9 Masalah Yang Sering Terjadi Pada Mobil Toyota Calya

Toyota calya - Tahukah anda apa saja masalah yang sering terjadi pada mobil toyota calya ? Memang harus kita sadari jika terkadang banyak pihak yang mengatakan keluhan pelanggan calya akan kelemahan pada mobil toyota tersebut sangatlah beragam. Namun tidak ada ruginya jika kita membeli mobil toyota calya terbaru itu meskipun kekurangan dari mobil toyota calya sering dibagikan pada beberapa media sosial. Hal ini dikarenakan dengan harga yang cukup terjangkau dan terbilang murah ini, kita bisa mendapatkan sebuah mobil calya yang tidak begitu jauh jika kita bandingkan dengan mobil toyota avanza.

Banyak pengguna mobil toyota calya sering mengeluhkan akan kelemahan mobil toyota tersebut, seperti kaca mobil yang sering ngembun ketika hujan, penggantian kopling gigi yang seret ataupun suara jeduk jeduk / bergemuruh pada bagian roda belakang mobil. Meskipun demikian mereka tidak menyesali telah membeli mobil tersebut karena masih banyak juga kelebihan yang ada pada mobil calya terbaru itu, misalnya saja mobil irit akan bahan bakar yang menjadi keunggulan utama dari calya / sigra ini.  Lantas bagaimana cara mengatasi bunyi gluduk pada roda belakang mobil yang menjadi kelemahan toyota calya tersebut ? Pada dasarnya kekurangan dari mobil toyota calya itu hampir sama jika kita bandingkan dengan mobil avanza.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Seputar Otomotif akan mencoba memberikan informasi mengenai beberapa kelemahan dari mobil toyota calya dan juga cara mengatasi masalah tersebut. Semua ini dikarenakan tidak ada masalah pada suatu mobil yang tidak dapat diperbaiki. Oleh karena itu bagi anda pengguna mobil toyota calya tidak perlu cemas akan masalah seperti suara tek tek pada stir calya ataupun jok belakang calya tidak bisa dilipat karena disini kami mempunyai cara untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara mengatasi masalah yang sering terjadi pada mobil toyota calya tersebut di bawah ini.

Masalah Yang Sering Terjadi Pada Mobil Toyota Calya
Masalah Yang Sering Terjadi Pada Mobil Toyota Calya

Kaca Depan Berembun

Masalah yang sering terjadi pada mobil toyota calya yang pertama ada pada kaca depan yang sering ngembun. Banyak para pengguna Calya tipe G M/T memberikan keluhan akan sisi luar kaca yang sering keluar embun, terutama ketika penggunaan malam hari maupun turun hujan. Penyebab munculnya embun pada kaca depan mobil calya tersebut biasanya dikarenakan suhu di dalam kabin lebih dingin sehingga tidak menutup kemungkinan embun muncul akibat hembusan udara dingin dari saluran AC menuju fitur air recirculation yang kemudian ada sebagian angin yang mengenai kaca depan.

Cara mengatasi kaca depan mobil toyota calya sering mengembun

  • Oleh karena itu, untuk memperbaiki agar kaca depan mobil calya milik kita tidak cepat mengembun di malam hari ataupun turun hujan maka cobalah cara berikut ini untuk menghilangkan embun pada kaca depan mobil tersebut.

Muncul Suara "Tek Tek" Pada Stir 

Bagi pengguna mobil toyota calya, tentu kita terkadang akan mendengar bunyi tek tek pada bagian kemudi stir ketika kita melakukan belokan patah. Munculnya bunyi "tek -tek" pada stir mobil tersebut biasanya terjadi disebabkan oleh sistemnya belum menggunakan hidrolik.

Cara Mengatasi Bunyi Tek - Tek Pada Stir Calya

  • Untuk itu kita harus pintar - pintar mengatur kemudi saat akan melakukan belokan karena pada dasarnya setiap kendaraan memiliki batas putaran kemudi yang sudah ditentukan oleh pabrikan. Contohnya saja seperti toyota avanza, akan muncul suatu suara yang dikarenakan gesekan dengan sepatbor bagian dalam apabila kita malakukan putaran kemudi melebihi 2 sampai 2.5 putaran.

Mesin Toyota Calya Seperti "Pincang"

Masalah yang kerap terjadi pada mobil toyota calya selanjutnya datang kembali dari keluhan pelanggan calya yang mengatakan bahwa mobil toyota calya yang dimilikinya memiliki keanehan pada bagian mesinnya. Hal tersebut akan telihat goyang dalam kondisi idle secara fisik.

Cara Mengatasi Mesin Serasa "Pincang" pada Toyota Calya

  • Penyebab dari mobil toyota calya yang nyala namun seperti pincang dari keluhan pelanggan calya tersebut sering kali dikarenakan koil nomor 2 yang mati. Untuk itu alangkah lebih baiknya jika kita membawa mobil kesayangan kita tersebut pada bengkel resmi toyota di tempat kita tinggal.

Sulit Melipat Jok Belakang Calya

Tidak sedikit para pengguna calya yang mengeluhkan akan melipat kursi baris ketiga calya tidaklah mudah serta dibutuhkan tenaga ekstra untuk melipat jok belakang mobil toyota calya tersebut.

Cara melipat jok belakang calya

  • Banyak pihak yang pernah mengalami masalah ketika akan melipat kursi paling belakang calya tersebut disebabkan karena adanya tambahan karpet di atas karpet dasarnya. Dengan begitu membuat jarak pengunci dengan pengaitnya menjadi bertambah. Maka dari itu untuk mengatasi masalah tersebut kita perlu untuk melepas karetnya terlebih dahulu agar dapat melipat jok belakang mobil toyota tersebut. Namun jika kita tidak ingin repot melepas karet tersebut maka dengan melepas stopper karet yang ada pada di bagian bawah rangka jok juga dapat memudahkan kita untuk melipat bangku calya tersebut.

Arm Depan Calya Cepat Berkarat


Slang buangan AC

Slang buangan AC pada Sigra dan Calya mengarah ke bagian arm depan. Hal tersebut dinilai berpotensi menimbulkan karat pada suatu saat.

Solusi

Irul membenarkan bahwa slang buangan AC mengarah ke arm. Namun ia menyampaikan bahwa sebenarnya tidak masalah. “Bahkan dalam jangka panjang juga enggak menimbulkan karat. Tapi memang kalau cat di arm mengelupas dan terkena air terus menerus, lama-lama bisa timbul karat. Tambahin slang, kalau memang itu dirasa perlu,” paparnya.



Sulit pindah gigi

Ada pemilik yang mengeluhkan sulit untuk pindah percepatan, baik ketika hendak menaikkan atau menurunkan gigi.

Solusi

Kesulitan memindahkan gigi pada transmisi manual terjadi karena jarak main pedal koping terlalu dekat. “Saat kopling enggak bebas 100% atau masih dalam kondisi berputar, sudah pasti akan susah melakukan perpindahan gigi. Calya menggunakan system kabel di koplingnya, jadi tinggal setel saja jarak mainnya,” saran Helmi Adanm, dari bengkel resmi Astra Toyota di Jaksel.

Pengaturan tinggi rendahnya pedal kopling berada di belakang radiator bagian bawah. Caranya adalah dengan memutar memakai tangan. Putar ke arah kiri untuk memperpendek jarak main pedal atau ke arah kanan untuk memperpanjang.



Warna atap belang

Warna atap bagian luar mobil murah Toyota-Daihatsu ini dikeluhkan terlihat belang sesudah ditutup dengan cover bodi.

Solusi

Permasalahan belang pada atap diakibatkan oleh penggunaan cover bodi. “Bukan pernisnya mengelupas, hanya bahan cover-nya yang menempel dan bikin terlihat kusam. Kalau sudah seperti ini, penyelesaiannya hanya dengan cara poles bodi,” ungkap Tomi Gunawan, seorang airbrusher.

Cara penggunaan yang salah juga dapat mengakibatkan atap terlihat kusam. Sebagai contoh, ketika masih dalam kondisi basah langsung ditutup cover dan di parkir di ruang terbuka atau tanpa atap. Hal terebut dapat menyebabkan kusam bercak setelah air mengering karena sinar matahari. Penyebab lainnya adalah karena ditutup cover dalam waktu yang cukup lama. Hal tersebut dapat membuat permukaan atap mengembun.

“Agar enggak kusam saat bodi kendaraan ditutup cover, maka pastikan permukaan dalam kondisi kering. Usahakan juga parkir di tempat yang tertutup. Kalau terpaksa, maka harus sering buka tutup cover bodi agar kena angin dan kalau berembun segera dikeringkan,” kata Tomi.

Tangki bensin bocor

Permasalahan berikutnya terdapat pada tangki bahan bakar. Tangki yang terbuat dari plastik tersebut mengalami bocor halus lantaran terbentur polisi tidur. Beberapa waktu lalu sempat hangat dibicarakan bahwa bagian belakang Calya-Sigra terlihat amblas setelah diisi penuh 7 penumpang. Hal tersebut menyebabkan jarak tangki dengan tanah menjadi terlalu dekat.

Solusi

Ada satu solusi untuk mengatasi permasalahan tangki bocor itu. Yakni dengan menambahkan pelat pelindung. Hal ini bisa digunakan untuk pemilik yang sering melintasi jalanan rusak maupun sering membawa 7 penumpang di dalam mobil.

Sebagai catatan, agar Calya dan Sigra tidak terlihat ‘amblas’, para pemilik jangan mengisi mobil melebihi bata maksimal muatan. Kedua MPV murah ini mempunyai berat 1 ton, dengan Gross Vehicle Weight (GVW) mencapai 1,5 ton. Dengan kata lain, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra hanya boleh diisi penumpang maupun barang hingga 500 kg. Jangan sampai lebih dari angka tersebut agar tidak terjadi permasalahan di atas.

Overheat mesin

“Ada juga yang mengindikasikan masalah overheat pada mesin. Akibat ada angin palsu di dalam radiator,” ungkap Habibie lagi.

Solusi

Angin palsu pada radiator dapat terjadi karena adanya kesalahan prosedur ketika melakukan pengisian air radiator. Akibatnya temperatur mesin menjadi naik. Untuk membuang angin palsu di dalam radiator, lakukan pengisian ulang air radiator tapa harus menguras yang sudah ada.

“Sebelumnya pastikan dulu kipas radiator berputar sebelum melakukan pengisian. Itu mengindikasikan air sudah bersirkulasi,” kata Helmi.

Di samping itu lakukan pengisian bersamaan dengan dibukanya tutup bleeding udara dan pastikan air radiator keluar. Biasanya tutup bleeding udara menggunakan model kupu-kupu.

Demikian adalah beberapa permasalahan Toyota Calya 2016 dan Daihatsu Sigra beserta cara mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat untuk para pembaca sekalian.

keluhan pengguna calya
cara melipat jok belakang calya
cara melipat kursi baris ketiga calya
pasang ac double blower calya
cara melipat kursi belakang sigra
bunyi gluduk pada roda belakang
penyebab bunyi gluduk pada roda belakang mobil
penyebab kaki kaki mobil bunyi gluduk gluduk

modifikasi ac calya,
AC calya bagian belakang tidak dingin,
problem sistem kemudi calya,
kenapa sigra susah gigi perseneling,
cara melipat kursi belakang sigra,
cara melipat jok belakang calya,
gimana cara setting audio calya agar treblenya muncul,
yahoo cara matikan tape mobil sigra,
gigi mundur sigra keras,
setelan kopling calya selalu turun,

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan