Harga Mobil dan review terbaru. Spesifikasi Motor Bekas. Modifikasi Terunik. Tutorial Mengemudi.

Monday, December 16, 2019

Tetap Santuy Ketika Menghadapi Mobil Mogok

Mobil yang sudah mempunyai jam terbang tinggi namun tidak diperhatikan proses perawatannya, lama kelamaan akan semakin mengalami penurunan peforma secara signifikan. Pada akhirnya, sewaktu – waktu anda mengemudi, bisa saja mobil tersebut mengalami masalah seperti halnya mogok.


Mobil mogok merupakan momok bagi semua pengendara, terlebih mereka yang tidak memiliki kemampuan reparasi sama sekali. Bayangkan jika tiba-tiba di tengah jalan yang sepi mobil kamu tiba-tiba rusak. Kamu dipastikan bisa bingung setengah mati. Buat kamu yang masih amatir dalam memperbaiki mobil, kamu tetap bisa melakukannya dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasi


1. Kemungkinan aki soak atau charging sistem tidak bekerja sehingga setelah dipakai jalan, kemudian mobil parkir agak lama, nah sewaktu starter mesin tidak bisa berputar.

Cara mengatasi atau cara memperbaiki mobil mogok karena aki soak adalah dengan cara menjumper aki atau mengganti aki ini terutama pada mobil matic karena jika pada mobil matic habis baterai maka baterai harus dijumper atau diganti dan pada mobil bertransmisi manual atau mobil dengan kopling mendorong hidup mobil masih dimungkinkan agar mesin mobil hidup.

Tambahan jika mobil matic tidak bisa distarter, pastikan posisi tuas persneleng berada di posisi P atau N, jika berada di posisi P tidak bisa starter tetapi pada posisi N bisa distarter, untuk masalah seperti ini kemungkinan penyebab mobil matic tidak bisa starter adalah karena saklar inhibitor matic posisinya kurang pas.

Seperti contoh yang pernah saya temui pada nissan serena, posisi gigi persneleng di P, huruf dipanel spido juga pada posisi P akan tetapi mesin tidak bisa distarter sedangkan ketika tongkat persneleng dipindah ke posisi N, mesin langsung bisa distarter. Dan pada masalah mobil matic nissan serena ini mengatasi masalahnya adalah ketika masuk gigi P, pada saklar inhibitor yang terletak ditransmisi perlu di dorong sedikit kebawah, setelah itu kunci saklar inhibitor gigi P pada posisi tersebut.

2. Kedua Mobil Mogok Disebabkan Motor starter rusak, motor starter rusak bisa disebabkan karena (karbon brush) arang starter habis, switch solenoid rusak, gear pinion selip atau pun ring gear pada roda gila sudah aus. Cara mengatasi mobil mogok yang penyebabnya adalah motor dinamo starter rusak adalah dengan mendorong mobil sampai hidup.

3. Mobil mogok karena security sistem menghalangi mobil untuk distarter, pada kasus seperti ini biasanya karena battray remote habis. Cara mengatasi mobil mogok karena battray remote lemah atau habis bisa dengan cara mengganti battray remote, kedua tanpa mengganti battray remote adalah membaca buku manual dilaci dashboard, biasanya sudah ada manual cara starter mobil jika battray remote habis.

4.Mobil Mogok tidak bisa distarter karena mesin overheat, jika memang mesin tidak bisa distarter karena overheat, hal ini karena mesin macet akibat paksa mesin jalan saat sedang overheat tanpa tahu apa nanti resikonya, karena salah satu akibat mesin overheat adalah oli mesin akan ikut terbakar dan mengering. Apa itu overheat mesin? Overheat adalah temperatur mesin mobil panas berlebihan, apa hubungannya dengan mesin macet?

Lantas, bagaimana cara mengatasi mobil mogok? Simak uraiannya di bawah ini.

1. Memeriksa Starter dan Baterai 

Masalah yang sering terjadi ketika mobil mogok dan tidak mau menyala adalah karena baterai yang mati. Ketika menyalakan mesin starter, cobalah untuk mendengarkan suara mesinnya. Jika suara mesin sama sekali tidak terdengar, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah karena baterai yang mati. Jika suara yang didengar adalah suara “klik”, penyebabnya mungkin karena starter tidak memiliki cukup tenaga untuk menyala.

Jika suara yang didengar adalah suara “klik”, penyebabnya mungkin karena starter tidak memiliki cukup tenaga untuk menyala. Usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi baterai yang mati adalah dengan memeriksa sambungan baterai atau battery terminal. Caranya dengan membuka kap mobil dan memeriksa sambungan baterai dengan mesin.

Terdapat dua sambungan yaitu positif dan negatif. Agar keduanya dapat menghantarkan listrik dengan baik, maka logam yang ada pada kedua sambungan tersebut harus bersih dari debu maupun karat. Anda dapat membersihkan logam tersebut dengan sikat gigi untuk menghilangkan debu dan karat yang menempel.

2. Memastikan Bahan Bakar Mobil Sudah Terisi Penuh

Salah satu cara mengatasi mobil mogok adalah dengan selalu memastikan bahan bakar mobil Anda. Bahan bakar yang nyaris habis atau bahkan habis sama sekali juga dapat menyebabkan mobil mogok. Solusinya adalah dengan mengisi bahan bakar mobil Anda di pom bensin terdekat.

Jika Anda mulai merasa mobil berjalan dengan tersendat-sendat, padahal gas sudah diinjak dengan kecepatan yang konstan, maka Anda patut waspada bahwa bahan bakar mobil akan segera habis. Ini juga merupakan pertanda bahan bakar mobil yang tidak tersalurkan dengan baik.

Bahan bakar yang nyaris habis atau bahkan habis sama sekali juga dapat menyebabkan mobil mogok. Solusinya adalah dengan mengisi bahan bakar mobil Anda di pom bensin terdekat. Jika Anda merasa mobil berjalan dengan tersendat-sendat padahal gas sudah diinjak dengan kecepatan yang konstan, maka Anda patut waspada bahwa bahan bakar mobil akan segera habis. Ini juga merupakan pertanda bahan bakar mobil yang tidak tersalurkan dengan baik.

Endapan bahan bakar juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa dinyalakan. Jika terjadi tumpukan endapan bahan bakar pada penyaring bahan bakar atau fuel filter, maka kemungkinan jalan bahan bakar akan terhambat dan tidak bisa mencapai tempat pembakaran. Solusinya adalah dengan mendiamkan mobil Anda selama 20 menit, untuk menghilangkan endapan yang menyumbat penyaring bahan bakar. Namun jika penyaring masih juga tertutup oleh endapan yang tebal, solusi satu-satunya adalah dengan mengganti penyaring yang lama dengan yang baru.

3. Memeriksa Sistem Pembakaran

Mengetahui ada atau tidaknya masalah pada sistem pembakaran dapat membantu dalam mengetahui penyebab mobil meenjadi mogok. Caranya adalah dengan memeriksa dan mengamati busi mobil yang mogok. Jika warnanya abu-abu, maka tidak ada masalah dengan busi mobil. Jika hitam, berarti bahan bakar yang masuk ke dalam mesin terlalu banyak. Jika busi terbakar atau bahkan meleleh, menandakan mesin mengalami kelebihan panas atau overheat.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengganti busi yang terbakar atau meleleh tadi dengan yang baru. Pemeriksaan terhadap kabel busi juga perlu dilakukan. Hal ini untuk memastikan kalau kabel busi dapat mengalirkan listrik dengan baik

Jika warnanya abu-abu, maka tidak ada masalah dengan busi mobil. Jika hitam, berarti bahan bakar yang masuk ke dalam mesin terlalu banyak. Jika busi terbakar atau bahkan meleleh, menAndakan mesin mengalami kelebihan panas atau overheat.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengganti busi yang terbakar atau meleleh tadi dengan yang baru. Pemeriksaan terhadap kabel busi juga perlu dilakukan. Hal ini untuk memastikan kalau kabel busi dapat mengalirkan listrik dengan baik.
Share:

Popular Posts

Lowongan Content Creator