Archive for 01/16/17

Penyebab Ban Mobil Cepat Habis Atau Gundul

Ban mobil botak - Tahukah anda apa penyebab ban depan mobil cepat habis atau gundul ? Mungkin anda pernah mengalami mobil miring ke kanan ketika sedang berkendara di jalanan, bisa jadi itu efek dari ban belakang mobil habis sebelah. Untuk itu ban mobil harus selalu dijaga dengan melakukan pengecekan agar kita dapat mengetahui ban mobil dalam kondisi normal (ban mobil habis sebelah dalam) atau sudah mengalami kerusakan karena ban mobil merupakan bagian yang sangat vital pada sebuah mobil. Selain faktor keselamatan mengemudi mobil, pentingnya memberikan perawatan secara khusus kepada ban mobil bertujuan supaya ban mobil kita memiliki umur pakai yang awet.

Tidak ada salahnya kita memberikan perawatan secara khusus pada ban, karena ban mobil menjadi komponen yang memiliki kerja paling berat. Selain itu ban menjadi suatu komponen dari mobil yang bersinggungan secara langsung dengan jalan. Sering kali kita tidak menyadari jika mengetahui kembang ban mobil habis tidak merata dan kadang juga ada yang ban mobil tipis sebelah. Lalu apa yang menjadi penyebab ban mobil botak sebelah ? Jika kita membiarkan kondisi si karet bundar hitam ini dalam keadaan ban depan mobil miring sebelah dapat mengakibatkan ketika anda melesat dengan kecepatan tinggi di jalan tol tiba-tiba ban meletus.

Selain dari faktor cara mengemudi, penyebab ban mobil habis sebelah juga dikarenakan kualitas ban yang tidak bagus. Oleh karena itu seputar otomotif kali ini mencoba memberitahu apa saja yang menjadi penyebab ban depan mobil cepat habis. Demi keselamatan kita berkendara menggunakan mobil, kami akan mencoba mengulas tentang penyebab ban belakang mobil makan sebelah secara lengkap di bawah ini.

Penyebab Ban Mobil Cepat Habis Atau Gundul

penyebab ban belakang mobil habis sebelah


Berikut ini adalah beberapa penyebab ban mobil habis tidak rata :


1. Cara mengemudi mobil

  • Cara pengemudi yang membawa mobil dengan agresif dapat menjadi penyebab ban mobil cepat aus. Contohnya saja ketika pengendara sering melakukan start yang cepat dan berhenti secara mendadak. Selain itu membelokkan kendaraan dengan cepat, dan pengemudi mobil kerap mengendarai kendaraan di antara aspal dan tanah dan melalui lubang atau halangan lainnya bisa menyebabkan ban mobil habis sebelah.

2. Penggunaan ban tidak sesuai dengan kecepatan mobil.

Sering kali pengemudi mobil tidak pernah memperhatikan simbol kecepatan yang ada pada ban mobil. Mobil yang berlari terlalu kencang akan tetapi spek ban tidak sesuai maka secara otomatis dapat memperpendek umur ban.

Berikut daftar simbol dan kecepatan maksimal yang harus anda ketahui agar ban mobil anda tidak cepat aus :

  • Simbol M >> Kecepatan maksimal 130 km/jam.
  • Simbol N >> Kecepatan maksimal 140 km/jam.
  • Simbol P >> Kecepatan maksimal 150 km/jam.
  • Simbol Q >> Kecepatan maksimal 160 km/jam.
  • Simbol R >> Kecepatan maksimal 170 km/jam.
  • Simbol S >> Kecepatan maksimal 180 km/jam.
  • Simbol T >> Kecepatan maksimal 190 km/jam.
  • Simbol U >> Kecepatan maksimal 200 km/jam.
  • Simbol H >> Kecepatan maksimal 210 km/jam.
  • Simbol V >> Kecepatan maksimal 240 km/jam.
  • Simbol W >> Kecepatan maksimal 270 km/jam.
  • Simbol Y >> Kecepatan maksimal 300 km/jam.
  • Simbol ZR >> Kecepatan maksimal Above 240 km/jam.

3. Kondisi performance mekanisme mobil

Satu lagi yang jarang diketahui oleh pengemudi mobil adalah melakukan rotasi pada ban karena kecenderungan ban akan mengalami aus secara tidak merata. Oleh karena itu bagi setiap pengemudi mobil disarankan untuk melakukan spooring dengan alasan setir cenderung membuang ke satu arah, ketika sudah berjalan sejauh 10.000 km. Berikut beberapa cara perubahan rotasi ban yang benar, yaitu :

  1. Untuk kendaraan berpenggerak roda belakang dan 4 roda, bisa dilakukan rotasi seperti ban depan kiri diputar ke ban belakang kanan, dan ban depan kanan bisa diputar ke belakang kiri.
  2. Selanjutnya untuk kendaraan berpenggerak roda depan. Bisa diputar seperti ban bekakang kanan ditaruh menduduki posisi kiri depan. Dan ban belakang kiri ditaruh di ban kanan depan. Atau bisa juga ban depan kanan ditaruh di posisi kanan belakang, dan ban depan kiri bisa ditaruh di posisi kiri belakang.

4. Tekanan angin

Tekanan angin yang tidak sesuai dapat mengakibatkan ban cepat gundul sebelah dan sering kali para pengendara mobil sering melupakannya. Padahal hal ini cukup mudah, karena pabrikan otomotif sudah memberikan patokan tekanan angin yang tepat di dalam kabin (balik pintu).

baca juga :
  1. Tips Memilih Bahan Selimut Mobil Yang Bagus
  2. Solusi Mengatasi Power Window Yang Mengalami Kerusakan

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja membahas seputar ban mobil agar anda mengetahui penyebab mobil miring sebelah. Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan manfaat kepada kita sehingga kita tidak mengabaikan keselatan berkendara karena ban mobil yang tipis, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan

    Tips Memilih Bahan Selimut Mobil Yang Bagus

    Selimut mobil - Bagaimana cara memilih selimut mobil yang bagus digunakan untuk outdoor maupun indoor ? Sebagai pengemudi mobil tentu anda sudah tidak asing dengan fungsi dari selimut mobil atau sering disebut dengan body cover mobil merupakan sarung penutup mobil yang berguna untuk melindungi bodi mobil dari air hujan, matahari, debu dan goresan yang dapat mengakibatkan terjadinya suatu kerusakan. Selain itu pentingnya suatu mobil diberikan cover body / sarung mobil agar dapat menjaga ketahanan cat mobil dari pengaruh sinar ultra violet. Untuk itu kita harus pintar - pintar memilih selimut mobil terbaik untuk mobil kita sebelum membelinya.

    Perlu untuk anda ketahui bahwa secara kasat mata selimut mobil hanya terlihat seperti selembar kain yang menutupi sebuah mobil. Namun dibalik itu secara umum cover body mobil yang baik terdiri atas empat komposisi, yaitu :
    • Lapisan pertama yang berada di bagian terluar yang memiliki fungsi sebagai penahan terpaan air hujan dan juga sinar matahari secara langsung.
    • Lapisan kedua memiliki fungsi sebagai media pernapasan dalam menghindari timbulnya embun ketika penguapan udara.
    • Lapisan ketiga memiliki fungsi sebagai pelindung dan juga penguat lapisan dasar lainnya.
    • Dan yang terakhir pada lapisan terdalam dengan bahan dasar lembut dan juga halus memiliki fungsi sebagai meminimalisir gesekan ketika memasang dan juga melepaskan body cover.
    Jadi jika anda tidak bisa membeli sebuah body cover mobil, anda mempunyai alternatif dengan cara membuat selimut mobil sendiri namun harus melihat bahan yang memiliki fungsi seperti diatas. Lalu bahan yang cocok untuk dijadikan cover body mobil itu apa ?

    Yang pasti anda membutuhkan bahan untuk selimut mobil yang memiliki serat kain halus dan licin untuk mengurangi resiko timbulnya goresan pada saat memasang atau juga melepaskan body cover mobil serta dapat mereduksi tetesan air hujan tanpa menimbulkan embun yang bisa mengakibatkan kotoran pada permukaan cat mobil. Jenis kain seperti parasut, polyester, milky, nylon, ripstok dan juga taslan dapat menjadi pilihan jenis kain yang biasa digunakan untuk membuat selimut mobil. Untuk lebih jelasnya mari kita simak secara lengkapnya tentang bahan cover mobil yang bagus di bawah ini.

    Tips Memilih Bahan Selimut Mobil Yang Bagus 

    body cover mobil terbaik


    Jenis - jenis bahan yang baik digunakan untuk membuat selimut mobil :


    1. Sarung mobil bahan taslan

    • Kain taslan termasuk dalam jenis bahan spesial dari serat sintetis dengan kualitas tinggi yang mempunyai lapisan mengkilat ataupun terang dan dikenal tahan akan air yang bisa melindungi permukaan cat mobil dari bermacam goresan yang mungkin bisa ditimbulkan.

    2. Sarung mobil bahan polyester

    • Bahan yang cocok untuk membuat cover mobil yang dapat dipakai pada ruangan terbuka adalah polyester atau biasa dikenal dengan nama waterproof karena jenis kain yang mempunyai ketahanan terhadap cuaca hujan ataupun panas. Jenis kain yang mempunyai karakteristik kuat dan juga tidak mudah pudar sehingga sangat cocok digunakan pada ruang terbuka / outdoor.

    3. Sarung mobil bahan nylon

    • Jika anda ingin membuat selimut mobil dengan tekstur lembut, kuat, tidak mudah sobek dan juga lentur ketika ditarik maka bahan yang cocok digunakan untuk selimut mobil tersebut adalah nylon, sebab nylon berasal dari serat sintetis karet.

    4. Sarung mobil bahan parasit silver

    • Kain parasit silver adalah jenis kain yang standar untuk membuat sarung ataupun cover mobil yang terkenal kuat dan tahan lama. Jenis kain ini mempunyai tekstur yang halus, lembut dan juga tergolong bahan yang anti air sehingga sangat pas untuk melindungi mobil dari terpaan sinar matahari, debu dan juga air.

    5. Ripstok

    • Ripstok adalah sejenis kain yang mempunyai coating anti air di bahan bagian dalam dan juga luarnya. Meski sebenarnya berbeda, tapi jenis bahan yang biasanya disebut coating bening ini mempunyai kualitas anti gores dan juga ketahanan terhadap air yang sama di antara bagian luar dan juga dalam bahannya.

    baca juga :
    Solusi Mengatasi Masalah Power Window Yang Mengalami Kerusakan
    Cara Mengatasi Wiper Mobil Yang Macet Tanpa Harus Ke Bengkel

    Demikian postingan dari kami performance-car-desaign yang baru saja mengulas tentang memilih bahan body cover mobil terbaik sebelum membuat selimut mobil itu sendiri. Perlu untuk anda ingat dalam pemilihan body cover hal terpenting yang harus anda pertimbangkan adalah selain penggunaan anda juga harus melihat kesesuaian jenis bahan dengan kondisi lingkungan (indor atau outdor). Semoga artikel kami kali ini dapat membantu anda menentukan pilihan bahan sebelum membuat sarung mobil yang terbaik, sekian dan terima kasih ..

    ARTIKEL TERBARU:

    ARTIKEL LAINYA:

      Direkomendasikan