Tips Memanaskan Motor Matic Agar Kondisi Mesin Tetap Awet

Cara memanaskan motor vario - Bagaimana cara memanaskan motor matic vario yang baik dan benar agar performa mesin tetap terjaga ? Dalam sebuah cara merawat motor matic ataupun pada motor bebek maupun motor sport hal yang paling mendasar dan penting adalah bagaimana cara kita saat memanaskan mesin motor matic yang kita miliki. Terkadang hal ini menjadi suatu pertanyaan yang jarang di pertanyakan oleh para pemilik motor matic, sebab jika kita akan bertanya mengenai cara memanaskan motor yang baik dan benar kepada orang lain tentu akan membuat kita menjadi malu. Padahal jika anda mengerti akan sebuah mesin, memanaskan motor matic sebelum digunakan terlebih lagi ketika dipagi hari merupakan sebuah langkah awal untuk mendapatkan kondisi mesin motor matic yang sehat.

Cara menghidupkan motor matic adalah suatu tindakan yang sangat mudah untuk dilakukan semua orang namun terkadang mereka lupa akan memanasi motor matic mereka sebelum digunakan untuk beraktifitas. Sebenarnya dalam cara memanaskan motor injeksi dengan cara memanaskan motor karburator hampir sama namun untuk sebuah motor matic dengan sistem pembakaran injeksi diperlukan sedikit perlakuan yang agak berbeda jika dibandingkan dengan motor vario matic karbulator. Lalu seperti apakah cara memanaskan motor honda vario yang baik dan benar setelah motor dihidupkan ? Namun juga perlu anda ketahui bahwa ketika menghidupkan motor secara sembarangan tanpa mengikuti prosedur yang ada dapat mengakibatkan mesin motor matic cepat rusak dan akhirnya harus di service ke bengkel, apalagi untuk motor matic yang sudah menggunakan sistem injeksi atau PGM-FI.

Maka dari itu pada pertemuan kita kali ini seputar otomotif akan mencoba berbagi beberapa tips memanaskan mesin motor matic yang dapat digunakan untuk sebuah motor vario karbulator dan motor vario injeksi. Untuk itu mari langsung saja kita ikuti tips memanaskan mesin motor matic vario secara lengkap yang sudah kami tuliskan dibawah ini.

Tips Memanaskan Motor Matic Agar Kondisi Mesin Tetap Awet

cara memenaskan motor yang benar

Langkah memanasi motor vario matic yang benar sebelum motor digunakan beraktifitas


1. Check kondisi oli

  • Pastikan kondisi oli motor matic tidak sampai kehabisan karena jika hal tersebut sampai terjadi pada motor vario matic milik anda dapat merusak mesin motor vario tersebut. Untuk itu ketika anda sedang melakukan service rutin mintalah kepada pihak bengkel untuk memeriksa kondisi oli motor vario. Apabila anda harus melakukan penggantian oli alangkah lebih baiknya jika anda menggantinya dengan oli yang berkualitas agar performance mesin tetap terjaga. Jika anda ingin mengetahui kapan jadwal pergantian oli motor matic anda dapat melihat pada postingan kami sebelumnya yang membahas tentang cara merawat motor matic vario.

2. Pastikan kondisi kunci kontak dan stide stand switch dalam keadaan baik

  • Untuk menghidupkan sebuah kendaraan roda dua hal yang paling gampang adalah dengan memutar kunci kontak pada posisi ON dan pastikan standar samping untuk motor matic khususnya honda matic vario. Jika keadaan standar samping otomatis (Stide Stand Switch) belum dalam posisi turun maka mesin motor matic tidak akan bisa hidup.

3.   Deteksi Lampu Malfunction Indicator Lamp (MIL)

  • Ketika lampu indikator MIL menyala, ECU akan mendeteksi apabila terdapat suatu kerusakan pada sensor - sensor sistem motor matic injeksi. Cara mendeteksi kerusakan yang terjadi pada sistem injeksi adalah dengan cara membaca berapa kali kedipan Lampu indikator MIL yang muncul. Apabila ternyata terdapat kedipan pada MIL itu artinya menandakan adanya kerusakan pada sistem PGM-FI motor dan alangkah lebih baiknya untuk membawa motor vario tecnho injeksi milik anda ke bengkel Honda AHASS terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

4.  Pilih starter yang akan anda gunakan untuk menghidupkan mesin motor

  • Apabila lampu MIL tidak berkedip dipastikan sensor injeksi tidak bermasalah, hidupkan motor Honda anda pada saat lampu MIL sudah padam. Terdapat dua jenis starter pada motor Honda yaitu kick starter dan electric starter. Terkadang pemilik motor terbiasa menghidupkan motor dengan kick starter dengan alasan agar tegangan yang tersimpan pada baterai lebih awet. Sebenarnya dengan menggunakan electric starter tegangan yang terbuang akan diisi kembali oleh regulator pada saat mesin dalam kondisi menyala. Dengan munculnya teknologi PGM-FI pada motor Honda, menghidupkan motor dapat lebih mudah menggunakan electric starter.

5.  Memanaskan mesin motor matic

  • Setelah motor dihidupkan biasakan untuk tidak langsung menarik gas dengan kencang, tunggu beberapa menit sampai kondisi mesin motor panas sekitar 1- 2 menit. Namun apabila anda tidak ingin memanaskan mesin karena terburu - buru dan ingin langsung menggunakan motor matic, ada baiknya jika anda gunakan dengan kecepatan rendah terlebih dahulu. Hal tersebut memiliki tujuan yang sama dengan memanaskan mesin yang memiliki maksud supaya oli bekerja lebih baik keseluruh bagian mesin.
  • Sekedar tambahan bagi anda yang mempunyai motor matic injeksi, ada baiknya pada saat memanaskan jangan langsung di geber. Ketika mesin motor anda menyala setidaknya tunggu lima menit atau tunggu hingga mesin terdengar lebih stabil, karena terkadang beberapa motor injeksi pada saat di nyalakan suara dari mesin akan tinggi namun lambat laun suara mesin pun menjadi lebih tenang dan stabil.

Pada intinya dalam memanaskan mesin motor matic vario adalah tidak perlu berlebihan karena itu hanya akan membuang bahan bakar secara percuma

baca juga :
Cara Merawat Motor Honda Vario Matic
Daftar Harga Motor Matic Vario Bekas Tahun 2017

Demikian postingan kami kali ini yang baru saja mengupas tentang cara memanaskan motor vario yang benar agar kondisi mesin tetap terjaga. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan