Cara Service Kaburator Motor Honda Vario Tanpa Ke Bengkel

Cara stel karburator - Bagaimana cara service karburator motor matic vario jika kita melakukannya sendiri tanpa pergi ke bengkel ? Tentu tidak sedikit pengguna motor vario matic yang belum mengetahui cara melepas karburator honda vario yang mereka miliki. Komponen yang memiliki peranan terpenting pada sebuah motor bebek ataupun matic adalah karburator karena fungsinya yang sebagai tempat menyatukan udara dan bahan bakar sebelum diproses ke dalam ruang pembakaran. Di dalam sebuah karburator sendiri juga terdapat beberapa settingan yang memiliki tujuan supaya motor matic dapat melaju kencang dengan penggunaan bahan bakar / bensin yang irit. Namun rata - rata pada masa sekarang ini motor matic keluaran terbaru mulai meninggalkan sistem pembakaran yang menggunakan karburator dan mulai mengaplikasikan teknologi EFI (atau singkatan dari Electric Fuel Injection) atau bahan bakar terkomputerisasi.

Pada jaman sekarang tentu kita akan sulit untuk mencari seorang mekanik motor yang ahli dalam bidang setting karburator motor terlebih lagi untuk menyetel karburator motor matic vario karena perkembangan motor vario matic karburator mulai dikalahkan oleh motor vario matic injeksi. Padahal jika kita tidak merawat karburator motor matic dengan melakukan service pada komponen karbu motor tersebut dapat mengakibatkan motor tersendat bahkan sampai motor vario matic mogok. Lalu bagaimana cara membersihkan karburator motor honda vario jika motor matic kita mengalami gangguan / masalah pada karburatornya ? Akan tetapi jika anda tidak bisa membongkar karburator motor matic namun anda ingin membersihkan karburator motor matic tanpa membongkar solusinya adalah dengan membersihkan karburator dengan semprotan pembersih karburator.

Perlu untuk anda ketahui bahwa cara membersihkan karburator motor matic itu terdapat 2 metode. Cara yang pertama adalah dengan membongkar dan setting karbu atau membersihkan karburator motor vario matic cukup dengan menggunakan carburator cleaner yang dapat anda peroleh di toko onderdil motor. Akan tetapi pada kesempatan kali ini kami seputar otomotif akan mencoba membahas cara service karburator motor matic honda vario dengan menggunakan metode yang pertama. Langsung saja mari kita simak ulasan selengkapnya mengenai cara menyetel karburator motor matic supaya irit tanpa ke bengkel yang dapat dilakukan pada motor vario 110 cw atau biasa, vario techno 125 karburator.

Cara Service Kaburator Motor Honda Vario Tanpa Ke Bengkel


cara membersihkan karburator motor matic

Cara membersihkan karburator motor honda


  1. Langkah pertama adalah melepas aki dan juga kabel (+)  (-) dari dudukan pada u box atau bagasi, setelah itu buka 4  baut pengikat bagasi dan dudukan jok motor. Kemudian lepas jok motor beserta bagasi dari  frame body vario.
  2. Setelah itu lepaskan baut pengikat manifold karburator menggunakan kunci T-sock.
    cara membersihkan karburator motor matic
  3. Langkah selanjutnya lepas clamp pengikat selang - selang bensin dan juga selang - selang vakum lainnya.
    cara membersihkan karburator motor matic
  4. Jika langkah diatas sudah anda lakukan lalu lepas selongsong setelan kawat slink kabel gas yang terpasang pada thothle karbu, kemudian kendurkan baut clamp pengikat karbu pada manifold. Dengan begitu karburator sudah dapat anda angkat dari area head engine. Karena ada system auto choke yang kabelnya terhubung pada karburator vario, cara pembersihan karbu cukup di area atas deck saja tanpa perlu melepas auto choke.

  5. Tahap berikutnya lepaskan main jet dan pilot jet, lalu bersihkan semua lubang dan saluran dengan carb cleaner kemudian bilas dengan compressed air. Jika membran vakum tidak mengalami masalah maka tidak perlu dibongkar, begitu juga dengan celah klep karena tidak ada masalah dan vario ini masih low kilometer maka  penyetelan celah klep belum perlu dilakukan.
    cara membersihkan karburator motor matic
  6. Sebelum dipasang komponen-komponen karburator, sebaiknya jangan lupa untuk mengatur ketinggian pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong / stigmat.
  7. Langkah terakhir pasang kembali bagian - bagian komponen karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator dan filter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. 

Catatan :
  • Jangan lupa setel kondisi langsam motor pada keadaan mesin hidup. Cara setelan angin karburator vario 110 dengan cara memutar searah jarum jam sampai mentok, kemudian putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor kita.
  • Setel juga baut penyetel langsam yang terletak di pinggir badan karburator. Setting dalam keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan karena hal tersebut dapat menyebabkan oli tidak dapat naik karena tidak terpompa akibat rendahnya putaran mesin.

baca juga :
Tips Memanaskan Mesin Motor Matic Agar Kondisi Mesin Tetap Awet
Cara Merawat Motor Honda Vario Matic


Demikian artikel kami kali ini yang membahas mengenai cara membersihkan dan menyetel karburator motor honda vario tanpa pergi ke bengkel ahass. Semoga artikel kami diatas dapat bermanfaat bagi para pengguna motor matic khususnya motor honda vario. Dan perlu kami ingatkan sekali lagi jangan sampai lupa untuk menyetel karburator setelah anda membongkar karbu motor matic tersebut supaya anda mendapatkan performance mesin motor matic sesuai dengan yang anda harapkan, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan