Tips!! Penyebab dan Cara mengatasi Tarikan Gas Motor Berat dan Seret

Permasalahan tarikan gas berat serta seret ketika di tarik gas mungkin ini hal yang bisa dibilang sering terjadi pada banyak pengguna kendaraan roda dua. Sebenarnya banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan hal ini terjadi apalagi saat musim hujan. Ok, Pada kesempatan kali ini kami akan ulas artikel mengenai Penyebab dan Cara mengatasi Tarikan Gas Motor Berat dan Seret.

Perlu di perhatikan bahwa Grip gas seret saat ditarik tentu hal ini bisa menjadi tangan sakit dan pegal apalagi misal digunakan dalam waktu yang cukup lama. Bicara soal penyebabnya, dapat disimpulkan dari faktor cuaca, kondisi kawat penarik mungkin berkarat atau memang karburatornya yang sudah kotor.
Tips!! Penyebab dan Cara mengatasi Tarikan Gas Motor Berat dan Seret
Tips!! Penyebab dan Cara mengatasi Tarikan Gas Motor Berat dan Seret

Apabila gas seret atau berat, saat di tarik akan beresiko gas kabur dan nyangkut, apabila ini sampai terjadi tentunya dapat beresiko bagi keselamatan pengendara. Dan untuk mengantisipasi hal ini terjadi kami akan memberikan tips nya dibawah ini.

Penyebab dan Cara mengatasi Tarikan Gas Motor Berat dan Seret

Perhatikan langkah-langkah berikut :

1. Bersihkan Kabel Gas
Biasanya hal yang sering terjadi diakibatkan kabel gas berkarat apalagi jika di musim hujan hal ini sering terjadi. Untuk itu sobat wajib membersihkan kabelnya dulu, sobat bongkar dulu rumah gasnya lalu setelah itu masukan bensin ke lubang tali gasnya sambil di tarik lepas tarik lepas sampai bersih, lalu setelah bersih sobat bisa melumasi dengan oli. Namun penulis lebih menyarankan menggunakan minyak sayur untuk melumasinya.
Karburator Kotor.

2. Biasanya karburator kotor dan debu menempel di skep gas.
Untuk mengatisipasinya sobat bisa membongkar dan membersihkan karburatonya, untuk hasil lebih maksimal bisa menggunakan carbucleaner.

3. Pilotjet dan Mainjet
Hal ini sering terjadi diakibatkan ukuran pilotjet dan mainjet tidak sesuai dengan kebutuhan motor sehingga bahan bakar yang keluar terlalu besar dan mengakibatkan karburator menjadi mengembun atau berair. Jika hal ini terjadi, tentunya pergerakan skep gas menjadi seret. Bila sobat ingin mengganti plotjet dan mainjet sebaiknya di ukur dulu dengan kebutuhan motor.

4. Tali Gas Mau Putus
Mungkin ini tidak semua orang mengalaminya namun jika hal ini terjadi bisa mengakibatkan gas menjadi seret. Biasanya bila kabel gas mau putus tidak langsung semuanya, nah lilitan tali gas sediki demi sedikit putus menyebabkan jalur di dalam tali gas menjadi terhambat. Biasanya gejala awal jika tali gas mau putus akan terasa jika gas ditarik, terasa berat dan terasa dredet.

5. Slongsong Gas Patah atau Retak
Untuk yang terakhir, jika hal diatas sudah dilakukan sebaiknya sobat periksa slongsong gasnya. Di takutkan slongsongnya patah atau retak, jika hal ini terjadi menyebabkan perputran gas menjadi tidak maksimal atau tersendat.

Apabila langkah-langkah diatas sudah dilakukan, cobalah tarik gas dan cek pasti kondisi akan menjadi normal dan kembali seperti biasanya, apabila musim hujan datang saran kami rajin-rajinlah membersihkan kabel gasnya ya.. tindakan tersebut merupakan solusi agar tarikan gas tetap lancar dan nyaman dipakai. nah begitu dulu tentang penyebab tarikan gas motor berat ya..

Itulah tadi artikel mengenai Penyebab dan Cara mengatasi Tarikan Gas Motor Berat dan Seret yang dapat kami sampaikan. Silahkan di terapkan dan semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan