Archive for 03/10/17

Penyebab Air Radiator Cepat Habis Padahal Tidak Bocor

Air radiator cepat habis - Tahukah anda penyebab air radiator cepat habis pada mobil yang anda miliki sekarang ini ? Radiator merupakan salah satu sistem pendinginan untuk mendinginkan suatu mesin baik itu mesin motor baik ataupun mobil ileh karena itu sudah sepatutnya kita harus segera mengatasi jika terjadi masalah seperti air radiator cepat habis padahal tidak bocor. Fluida cair atau yang sering kita kenal dengan sebutan coolant sebagai media pendinginannya menjadikan radiator sebagai salah satu sistem pendingin yang paling populer dimasa sekarang ini. Cairan tersebut akan menyerap panas dari blok mesin hingga ke kepala silinder mesin setelah itu menggunakan udara luar cairan coolant tersebut akan didinginkan dimana pada saat temperatur cairan sudah dingin maka sistem radiator akan kembali bersirkulasi didalam sebuah mesin kendaraan tersebut.

Terkadang tidak sedikit pengguna mobil yang pernah mengalami air radiator cepat habis padahal tidak bocor, air radiator motor cepat habis, itu tandanya air radiator berkurang wajar. Suatu mesin dapat memiliki tenaga yang berbentuk tenaga putar sebenarnya diperoleh dari sumber pembakaran bahan bakar dalam silinder mesin sehingga dapat menghantarkan energi panas oleh sebab itu radiator memiliki fungsi untuk mendinginkan selama mesin mobil tersebut bekerja. Lantas bagaimana cara memperbaiki air radiator cepat habis atau radiator cepat berkurang ? Dalam keadaan yang normal / wajar seharusnya secara sistem kerja air radiator tidak berkurang atau jika berkurang seharusnya dalam jangka waktu yang lama. 

Banyak faktor yang mempengaruhi kenapa air radiator sering habis, salah satunya karena disebabkan oleh faktor kebersihan dari termostat atau lemahnya putaran dari motor kipas. Oleh karena itu pada kesempatan kita kali ini seputar otomotif akan mencoba memaparkan beberapa hal yang menjadi penyebab air radiator habis lengkap dengan cara mengatasinya. Untuk itu mari langsung saja kita simak ulasan mengenai cara mengatasi air radiator cepat berkurang atau habis yang sudah kami rangkum dibawah ini.

Penyebab Air Radiator Cepat Habis Padahal Tidak Bocor

cara mengatasi air radiator cepat habis


Tentu akan menjadi suatu masalah apabila air radiator sampai kehabisan ketika mobil sedang kita gunakan untuk perjalanan jauh, karena akibat air radiator yang habis dapat menyebabkan mesin mobil menjadi panas dan yang paling parah sampai dapat mengakibatkan mobil menjadi mogok.

Penyebab Dan Solusi Mengatasi Air Radiator Cepat Habis


1. Tutup Radiator Rusak (Seal Mulai Aus)

  • Seal pada tutup air radiator lemah atau aus merupakan salah satu penyebab air radiator cepat habis yang jarang orang menduganya. Didalam tutup radiator terdapat dua katup yaitu relief valve dan vacuum valve, yang berfungsi untuk menaikkan titik didih air pendingin atau coolant dengan maksud agar tekanan air menjadi lebih tinggi dari tekanan udara luar dengan cara menahan ekspansi air pada saat air menjadi panas. Fungsi lainnya untuk mempertahankan air pendingin di dalam sistem agar tetap penuh walaupun mesin dalam keadaan dingin atau panas yang di tampung sementara pada Reservoir Tank atau tangki cadangan. Untuk itu agar air radiator tidak cepat habis karena lemahnya tutup valve kita perlu mengganti seal yang aus tersebut.

2. Lemahnya Motor Cooling Fan (Kipas Radiator)

Putaran motor kipas yang lemah sering kali disebabkan oleh :

  • Magneting motor untuk cooling fan lepas atau aus
  • Gulungan kawat mulai hangus
  • Carbon brush hampir habis

3. Terdapat Kebocoran Pada Sirip Radiator

  • Penyebab lain yang menjadikan air radiator cepat habis adalah sirip radiator yang bocor. Kondisi yang kadang sudah kering atau menguap sebelum menetes menjadikan kita jarang mengetahui adanya kebocoran pada sirip radiator tersebut. Oleh karena itu perlu anda lakukan pengecekan secara manual dengan memeriksa secara detail pada bagian sirip - sirip radiator.

4. Kontaminasi Kotoran Dapat Mengakibatkan Thermostat Abnormal

  • Air atau coolant merupakan bahan yang digunakan untuk mendinginkan mesin yang berwujud cair, apabila thermostat tidak dapat membuka pada saat suhu kerja mesin telah tercapai terkadang terdapat kemungkinan karena air atau coolant tidak dapat bersirkuasi dengan baik. Maka dari itu temperatur mesin sudah melebihi titik didih air diatas 100 derajat celsius namun air radiator belum bersirkulasi.

baca juga :
  1. Kumpulan Gambar Modifikasi Motor Yamaha NMax Terbaru
  2. Perbedaan Harga Dan Spesifikasi Yamaha NMax ABS Dengan Yamaha NMax Non ABS

Apabila setelah anda melihat keempat penyebab air radiator sering habis diatas dan hasil dari pengecekan terhadap mobil anda masih dalam keadaan normal maka perlu anda lakukan pengecekan di tahap selanjutnya dengan membawanya ke bengkel mobil. Sebab jika air radiator mobil yang cepat habis tersebut tidak segera anda tangani dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan pada prt mobil lainnya.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja membahas tentang penyebab air radiator cepat habis dan solusi mengatasinya. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih atas kunjungan anda ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan