Archive for 01/01/19

Proton Persona; Sedan Super Value 2019



Akhir-akhir ini salah satu postingan Instagram milik suatu blog otomotif berhasil membuat khalayak cukup heboh dengan foto Proton Persona yang didisplay pada stand pameran Proton di pusat perbelanjaan Q Big di kawasan BSD City, Tangerang Selatan. Model Proton Persona yang dipamerkan pun sudah cukup outdated, karena merupakan Proton Persona CM6 yang notabene sudah tak lagi diproduksi oleh Proton di Malaysia sejak tahun 2016 silam dan telah tergantikan oleh generasi barunya. Akan tetapi, yang membuat followers terkejut adalah cardboard bertulis harganya yang ditempelkan pada windshield belakang. Coba tebak berapa harganya. Ya, 105 juta Rupiah.

Rp 105 juta untuk sebuah sedan? Unit “baru” pula?! Memang begitu harga yang ditawarkan Proton untuk mid-size sedannya ini. Perlu dicermati bahwa unit tersebut buatan tahun 2013, namun secara legal kondisinya “baru” karena ini adalah unit yang belum pernah didaftarkan atas nama pemilik manapun. Dan inilah informasi detail mengenai Proton Persona generation 1 ini.

Suksesor Proton Wira


Proton Persona diluncurkan pada tahun 2007 sebagai penerus dari Proton Wira, sedan kompak pertama milik Proton yang berbasis Mitsubishi Lancer generasi 4. Mobil ini memiliki desain yang serupa dengan saudara hatchbacknya, Proton Gen-2 dan perbedaannya terletak di Proton Persona yang memiliki buritan bagasi konvensional khas sedan sementara Proton Gen-2 menerapkan buritan bagasi model hatch. Pada tahun 2013, terdapat versi facelift dari Persona yang hadir dengan desain grille baru, velg baru, spion kaca yang lebih besar dilengkapi dengan turn signal, head unit terpisah, koneksi USB, serta lampu belakang berdesain baru. Proton Persona generasi ini dipasarkan pada tahun 2007-2016 sebelum akhirnya penerusnya hadir dengan wujud small-sedan.

Data Teknis dan Performa


Inilah spesifikasi teknis dari Proton Persona.
§  Nama Model: Proton Persona
§  Kode Generasi: CM
§  Mesin: CamPro/CamPro IAFM 4 silinder, DOHC 16V
§  Kecepatan Maksimum: 200km/h (124mph)
§  Akselerasi 0-100km/h: 11.5 detik
§  Tenaga Maksimum: 110HP (82kw) / 6000RPM (CamPro), 110HP (84kw) / 6500RPM (CamPro IAFM)
§  Torsi Maksimum: 148Nm/4000RPM
§  Kapasitas Tangki: 50 liter
§  Konsumsi BBM: 9km/l, atau sekitar 11l/100km
§  Kualitas Bensin: RON 97

Mobil ini terkenal akan handlingnya yang mantap, bahkan untuk dimensinya yang cukup bongsor berkat mesin responsif CamPro yang dikembangkan bersama pabrikan mobil sport ternama asal Inggris, Lotus. Handlingnya yang mantap terasa apabila melakukan maneuver cornering, dimana mobil masih mampu bergerak secara stabil, dan meminimalisir body roll sehingga penumpang didalamnya tetap merasa nyaman.

Poin Plus Lainnya dari Proton Persona

§  Biaya perawatan terjangkau
§  Interior luas
§  Kapasitas bagasi yang amat besar
§  AC yang sangat sejuk dan cocok sekali untuk iklim tropis seperti Indonesia
§  Memiliki kesan sedan eksekutif

Mengapa Mobil ini Dibanderol  Rp 105 juta?

Dikatakan diatas bahwa Proton Edar Indonesia menawarkan Persona dengan harga segitu karena merupakan model tahun 2013. Namun selain itu, Proton juga memasang harga yang luar biasa rendah ini dalam rangka stock clearance mereka. Sebagai informasi, Proton Edar Indonesia masih memiliki banyak stock mobil keluaran tahun 2013 di dealer-dealer mereka, dan memberi diskon besar-besaran pada unit-unit tersebut agar segera laku terjual sebelum mengimpor kembali dari Malaysia. Kalau kamu ingin mencari mobil murah tapi kamu anti-LCGC, mungkin Proton Persona bisa menjadi pilihan yang pas buat kamu.


Baca juga >> Hyundai Sonata YF, Sang Pencuri Perhatian di Jalan Raya

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan

    Hyundai Sonata YF, Sang Pencuri Perhatian di Jalan Raya




    Awal 2010 adalah masa-masa revolusioner untuk produk-produk otomotif asal Korea Selatan. Citra mobil Korea yang dulunya kerap dicap membosankan dan apa adanya perlahan-lahan mulai ditinggalkan. Produsen-produsen Korea mulai berpikir serius berbagai cara agar produk mereka dapat bersaing dengan nama-nama besar dari Jepang, Eropa dan Amerika Serikat dan diterima masyarakat dunia luas.

    Akhirnya, merk-merk mobil Korea seperti Hyundai dan Kia mulai merekrut developer-developer otomotif eks-produsen kelas atas Eropa seperti BMW dan Audi dan dengan bantuan merekalah teknologi serta desain milik Hyundai atau Kia dirombak total. Salah satu produk Hyundai yang terlebih dahulu menikmati hasil revolusi ini adalah Hyundai Sonata YF.

    Sekilas Tentang Hyundai Sonata YF

    Hyundai Sonata YF adalah generasi ke-enam dari sedan entry-level executive andalan Hyundai ini. Diluncurkan pada ajang Los Angeles Auto Show 2009 dan mulai dipasarkan pada tahun 2010, Sonata YF adalah saudara dari Kia Optima K5. Hyundai Sonata YF adalah salah satu model pertama Hyundai bersama dengan SUV Tucson yang mengusung bahasa desain terbaru Hyundai “Fluidic Sculpture.” Hal ini membuat eksteriornya modern, aerodinamis dan futuristik, sementara itu interiornya berasa mewah dengan tarikan garis halus memanjang yang mendominasi setiap fitur interiornya.

    Eksterior


    Bahasa desain “Fluidic Sculpture” milik Hyundai membuat Sonata YF terasa mewah dan aerodinamis. Bahkan ketika awal muncul di publik, kehadiran Sonata YF membuat khalayak sedikit shock sambil percaya tidak percaya bahwa itu adalah mobil Korea. Hal itu dibuat lebih kental dengan desain lampu depan dan lampu rem belakang yang menyipit pada ujungnya. Grillenya pun juga tak kalah elegan yang hadir dengan bentuk bagaikan senyuman lebar dan dihiasi oleh chrome pada kisi-kisi ventilasi udaranya. Kesan mewah juga semakin erat dengan keberadaan panoramic sunroof yang memanjang dari kaca depan hingga kaca belakang. Dengan desain yang sarat akan nilai-nilai estetika ini, bagaimana tidak Sonata YF mencuri perhatian para pengguna jalan?

    Interior


    Seperti eksteriornya, interior Sonata YF juga hadir dengan konsep desain senada yang membuatnya mewah dan elegan. Keeleganan terlihat juga dari penataan elemen-elemen dashboard yang begitu rapi dan serasi, terutama tombol-tombolnya. AC controllernya sudah mengadopsi model digital, setir dilengkapi dengan tombol-tombol audio control dan cruise control serta terdapat layar display kecil ditengah dashboard yang lazim ditemukan di sedan-sedan eksekutif asal Eropa.  Speedometernya pun beraksen biru putih, dan dilapisi oleh cincin-cincin chrome yang mempertahankan kesan kelas atas. Sementara itu, material utama jok Sonata YF adalah kulit dan khusus jok pengemudi dan penumpang depan dibekali fitur electric seat.

    Mesin


    Kemudian untuk urusan dapur pacu, Sonata YF dipersenjatai oleh mesin Theta II DOHC berkapasitas 2400cc. Inilah data mengenai spesifikasi teknis Hyundai Sonata YF.
    §  Mesin – Theta II DOHC
    §  Kapasitas – 2400cc
    §  Tenaga Maksimum – 176HP/6000RPM
    §  Torsi Maksimum – 223Nm/4000RPM
    §  Suspensi Depan/Belakang – MacPherson strut/multilink
    §  Konsumsi BBM – 10.8l/100km
    §  Jenis BBM – RON 95

    Harga

    Hyundai Sonata YF kini sudah tak lagi diproduksi, dan harga sekennya berkisar antara Rp180-200 juta. Dengan wujud dan fitur yang ditawarkan, jelas Sonata adalah pilihan yang sangat menarik. Kalau kamu merasa bahwa sedan eksekutif entry-level asal Jepang seperti Toyota Camry, Honda Accord atau Nissan Teana sudah terlalu mainstream, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk tampil beda dengan mobil ini. Cuma perlu dicatat bahwa unitnya cenderung tidak banyak dan suku cadang sedikit lebih mahal dan langka dibandingkan produk-produk Hyundai lainnya.

    Baca juga >> mobil sedan irit bbm

    ARTIKEL TERBARU:

    ARTIKEL LAINYA:

      Direkomendasikan