Archive for 01/19/17

Cara Melepas Ban Dan Mengganti Dengan Ban Serep Paling Gampang

Ganti ban mobil - Bagaimana cara mudah membuka roda ban mobil jika mobil kita mengalami pecah ban atau ban bocor ? Bagi setiap pengemudi mobil harus memiliki keahlian dasar seputar mobil salah satunya adalah cara mengganti ban mobil karena kita harus siap sedia jika mengalami kejadian ban bocor ketika sedang perjalanan jauh. Walaupun kita merasa awam dengan hal otomotif, mau tidak mau kita perlu mengetahui cara mencopot dan memasang ban mobil karena itu juga akan berguna bagi diri kita sendiri. Sebenarnya tidak sulit untuk mengganti roda yang mengalami kebocoran, akan tetapi jika anda juga belum cobalah untuk mencari informasi mengenai cara membuka ban mobil melalui internet ataupun langsung bertanya kepada orang yang lebih tahu.

Memang tehnik melepas ban mobil itu harus diketahui bagi setiap orang yang akan melakukan perjalanan jauh menggunakan mobil untuk berjaga mengganti ban sendiri jika ban mobil kita bocor dengan keadaan yang jauh dari bengkel. Bagi yang belum terbiasa memasang ban serep sendiri, anda perlu menyiapkan tenaga yang cukup ekstra karena untuk melepas ban pada mobil biasanya baut yang terpasang itu cukup kencang. Lalu bagaimana cara melepas ban mobil dari velg yang benar agar velg kita tidak lecet karena proses mencopot ban mobil tersebut ? Apabila kita sudah mengetahui cara memasang ban mobil tentu kita tidak akan panik jika mobil kita yang bocor jauh dari bengkel mobil, kita cukup mengambil ban serep dan kemudian pasang pada mobil kita tersebut.

Oleh karena itu pada pertemuan kita kali ini seputar otomotif akan mencoba berbagi informasi tentang langkah - langkah mencopot ban mobil jika tiba-tiba di dalam perjalanan mobil kita mengalami ban kempes atau bocor. Maka dari itu tetap ikuti kami agar anda mengetahui tutorial mengenai cara melepas ban mobil dan cara memasangnya kembali dengan benar. Mari langsung saja kita simak cara buka ban dan memasang ban serep secara lengkap di bawah ini.

Cara Melepas Ban Dan Mengganti Dengan Ban Serep Paling Gampang

cara mudah membuka roda ban mobil


1. Langkah yang harus dilakukan ketika ban mobil kita bocor di tengah perjalanan adalah :


  1. Pertama - tama menepi dari tengah jalan untuk memarkirkan mobil atau cari tempat yang cukup luas agar anda memiliki ruang gerak saat melepas ban mobil. Hal ini penting karena akan sangat berbahaya jika kita mengganti ban di jalanan yang cukup ramai.
  2. Langkah berikutnya adalah memeriksa dan pastikan mobil tidak bergerak. Posisikan tuas transmisi pada gigi 1 atau R (reverse) bagi anda yang menggunakan mobil bertansmisi manual kemudian tariklah rem tangan. Apabila mobil anda bertransmisi otomatis tempatkan tuas transmisi pada posisi P (Parking). Jika mobil anda mengalami pecah ban di jalan tanjakan, yang harus anda lakukan yaitu memberikan ganjel berupa kayu atau batu di belakang roda mobil demi keselamatan mengemudi.
  3. Setelah itu hidupkan lampu hazard lalu beri segitiga pengaman beberapa meter di belakang mobil kita.

2. Alat - alat yang dibutuhkan untuk mengganti ban


Sebelum anda mengganti ban mobil anda yang bocor alangkah lebih baiknya jika kita mempersiapkan terlebih dahulu perlengkapan yang dibutuhkan untuk melepas dan memasang ban mobil tersebut. Dan juga patut untuk anda ikuti adalah tempatkan perlengkapan yang kita butuhkan tersebut di dekat kita sebelum kita beraksi. Dan alat - alat yang dibutuhkan untuk mengganti ban mobil tersebut, diantaranya :

  1. Dongkrak Mobil :  Dongkrak portable yang umum tersedia pada mobil sangat cocok untuk digunakan pada saat darurat seperti ini.
  2. Kunci Roda : Dapat digunakan juga kunci lain selama ukurannya sama dengan baut roda mobil.
  3. Ban Cadangan : Sebaiknya gunakan ban cadangan bawaan mobil itu sendiri.

baca juga :


3. Langkah - langkah Melakukan Penggantian Ban Mobil Dengan Mudah


  1. Pertama - tama buka penutup roda. Apabila anda merasa kesulitan cungkil penutup dengan menggunakan obeng.
  2. Lalu kendorkan baut - baut roda menggunakan kunci roda dan putar berlawanan dengan arah jarum jam. Saat melepaskan baut lakukan dengan pola bersilang, sebagai contoh terdapat 4 buah baut, kendorkan baut atas, lalu bawah, kiri dan kanan. Baut cukup dikendorkan, jangan sampai terlepas dulu.
  3. Kemudian pasang dongkrak mobil pada posisi yang dianjurkan oleh buku manual. Dalam buku manual, dongkrak di posisikan pada sebuah cekungan atau tonjolan kecil (semacam tanda di bagian bawah mobil). Letak cekungan ini biasanya berada sedikit di belakang roda depan dan di depan roda belakang.
  4. Setelah itu naikkan dongkrak hingga roda terangkat supaya mudah dilepas nantinya. Pastikan dongkrak pada posisi tegak lurus dengan tanah dan jika saat menaikkan dongkrak posisinya terlihat tidak stabil, sebaiknya turunkan terlebih dahulu dan perbaiki masalahnya.
  5. Jika roda sudah terangkat dan bebas dari tanah maka lepaskan semua baut roda dan kumpulkan baut pada satu tempat agar kita tidak kesulitan mencari ketika akan memasang ban mobil kembali.
  6. Keluarkan ban dari dudukannya dengan menariknya secara perlahan dan letakkan pada posisi tidur. Jika ban mobil terasa terlalu berat cobalah cari bantuan.
  7. Pasang ban serep dengan mendorong sambil menggoyangnya secara perlahan sampai ban sudah masuk pada posisinya. Pastikan posisinya sudah pas dan tepat saat anda memasukkannya.
  8. Langkah selanjutnya pasang kembali baut, untuk mengencangkan baut putarlah searah jarum jam dengan jari tangan hingga terasa sudah mentok. Kita tidak perlu untuk langsung mengencangkannya karena jika kita melakukan hal tersebut maka roda akan ikut berputar.
  9. Kemudian turunkan dongkrak hingga roda sepenuhnya menyentuh tanah.
  10. Kencangkan semua baut dengan pola bersilang. Putarlah searah jarum jam dengan kunci roda. Pastikan baut telah kencang dengan menempatkan kunci roda secara horisontal dan coba pijaklah batang kunci roda dengan kaki.
  11. Setelah selesai, tempatkan ban yang bocor atau kempes di tempat ban cadangan serta simpan kembali semua perlengkapan di tempat semula. Sekarang anda siap untuk melanjutkan perjalanan.

Demikan langkah - langkah mengganti ban mobil yang dapat kami sampaikan pada pertemuan kita kali ini. Semoga setelah kita mambaca artikel diatas, kita menjadi memiliki pedoman untuk mengatasi ban bocor ketika dalam perjalanan. Ajarkan pada pengemudi lainnya bagi mereka yang juga belum mengetahui cara buka ban mobil karena ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dibagikan kepada orang lain, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan