Archive for 01/02/19

Toyota Yaris Ativ TRD; Cikal Bakal New-Vios TRD Sportivo?


Pada pagelaran otomotif besar Bangkok Motor Show 2018 yang diselenggarakan pada tanggal 27 Maret-7 April silam, terdapat salah satu small sedan tuning yang kehadirannya cukup menarik perhatian pengunjung. Sedan yang dimaksud tak lain adalah Toyota Yaris Ativ TRD.

Toyota Yaris kok Berbentuk Sedan?


Kamu tidak salah kok. Namanya memang benar Yaris Ativ. Sebagai informasi, ATPM Toyota Thailand menggunakan nama Yaris Ativ untuk facelift Vios generasi ke-3, sementara itu versi desain aslinya tetap memakai nama Vios. Mungkin konsep penamaan ini terdengar sedikit aneh di mata pecinta otomotif Indonesia karena Vios identic dengan mobil sedan sementara Yaris tak lain adalah sebuah sub-compact hatchback. Yaris Ativ sendiri juga telah dipasarkan di Indonesia dengan nama Vios, yang diperkenalkan secara diam-diam oleh PT Toyota Astra Motor sejak 3 April lalu.

Apa itu Yaris Ativ TRD?

Dilansir dari blog otomotif ternama Malaysia, paultan.org terlihat bahwa display unit Yaris Ativ yang berwarna putih ini berlapis aneka aksesoris aero kit dengan warna-warna khas Toyota Racing Development atau TRD, yakni putih, hitam dan merah. Paket aksesoris TRD yang diberikan meliputi bumper yang dilengkapi front spoiler dengan aksen merah, side skirt, spoiler hitam, dan juga rear bumper yang memiliki ventilasi udara imitasi berukuran besar serta spoiler kelir merah yang senada dengan yang di bumper depan. Selain itu, spion kaca diwarnai hitam dengan tarikan garis merah yang sejajar dengan turn signal-nya. Kombinasi tersebut membuat penampilan Yaris Ativ TRD yang sudah agresif menjadi semakin sangar; sesangar Joker-nya Batman.

Seperti yang kita bisa lihat, paket aksesoris modifikasi ini hampir serupa dengan yang ditawarkan oleh Toyota Indonesia pada Yaris TRD Sportivo nya, hanya saja perbedaannya berupa penempatan warna merah pada bagian aksesoris yang berbeda serta pada Yaris Ativ TRD tidak termasuk velg racing bernuansa edgy, sehingga unit display yang menggunakan velg Yaris Ativ standar terkesan culun dan tanggung.

Sementara itu pada bagian interior, tidak terlihat adanya perubahan desain atau penambahan aksesoris.

Akankah Dijual di Indonesia Suatu Saat Nanti?

Vios TRD, sempat hadir di product range ATPM Toyota Indonesia sejak tahun lalu hingga tahun ini, namun sayang harus di discontinue untuk membuat jalan versi faceliftnya masuk ke jajaran produk Toyota. Namun melihat Vios yang sendirinya juga telah memiliki tempat tersendiri di kalangan penggemar modifikasi dan auto sport, rasanya tidak mungkin bila Toyota melewatkan kesempatan untuk menghadirkan varian TRD Sportivo atau paket aksesoris add-on TRDnya. Dan kalaupun akhirnya dijual resmi oleh PT Toyota Astra Motor, Vios TRD Sportivo kemungkinan akan menjadi varian Vios dengan harga tertinggi.

Jadi Kesimpulannya…

Paket aksesoris add-on dari TRD yang diimbuhkan pada Yaris Ativ (atau Vios) terlihat sangat serasi karena sesuai dengan karakter desainnya yang pada dasarnya sudah agresif. Dibandingkan dengan Vios terakhir yang juga sempat ditawarkan dalam varian TRD, kesan sporty dan agresif justru terlihat jelas dalam Yaris Ativ TRD Sportivo ini. Mungki hal ini terjadi juga karena basisnya Yaris Ativ yang aslinya memang sudah sporty, atau dari penggunaan warna-warna pada aksesorisnya. Yang jelas, saya yakin bahwa apabila Toyota menambahkan grade TRD Sportivo ke dalam lineup Vios, para pecinta mobil modifikasi khususnya dari kalangan muda akan bersuka hati.



ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan