Mobil Sedan Irit BBM - AUTOMOTIFE

Mobil Sedan Irit BBM



Hampir setiap pemilik mobil mengidamkan mobil sedan. Bagaimana tidak, kenyamanan dan kesenyapan yang ditawarkan memberikan kesan mewah dan eksklusif bagi pemiliknya, belum lagi performa mesinnya yang cenderung lebih mantap dibandingkan dengan MPV atau city car.
Bicara soal mesin, mobil sedan seringnya menggunakan mesin dengan kapasitas yang cenderung lebih besar dibandingkan city car atau hatchback. Mesin yang berkapasitas besar tentu memerlukan tenaga yang besar. Salah satu masalah yang sering dikhawatirkan konsumen ketika mempertimbangkan untuk memesan mobil sedan adalah konsumsi BBM (bahan bakar minyak). Ya, sebagian publik masih beranggapan bahwa mobil sedan boros bensin. Padahal, seiring perkembangan teknologi, efisiensi bahan bakar mobil juga meningkat. Inilah beberapa mobil sedan di pasaran Indonesia yang terkenal irit BBM.

1. Toyota Vios

Kehandalan dan reliabilitas Toyota Vios sudah tak perlu diragukan lagi. Buktinya, mobil ini adalah pilihan utama sebagian besar operator taksi di Indonesia. Sedan keluarga ini memiliki mesin 1.5l DOHC VVTi yang terkenal bandel ini mampu menghemat bahan bakar hingga 20,2km/l. Belum lagi fakta bahwa jaringan aftersales Toyota memang sudah menjangkau seluruh negeri serta biaya perawatannya murah pula. Pantas saja sering dijadikan taksi.

2. Honda City


Sedan kecil buatan Honda ini memiliki desain yang edgy, stylish namun elegan. Belum lagi interiornya yang berisikan aneka fitur khas sedan kelas atas yang amat melimpah. Honda City dibekali mesin 1.5 i-VTEC yang terkenal responsif dan mampu meraih kehematan bahan bakar sebesar 12.5km/l.

3. Proton Persona

Mobil buatan produsen Malaysia, Proton ini memiliki ukuran body dan kabin yang luar biasa luas dan nyaman untuk sekelasnya. Bukan hanya itu saja, konsumsi bahan bakarnya pun juga irit seperti sedan-sedan sub-kompak lainnya. Mesin 1.6 liter DOHC Campro yang dibawanya mampu mengeluarkan tenaga hingga 148Nm dan konsumsi BBM seirit 24.4km/l.

4. Suzuki Ciaz


Suzuki Ciaz adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang menginginkan sedan keluarga kompak (compact family car) namun memiliki budget yang terbatas. Ciaz secara body diposisikan untuk menjadi pesaing Honda Civic dan Toyota Corolla Altis namun secara harga satu level dengan Honda City atau Toyota Vios. Mobil ini memiliki mesin 1.4 DOHC VVT, sehingga tak heran konsumsi BBMnya pun juga bisa setinggi 20.7km/l.

5. Mazda 6 Skyactiv

Mazda 6 Skyactiv adalah salah satu contoh sederhana kalau mobil dengan tampang keren dan mesin oke tidak selalu boros bensin. Ini semua memungkinkan berkat teknologi Skyactiv milik Mazda yang mampu membuat mesin berperforma lebih namun irit bahan bakar. Mobil yang dijadikan armada Polisi Republik Indonesia ini memiliki mesin Skyactiv-G berkapasitas 2.5 liter dengan tenaga 187dk. Untuk tenaga yang dihasilkan, konsumsi bahan bakarnya pun tergolong hemat dengan 10.9km/l untuk perjalanan dalam kota dan juga 17.9km/l untuk perjalanan diluar kota.

6. BMW 320D

Ini adalah sedan eksekutif entry level yang mengusung mesin diesel. Apa? Mesin diesel? Iya kamu tidak salah kok, BMW memang memakai mesin diesel untuk sebagian product lineup sedan eksekutifnya. Tapi jangan khawatir, mesin diesel BMW tidak bersuara kasar dan keras seperti kebanyakan SUV atau truk, namun justru bersuara halus seperti mesin bensin konvensional. Ini demikian karena mesin diesel 2 liter 4 silinder milik BMW ini dirancang berdasarkan standar emisi Eropa. Mobil ini memiliki tenaga kuda sebesar 184hp serta konsumsi BBM serendah 4.5 liter/100km atau 18-22km/l.

7. Toyota Camry Hybrid

Camry Hybrid adalah jawaranya mobil hybrid di Indonesia. Mobil ini kini menjadi pilihan eksekutif serta pejabat pemerintahan, terlebih untuk mereka yang lebih peduli lingkungan. Toyota Camry Hybrid mengandalkan tenaga baterai listrik untuk pergerakan dengan kecepatan rendah, dan bahan bakar bensin untuk kecepatan tinggi. Sedan yang bermesin 2.5 liter Hybrid Synergy Drive ini mencatat konsumsi bensin sebesar 12km/l ketika diuji pada tahun 2013 lalu oleh Toyota Manufacturing Thailand.


Baca juga >>  5 MOBIL SEDAN MURAH EKSEKUTIF BEKAS DENGAN KISARAN HARGA 20-JUTAAN

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan