Archive for 05/21/17

Cara Cek Aki Motor Yang Mulai Rusak

Cara cek aki – Bagaimana cara mudah cek aki motor yang rusak pada motor bebek ataupun motor matic ? Accu atau yang sering kita kenal dengan aki memang merupakan salah satu komponen pada kendaraan bermotor yang sangat penting oleh sebab itu kita harus mengetahui cara cek aki masih bagus atau tidak. Memiliki fungsi sebagai penyuplai aliran listrik ke seluruh bagian motor seperti sistem starter, lampu - lampu, sistem pengapian dan komponen - komponen kelistrikan lainnya menjadikan aki sangatlah penting pada sebuah motor. Dan jenis aki sendiri dibedakan menjadi 2 yang sering digunakan di dunia otomotif yaitu aki kering dan juga aki basah.

Pada tahun 2005 aki kering atau dapat juga disebut dengan MF Battery (Maintenance Free Battery) serta dikenal juga dengan Valve Regulated Lead Acid Battery (VRLA) mulai dikenalkan di dunia otomotif. Maraknya penggunaan aki kering pada sebuah motor di dasari karena alasan kepraktisannya dimana kita tidak perlu terlalu sering melakukan pengecekan dan mengecek ukuran air aki. Memang aki kering memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan aki basah akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga aki kering akan mengalami kerusakan oleh sebab itu kita perlu mengetahui cara mengecek aki kering berserta perawatannya. Berikut ini akan kami bagikan beberapa tips merawat aki kering agar tidak cepat tekor sehingga pemakaiannya dapat lebih lama / awet, cara merawat aki kering paling gampang diantaranya :

  1. Cara merawat aki kering motor yang pertama adalah dengan memanaskan motor sekitar 3 sampai 5 menit/hari jika kondisi motor tidak digunakan sama sekali. Dengan tujuan supaya sistem pengisian listrik tetap terjadi dan akan menghasilkan penyuplaian listrik yang stabil.
  2. Agar dapat membantu oli terpompa lebih cepat untuk melumasi seluruh komponen mesin motor sebaiknya gunakan kick starter untuk memanaskan mesin di pagi hari. Namun jika kita ingin menghidupkan mesin dipagi hari menggunakan double starter jangan biasakan ketika sekali starter mesin motor belum hidup jangan langsung untuk mengulangnya berkali - kali. Alangkah baiknya jika kita memberi jeda waktu dengan maksud agar daya aki dapat terisi kembali.
  3. Saat berkendara di jalanan sebaiknya untuk menghindari lubang yang ada karena goncangan berlebih dapat merusak sel - sel yang ada di dalam komponen aki.
  4. Hindari keadaan dimana kabel terminal aki menjadi lembab karena dapat memicu terjadinya konsleting. Oleh karena itu untuk selalu memeriksa kabel terminal aki dalam kondisi bersih dan tertutup rapat.
  5. Apabila dirasa daya aki sudah mulai melemah sebaiknya untuk dilakukan pengisian ulang / charger menggunakan alat khusus dengan daya kecil dan stabil yaitu sekitar 0,5 ampere. Dibutuhkan waktu sekitar 5 sampai 6 jam agar daya listrik aki kembali normal.
  6. Pastikan komponen kiprok kendaraan masih berfungsi dengan baik karena komponen ini merupakan komponen yang vital dalam proses penyuplaian listrik ke semua bagian kendaraan.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini seputar otomotif akan mencoba berbagi tips untuk mengetahui kondisi aki pada sebuah motor. Dengan harapan jika kita mengetahui permasalahan pada accu motor yang di dapat dari kita melakukan pengecekan, kita dapat terhindar dari masalah - masalah yang di timbulkan dari kerusakan aki motor tersebut. Mari langsung saja kita bahas ulasan mengenai cara mengetahui aki masih bagus pada postingan dibawah ini.

Cara Cek Aki Motor Yang Mulai Rusak

cara ceki aki motor yang mulai rusak

Perlu untuk kita ketahui bahwa fungsi aki ialah untuk menyimpan energy listrik dalam bentuk energy kimia yang nantinya akan digunakan untuk menyuplai kebutuhan listrik kendaraan bermotor. Sebelum kita mulai membahas cara cek aki motor yang rusak alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu akan bagian komponen - komponen pada sebuah aki. Bagian - bagian aki yang dimaksud adalah :

Komponen - komponen Accu / Aki


  • Kotak Aki >> Kotak baterai berfungsi sebagai pelindung luar untuk komponen – komponen yang berada di dalam aki, selain itu kotak baterai juga berfungsi sebagai ruang untuk endapan – endapan baterai bagian bawah.
  • Tutup Aki >> Bagian ini berfungsi sebagai penutup bagian atas aki, tempat dudukan terminal – terminal aki dan sebagai lubang ventilasi.
  • Plat Aki >> Pada aki terdapat 2 macam plat, plat positif dan plat negative yang grid-nya terbuat dari antimony dan paduan timah. Untuk plat positif dilapisi aktif oksida timah dan plat negative terbuat dari sponge lead, ukuran plat ini akan mempengaruhi besar kecilnya arus yang dihasilkan.
  • Separator >> Terletak diantara plat positif dan negative, bagian ini bertujuan untuk mencegah hubungan singkat antar plat.
  • Terminal aki >> Terletak di bagian atas dari aki dan terdiri dari terminal positif dan negative.
  • Tutup ventilasi >> Hanya terdapat pada jenis aki basah, fungsinya sebagai tutup lubang pengisian air aki dan untuk membuang gas hydrogen yang dihasilkan dari proses pengisian.
  • Sel >> Penyekat yang membatasi unit plat positif dan negative disebut sel, sel –sel baterai yang dihubungkan secara seri antara satu dengan lainya akan menentukan tegangan aki yang dihasilkan.
  • Penghubung sel >> Plat logam yang dihubungkan dengan plat – plat baterai. Di setiap sel terdapat 2 plat penghubung untuk positif dan negative.
  • Pemisah sel >> Adalah bagian kotak baterai yang memisahkan tiap sel.
  • Larutan elektrolit >> Merupakan cairan dalam aki yang berupa campuran asam sulfat dan air yang nantinya bereaksi dengan bahan aktif pada plat dan menghasilkan listrik.

baca juga :

  1. Tips Mengatasi Mobil Mogok Di Jalan Tol
  2. Tips Menghemat BBM Agar Tidak Cepat Habis Saat Perjalanan Jauh

Berikut ini kami akan berikan beberapa cara mudah mengecek aki motor sehingga dapat kita lakukan sendiri di rumah, terdapat beberapa cara untuk mengecek kondisi aki motor yang bagus ataupun aki motor soak. Berikut ulasannya :

Cara Mudah Mengecek Aki Kering Pada Motor Matic dan Motor Bebek


  1. Korsleting dapat digunakan untuk mengetahui aki masih bagus atau tidak karena cara cek kondisi aki dengan langsung menghubungkan kedua kutub aki agar terlihat percikan api, besar kecilnya percikan api menunjukkan daya dari aki tersebut namun jangan terlalu sering melakuakan cara ini karena bisa merusak aki serta aki motor cepat soak.
  2. Yang kedua, cara cek aki motor dengan multitester. Cara ini sangat akurat karena bisa langsung meninjau voltase aki menggunakan volt meter, lakukan pengecekan ini setelah aki di charge, ukur volt yang didapat (standarnya 12,4 volt), setelah itu pasang kembali aki, putar kunci ke posisi ON 2detik lalu matikan, jika tegangan kurang dari 12,4 volt berarti aki mengalami penurunan daya.
  3. Cara cek aki kering dengan meraba permukaan depan karena ciri - ciri aki motor yang mulai soak akan terlihat melembung, jika casing aki dirasa menonjol atau gembung berarti menandakan aki sudah mulai rusak, biasanya hal ini terjadi karena reaksi elektrolit dalam aki yang mengeluarkan uap bertekanan yang menekan dinding aki.
  4. Dan yang terakhir dengan membaca Spidometer. Caranya, putar kunci kontak dalam keadaan ON, lalu nyalakan lampu sein kiri atau lampu sein kanan, jika spidometer aki ikut berkedip lemah itu artinya tegangan aki sudah tidak stabil bisa di katakan mulai soak.

Note :

Perlu diketahui, apabila hendak melakukan pengecekan aki kering harus sesuai dengan standar keamanan agar tidak terjadi konsleting kelistrikan pada kendaraan. Apabila kurang mantap dengan pengecekan sendiri, bisa juga anda mengandalkan tenaga bengkel untuk pengecekan tersebut.

Demikian tips kami yang baru saja mengulas tentang cara cek aki kering pada sebuah motor pada kesempatan kali ini. Semoga artikel kami ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan