Archive for 12/01/17

Cara Mengatasi Lampu Depan Mobil Berembun Dan Sering Kemasukan Air

Lampu mobil kemasukan air - Bagaimana cara mengatasi lampu depan mobil berembun ? Bagi pengguna mobil, masalah lampu utama mobil sering kemasukan air dan terdapat embun akan kerap terjadi ketika musim hujan telah tiba. Dengan terdapatnya embun pada reflektor mobil akan membuat fungsi kerja sebuah headlamp mobil terganggu sehingga pencahayaan lampu utama mobil kurang terang. Padahal selain memberikan penerangan saat berkendara, lampu depan mobil juga menjadi sebuah tanda bagi pengendara lain di malam hari dan cuaca hujan.

Terdapat beberapa penyebab lampu depan mobil mengembun diantaranya seperti perbedaan suhu udara dan juga karena kerusakan pada part headlamp mobil. Kondisi lampu utama mobil yang hidup ketika sedang turun hujan ataupun mencuci mobil yang masih dalam keadaan panas akan membuat terjadinya perubahan suhu udara di bagian dalam dan luar yang berdampak pada lampu depan mobil sering ngembun. Jika sudah terjadi hal seperti itu lantas bagaimana cara menghilangkan embun di lampu depan mobil tersebut ? Namun juga perlu untuk kita ketahui bahwa di dalam lampu utama mobil terdapat genangan air juga dapat disebabkan karena perekat antara rumah headlamp dan mika sudah kurang yang bagus.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Seputar Otomotif akan mencoba berbagi tips untuk memperbaiki reflektor mobil yang sering berembun dan kemasukan air. Memang solusi terbaik untuk menghilangkan embun pada lampu depan mobil adalah dengan mengganti headlamp mobil yang lama dengan yang baru. Akan tetapi tentu kita sadari untuk mengganti headlamp mobil tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu bagi anda yang ingin tahu akan cara menghilangkan embun di reflektor mobil yang dapat kita lakukan sendiri, mari kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi Lampu Depan Mobil Berembun Dan Sering Kemasukan Air

cara menghilangkan embun di lampu depan mobil

Jika kita hendak memperbaiki kaca lampu depan mobil yang berembun pastikan terlebih dahulu embun akan menguap dengan sendirinya ketika udara luar mulai memanas seperti di pagi hari. Akan tetapi jika embun tidak mau hilang dari lampu depan mobil maka cara terbaik untuk mengatasi lampu depan yang berembun adalah dengan membiarkan bohlam lampu depan menyala saat berkendara selama beberapa waktu untuk menghilangkan titik airnya.

baca juga :
  1. 7 Cara Mengatasi Kaca Mobil Sering Ngembun Saat Hujan
  2. Cara Mengatasi Mobil Distarter Tidak Bisa Hidup

Namun jika lampu depan mobil masih saja berembun dan malah membuat adanya genangan air di headlamp mobil, maka ada baiknya jika anda mencoba tips agar lampu depan mobil tidak kemasukan air dari kami di bawah ini. Namun sebelum itu, mari kita siapkan bahan - bahan yang kita butuhkan sebelum memulai untuk memperbaiki lampu depan mobil yang berembun, diantaranya :

  • Obeng + (kembang)
  • Kunci 10
  • Sealant silicon (silicone rubber)

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Utama Berembun

  1. Langkah pertama yang perlu untuk kita lakukan agar embun di reflektor mobil dapat hilang adalah dengan melepas headlamp dari mobil. Biasanya untuk melepas headlamp mobil ada beberapa baut yang perlu untuk kita lepas, seperti baut bumper bagian atas dan samping, setelah itu lepaskan juga 3 baut pengunci headlamp.
  2. Setelah itu lepaskan juga bohlam lampu utama, lampu senja dan lampu sein.
  3. Jika kondisi headlamp sudah dapat terlepas maka langkah selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan adalah oleskan lem silicon yang sudah kita siapkan sebelumnya secara merata pada sekat - sekat antara rumah lampu dengan mika.
  4. Setelah itu keringkan embun atau air yang ada didalamnya, kita dapat menggunakan hair dryer atau dijemur dengan posisi terbalik (mika mengarah kebawah) lalu balikan lagi (mika mengarah keatas) sampai kering.
  5. Langkah terakhir yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan menunggu sealent sampai benar - benar mengering dan jika sudah kering maka pasangkan kembali lampu depan mobil yang kita lepas tersebut.

Kesimpulan yang kita peroleh
  • Kita tidak perlu panik menghadapi masalah lampu depan mobil yang berembun apabila lampu mobil berembun tapi setelah terkena panas atau dijemur dapat hilang dengan sendirinya.
  • Namun apabila setelah terkena panas tidak juga hilang malah membuat mika tampak kusam sebaiknya periksa apakah ada rongga udara sehingga air bisa masuk terutama dibagian antara mika dengan rumah lampu.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja kita bahas mengenai cara menghilangkan lampu depan mobil yang berair sendiri tanpa harus ke bengkel atau dealer resmi mobil yang kita miliki. Untuk mencegah agar lampu mobil tidak cepat berembun atau kemasukan air yang dapat kita lakukan adalah dengan tidak menerobos genangan air yang cukup tinggi, serta berhati-hati saat menyemprot air bertekanan tinggi di sekitar batok lampu mobil. Sekian dan terima kasih, salam satu aspal !!

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan