Proton Persona; Sedan Super Value 2019 - AUTOMOTIFE

Proton Persona; Sedan Super Value 2019



Akhir-akhir ini salah satu postingan Instagram milik suatu blog otomotif berhasil membuat khalayak cukup heboh dengan foto Proton Persona yang didisplay pada stand pameran Proton di pusat perbelanjaan Q Big di kawasan BSD City, Tangerang Selatan. Model Proton Persona yang dipamerkan pun sudah cukup outdated, karena merupakan Proton Persona CM6 yang notabene sudah tak lagi diproduksi oleh Proton di Malaysia sejak tahun 2016 silam dan telah tergantikan oleh generasi barunya. Akan tetapi, yang membuat followers terkejut adalah cardboard bertulis harganya yang ditempelkan pada windshield belakang. Coba tebak berapa harganya. Ya, 105 juta Rupiah.

Rp 105 juta untuk sebuah sedan? Unit “baru” pula?! Memang begitu harga yang ditawarkan Proton untuk mid-size sedannya ini. Perlu dicermati bahwa unit tersebut buatan tahun 2013, namun secara legal kondisinya “baru” karena ini adalah unit yang belum pernah didaftarkan atas nama pemilik manapun. Dan inilah informasi detail mengenai Proton Persona generation 1 ini.

Suksesor Proton Wira


Proton Persona diluncurkan pada tahun 2007 sebagai penerus dari Proton Wira, sedan kompak pertama milik Proton yang berbasis Mitsubishi Lancer generasi 4. Mobil ini memiliki desain yang serupa dengan saudara hatchbacknya, Proton Gen-2 dan perbedaannya terletak di Proton Persona yang memiliki buritan bagasi konvensional khas sedan sementara Proton Gen-2 menerapkan buritan bagasi model hatch. Pada tahun 2013, terdapat versi facelift dari Persona yang hadir dengan desain grille baru, velg baru, spion kaca yang lebih besar dilengkapi dengan turn signal, head unit terpisah, koneksi USB, serta lampu belakang berdesain baru. Proton Persona generasi ini dipasarkan pada tahun 2007-2016 sebelum akhirnya penerusnya hadir dengan wujud small-sedan.

Data Teknis dan Performa


Inilah spesifikasi teknis dari Proton Persona.
§  Nama Model: Proton Persona
§  Kode Generasi: CM
§  Mesin: CamPro/CamPro IAFM 4 silinder, DOHC 16V
§  Kecepatan Maksimum: 200km/h (124mph)
§  Akselerasi 0-100km/h: 11.5 detik
§  Tenaga Maksimum: 110HP (82kw) / 6000RPM (CamPro), 110HP (84kw) / 6500RPM (CamPro IAFM)
§  Torsi Maksimum: 148Nm/4000RPM
§  Kapasitas Tangki: 50 liter
§  Konsumsi BBM: 9km/l, atau sekitar 11l/100km
§  Kualitas Bensin: RON 97

Mobil ini terkenal akan handlingnya yang mantap, bahkan untuk dimensinya yang cukup bongsor berkat mesin responsif CamPro yang dikembangkan bersama pabrikan mobil sport ternama asal Inggris, Lotus. Handlingnya yang mantap terasa apabila melakukan maneuver cornering, dimana mobil masih mampu bergerak secara stabil, dan meminimalisir body roll sehingga penumpang didalamnya tetap merasa nyaman.

Poin Plus Lainnya dari Proton Persona

§  Biaya perawatan terjangkau
§  Interior luas
§  Kapasitas bagasi yang amat besar
§  AC yang sangat sejuk dan cocok sekali untuk iklim tropis seperti Indonesia
§  Memiliki kesan sedan eksekutif

Mengapa Mobil ini Dibanderol  Rp 105 juta?

Dikatakan diatas bahwa Proton Edar Indonesia menawarkan Persona dengan harga segitu karena merupakan model tahun 2013. Namun selain itu, Proton juga memasang harga yang luar biasa rendah ini dalam rangka stock clearance mereka. Sebagai informasi, Proton Edar Indonesia masih memiliki banyak stock mobil keluaran tahun 2013 di dealer-dealer mereka, dan memberi diskon besar-besaran pada unit-unit tersebut agar segera laku terjual sebelum mengimpor kembali dari Malaysia. Kalau kamu ingin mencari mobil murah tapi kamu anti-LCGC, mungkin Proton Persona bisa menjadi pilihan yang pas buat kamu.


Baca juga >> Hyundai Sonata YF, Sang Pencuri Perhatian di Jalan Raya

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan