Kode Busi Jupiter MX Dan Vixion Berbeda Lho! Ini Bedanya - AUTOMOTIFE

Kode Busi Jupiter MX Dan Vixion Berbeda Lho! Ini Bedanya

Ok, untuk lebih jelasnya coba kita kupas dulu ya, Ternyata meskipun sama-sama memiliki resistor, busi yamaha jupiter mx dengan vixion itu beda.

Jadi jangan sampai salah ya dalam hal memilih busi? Jika salah akibat dan efeknya akan berimbas pada performa mesin lho, dan bisa jadi ngedrop. Sedikit pengalaman, teman saya pernah mengalami salah dalam memilih busi, dan banyak yang beranggapan bahwa busi Yamaha Jupiter MX dan Vixion itu sama. Tapi, sangat wajarlah jika muncul opini seperti itu, karena dari segi tampilan mesin Jupiter MX dan Vixion hampir sama.

Dan jika kita cermati Jupiter MX apabila memakai NGK dengan kode busi CPR8EA9 dan jika memakai Denso kodenya U24EPR. Lalu bagaimana dengan Yamaha Vixion? Ya pakailah NGK kode CR8E dan untuk Denso kodenya U24ESR-N. Nah, udah beda kan? Penampilan fisik busi untuk Vixion dan Jupiter MX memang hampir mirip akan tetapi coba lihat perbedaannya berikut ini:

Kode Busi Jupiter MX Untuk Normal Dan Racing Lengkap
Kode Busi Jupiter MX Untuk Normal Dan Racing Lengkap

Jika di perhatikan perbedaan ada pada bagian insulator dan ground elektrodanya bukan? Busi untuk Vixion ada pada bagian bawah dan sedangkan busi untuk Jupiter MX ada dibagian atas. Insulator dan Ground elektroda pada busi untuk Vixion berukuran lebih pendek.

Akan tetapi jika dilihat dari kode busi standar Vixion maupun Jupiter MX baik keluaran Denso atau NGK ada nilai tahanannya lho, yaitu resistor (R). Akan tetapi perhatikan nilai tahanannya busi untuk Jupiter MX dan Vixion berbeda.

Ow iya.. Lalu apa ya kegunaan dar resistor (R) pada busi?

Fungsi Resistor pada Busi : yaitu untuk mencegah adanya interfensi yang diakibatkan adanya interfensi gelombang elektromagnetik. dan disamping itu juga agar dapat meminimalisir noise listrik. Nah, Noise listrik ini timbul dari sistem pengapian busi itu sendiri. Sebagai contoh yaitu berubahnya putaran mesin atau RPM, missfire dalam RPM tinggi, dan tenaga ngedrop saat putaran tertentu beserta pembakaran yang kurang efisien.

Lalu apa efek sampingnya apabila Vixion memakai busi Jupiter MX? akselerasi akan terasa saat motor di kendarai dan shifting gigi pada RPM tinggi akan terasa tertahan.

Nah, itulah tadi pemahasan mengenai perbedaan busi yamaha jupiter mx dengan vixion. Boleh saja misalkan memakai busi yang Normal ataupun yang busi Racing untuk jupiter MX atau Vixion, tetapi jangan sampai tertukar ya kode businya.. hehe

Ok,itu saja pembahasan kali ini.. ikuti terus pembaharuan beritanya ya di otomotife.com dan semoga bermanfaat.

Sumber: Diperoleh dari mekanik saat service Motor Yamaha Vixion di bengkel resmi Yamaha

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan