pemain tunggal asal Eropa di segmen sedan -kompak, Peugeot 408 menarik perhatian karena hal-hal dibawah ini.

Varian


Peugeot 408 dijual di Indonesia dengan dua varian, yakni 1.6L THP dan juga 2.0L yang semuanya mengusung girboks otomatis. Masing-masing varian dibanderol harga Rp 389,5 juta dan RP 317 juta per tahun 2012. Mobil ini dirakit di Malaysia, negara yang sekaligus juga menjadi headquarters Peugeot-Citroen (PSA Group) untuk Asia Tenggara. Sejujurnya 408 sudah memasuki generasi kedua sejak tahun 2016 silam, namun sepertinya kita masih harus menunggu beberapa waktu lagi sebelum Peugeot Indonesia kembali menghadirkannya.

Desain dan Dimensi


Sejatinya, Peugeot 408 adalah versi sedan dari Peugeot 308, terlihat dari struktur dan desain bodinya terhitung mulai dari pilar B kedepan. Tak heran desain lampu depan, bumper, air scoop serta area mesin membuat kita mudah teringat dengan saudara hatchbacknya yang telah lebih dulu hadir di pasaran Indonesia. Baik 408 maupun 308 memiliki bahasa desain lawas Peugeot, yang aerodinamis dan konon menyerupai “mata singa” ketika masih ditawarkan dealer Peugeot Indonesia. Selain itu, dimensi Peugeot 408 adalah panjang 4.68m x lebar 1.82m x tinggi 1.53m serta wheelbase 2.71m. Untuk sebuah sedan yang ditujukan untuk negara-negara berkembang, dimensi 408 termasuk proporsional dan tidak canggung.

Interior

Kini mengenai interior, gaya desain yang dianut pun juga serupa dengan saudara hatchbacknya tadi, atau 308. Lihat saja bentuk setirnya, speedometer, ventilasi AC yang berwujud lubang bulat 3 buah, head unit sampai dashboard. Secara keseluruhan terdapat nuansa sporty luxury pada interior. Soal fitur, Peugeot pun tidak pelit fitur kepada 408. Tersedia dual zone AC, rear AC, head unit yang mampu menopang CD dan MP3, Bluetooth, serta USB Auxiliary unit dengan 6-speaker, cruise control, sensor-activated headlights dan wiper, electric folding mirror, serta multi-information display (MID).

Sementara itu, setirnya berbalut kulit, begitu juga dengan joknya sehingga dapat menambah kenyamanan. Belum lagi terdapat windshield seluas 3.95 meter persegi agar visibilitas mengemudi menjadi semakin bagus. Terakhir, daya angkut 408 termasuk besar dengan bagasi sebesar 562 liter.

Mesin dan Fitur Keselamatan


Peugeot 408 1.6L dibekali mesin turbo THP atau Turbo High Pressure dengan 4 inline cylinders, dan 16-valve DOHC VVT (variable valve timing). Tenaga yang dihasilkan pun cukup menggiurkan dengan 163HP pada 6000RPM dan 240Nm pada 1400RPM. Versi ini memerlukan 10km untuk mengonsumsi bensin per liter.

Sementara itu, versi 2.0L memiliki mesin inline 4 cylinders 16-valve DOHC VVT berkapasitas 1.997 cc. Tenaga yang dikeluarkan pun 145HP pada 6000RPM dan torsi 200Nm pada 4000RPM. Konsumsi bensinnya mencapai 9km/l.


Semua varian 408 dilengkapi anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD) dan brake assist (BA), immobilizer, rear parking sensor, pedestrian impact, ISOFIX, sabuk pengaman untuk setiap penumpang serta airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Khusus untuk 408 1.6L turbo THP diberikan bonus fitur electronic stability program (ESP) dan curtain airbags.

Baca juga >> TOYOTA YARIS ATIV TRD; CIKAL BAKAL NEW-VIOS TRD SPORTIVO?



ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan