Archive for 01/08/17

Cara Setting GPS Pada Mobil Agar Lebih Akurat - Seputar Otomotif

GPS tracker di mobil tidak tepat - Bagaimana cara mengatasi gps di mobil tidak akurat baik itu gps tracker maupun gps navigasi ? Sering kali banyak para pengemudi sering salah jalan karena dia mengikuti navigasi gps pada mobil yang dikendarai, itu semua dapat terjadi jika titik koordinat gps tarcker tidak tepat. Bagi para pengemudi mobil tentu tidak akan awan dengan alat pelacak lokasi mobil yang bernama GPS, akan tetapi tidak semua supir tahu mengenai cara menggunakan gps di mobil tersebut. Oleh karena itu diperlukan beberapa perubahan setingan dan juga pembaharuan peta gps agar penentuan lokasi dapat menjadi lebih akurat.

Masalah GPS tidak tepat / tidak dapat melacak lokasi maupun rute perjalanan tidak ditemukan biasanya terjadi karena terdapat kerusakan pada beberapa modul / chip. Tidak dipungkiri lagi setiap perangkat elektonik seperti modul dan chip pada alat pelacak mobil (GPS) dapat mengalami masalah kerusakan atau disfungsi karena disebabkan oleh beberapa faktor. Namun selain karena kerusakan pada perangkat elektronik, penyebab gps tracker mobil tidak akurat biasanya disebabkan karena belum adanya pembaharuan pada software gps navigasi / gps tracker tersebut. Meskipun anda dapat memperbaiki peta gps mobil yang tidak tepat pada service center gps tersebut, anda juga mengatasi masalah gps tersebut dengan sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya perbaikan.

Oleh karena itu performance-car-desaign kali ini akan mencoba membahas tentang cara mengatasi masalah gps mobil kurang akurat tersebut. Jadi anda tidak perlu repot - repot pergi jauh ke bengkel untuk mengatasi alat pelacak mobil / gps tidak berfungsi tersebut. Langsung saja kita bahas cara mengaktifkan gps tracker di mobil agar lebih akurat dengan melihat postingan kami di bawah ini.


Cara Setting GPS Pada Mobil Agar Lebih Akurat


cara mengatasi gps di mobil tidak akurat

Solusi dan Cara Mengatasi GPS Tracker Pada Mobil Tidak Akurat, sebagai berikut :


1. Masalah GPS Tracker tidak update atau lokasi tidak tepat

Masalah gps tidak akurat biasanya sering terjadi khususnya pada jenis gps tracker yang menggunakan pulsa biasa. Namun sebelum kita mulai memperbaiki masalah gps tersebut terlebih dahulu pastikan posisi antena gps harus menghadap ke Langit. Jika posisi sudah benar akan tetapi gps tracker masih tidak akurat, coba dengan cara berikut :

  1. Pertama - tama cabut soket kabel yang terhubung pada Gps Tracker. Akan lebih baik jika anda lakukan pada tempat yang terbuka, misalnya pada tanah lapang yang tidak terhalang pepohonan.
  2. Kemudian untuk GPS yang menggunakan baterai jangan lupa untuk mematikan saklar ON / OFF ke posisi OFF yang ada di gps Tracker tersebut. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  3. Setelah itu pasang kabel dan hidupkan sakalar pada posisi ON. Tunggu hingga semua lampu menyala normal, pada kondisi dingin gps membutuhkan waktu selama 1 menit untuk menghidupkannya.
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan mengirim SMS RESET dengan tujuan untuk merestart dengan melihat pada buku panduan mereset unit.
  5. Tahap selanjutnya kirim SMS URL dengan tujuan untuk melihat lokasi terahir ditempat gps berada saat itu.
  6. Lalu buka SMS tersebut menggunakan Map atau bisa juga mengcopy kordinatnya kemudian tempel dibrowsing, jika anda menggunakan smartphone maka bisa langsung dibuka.
  7. Langkah terakhir coba anda cek apakah posisi gps sudah tepat. Jika berhasil maka posisi mobil anda sudah tepat dengan titik koordinat pada gps, kemudian pastikan dengan merubah posisi anda ke tempat yang lain.

Selain itu masalah gps tracker di mobil yang biasa terjadi adalah :

2. Gps Tracker tidak bisa aktif

Penyebab gps tidak bisa diaktifkan biasanya terjadi karena :

  • Faktor componen yang rusak.
  • Faktor arus tegangan yang tidak terhubung ke Gps Tracker.
  • Sekering putus.
  • Kabel yang terhubung ke Gps tracker putus.
  • Terkena air.

Lalu cara mengatasi gps tracker tidak bisa hidup adalah :

1. Periksa semua sambungan kabel yang mengarah ke gps tracker. Sambung kembali kabel jika anda menemukan ada yang putus, namun jika anda tidak menemukan kabel yang putus maka coba cek sikring dibagian Gps.

2. Cek arus pada setiap kabel - kabelnya.
Cara mengecheck arus harus diukur menggunakan multi tester, namun dapat juga menggunakan tespen DC. Cara mengecek kabel positif dengan tester sebagai berikut :

  1. Probe positif tester ( kabel merah ) tepelkan ke kabel positif Gps tracker (umumnya berwarna merah, namun ada juga yang menggunakan warna lainnya).
  2. Lalu kabel probe negatif tester ( kabel hitam ) tempelkan ke Body besi mobil / motor.
  3. Perhatikan indikator apakah menunjukan adanya arus atau tidak. 

3. Cara mengetes arus menggunakan tespen DC lebih mudah, dengan langkah sebagai berikut :

  1. Cepitkan kabel negatif tespen ke body besi kendaraan, lalu tempelkan posistif tespen ke kabel positif gps Tracker. 
  2. Lihat hasilnya jika tespen menyala artinya arus tegangan ada.

4. Jika tidak ada arus tegangan ke gps tracker solusinya adalah

  1. Bongkar semua kabel gps tracker
  2. Kemudian ukur semua kabel, jika bagus langsung bisa di pasang kembali.

5. Jika ada arus tapi tetap tidak menyala itu artinya kerusakan pada unit Gps Tracker solusinya hubungi penjual ditempat anda membeli atau hubungi ahli di bidang Gps tracker untuk membantu memperbaiki masalah tersebut.

baca juga :
Harga GPS Mobil Paling Terbaru 2017
Cara Mengaktifkan GPS Navigasi Pada Mobil




Demikian cara mengatasi gps tracker di mobil kurang akurat yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel kami kali ini dapat mengatasi masalah anda yang selalu kesasar ketika bepergian menggunakan gps di mobil anda. Jangan lupa share jika artikel kami bermanfaat menurut anda, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan

    Harga GPS Mobil Paling Terbaru 2017 - Seputar Otomotif

    Harga gps mobil - Berapakah harga gps mobil paling terbaru saat ini ? Tentu anda sudah mengenal apa itu Global Positioning System dan sering bertanya - tanya tentang cara kerja dari gps di mobil tersebut, selain itu harga gps tracker mobil juga sering menjadi bahan pembicaraan pada suatu komunitas mobil. Fungsi utama dari gps mobil ini sebenarnya selain untuk melacak lokasi keberadaan mobil yang sudah terpasang gps, alat pelacak ini juga berfungsi untuk memberikan rute ketika anda bepergian pada suatu tempat. Selain itu, gps juga akan memberitahu anda jika ada suatu belokan ataupun rute yang anda tempuh tidak sesuai dengan track yang sudah anda buat sebelumnya.

    Tampilan GPS Navigasi terbagi menjadi 2, yaitu dengan tampilan 2D dan juga 3D. Meskipun sejatinya tampilan GPS 2D hampir sama dengan peta sedangkan 3D sudah menyerupai suatu navigator, mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. Lalu adakah harga gps navigasi yang murah namun memiliki kualitas terbaik untuk sebuah mobil ? Jika anda sedang mencari gps dengan harga murah, GPS Multimedia jenis SF550B dapat menjadi suatu rekomendasi untuk anda. Selain murah GPS Multimedia jenis SF550B juga mudah untuk dipasang serta diaktifkan, cukup dengan input data maka GPS akan langsung memandu anda untuk menggunakan gps navigasi tersebut.

    Namun jika anda sudah membeli GPS navigator untuk mobil anda, janganlah lupa setiap 2 bulan sekali untuk melakukan pembaharuan peta pada gps tersebut. Selain itu ketika anda hendak membeli gps tracker mobil sebaiknya jangan terlalu percaya dengan GPS Tracker bermerk abal-abal. Meskipun harga gps tracker paling murah untuk merk abal - abal, tetaplah percayakan pada GPS Tracker bermerek terbaik dan paling bagus demi keamanan mobil anda dari kasus pencurian. Oleh karena itu performance-car-desaign kali ini akan memberikan beberapa rekomendasi alat pelacak mobil terbaik dengan harga murah tapi tidak murahan. Berikut harga gps mobil terbaik baik itu gps tracker ataupun gps navigasi akan kami ulas secara lengkap di bawah ini.

    Harga GPS Mobil Paling Terbaru 2017


    harga gps mobil


    Sebelum anda membeli suatu gps untuk mobil anda, kami akan mencoba berbagi kelebihan yang ada pada gps tersebut. Agar anda tidak menyesal di kemudian hari walaupun anda membeli gps mobil dengan harga cukup tinggi, berikut kelebihan yang ada pada suatu gps :

    1. Kelebihan dari GPS tracker

    • Hindari pencurian kendaraan
    • Hindari penyimpangan rute
    • Hindari pengiriman yang terlambatHindari kemungkinan penyalahgunaan kendaraan
    • Menambah efisiensi perusahaan

    2. Selain itu dapat digunakan tidak hanya untuk sebuah mobil, namun juga dapat di pasang pada :

    • Sepeda Motor
    • Mobil, Truk, Bis
    • Excavator dan Forklift
    • Kapal Laut, Speed Boat

    3. Accessories yang didapatkan :

    • satu Set kabel
    • satu set RELAY (untuk mematikan mesin kendaraan)
    • satu SOS Button
    • satu MIC untuk dengarkan perbincangan di dalam kabin


    baca juga :
    1. Cara Mengaktifkan GPS Navigasi Pada Mobil
    2. Cara Mudah Memasang GPS Tracker Di Mobil Sendiri

    4. Fitur yang ada pada GPS Tracker :

    • Memonitor kendaraan dengan cara RealTime dari penyedia GPS
    • Feature laporan detail, laporan kecepatan, jarak tempuh,jam kerja, serta lain-lain
    • GRATIS iuran serve
    • Input Volt : 9-36 vDC 90mA
    • Ada sensor ACC/deteksi engine on/off
    • Ada baterai cadangan apabila aki/power dilepas
    • Mematikan mesin via SMS
    • Posisi kendaraan secara RealTime via SMSGSM Quad-band
    • Memakai jaringan GPS dan GSM, serta GPRS
    • Chipset GPS yang benar-benar tanggapanif
    • Mencari dengan cara RealTime
    • Antena GSM serta GPS internal
    • Ada SOS button untuk situasi darurat
    • Ada feature sadap suara dalam kabin mobil


    Berikut ini adalah daftar harga gps pada mobil terupdate :


    • GPS Papago R6300T GPS Navigation Hitam Harga RP 1.599.000
    • GPS Wayway V270 DVR + SD 8GB Harga RP 719.000
    • GPS Papago GS310 DVR + SD 8 GB Harga RP 1.349.000
    • GPS Knav GPS Navigation with TV - Hitam Harga RP 999.000
    • GPS TomTom VIA 220 - 4.3" Harga RP 1.659.000
    • GPS Arkon Handlebar Mount - GPS032-R - Hitam Harga RP 379.000
    • GPS Papago Z1 GPS Navigation - Hitam Harga RP 1.588.000
    • GPS Wayway Q5035 GPS Navigation - Hitam Harga RP 1.599.000
    • GPS Wayway GEO P008 Portable GPS Tracker - Hitam Harga RP 899.000
    • GPS Papago Bracket GPS for Bike - Dudukan GPS Harga RP 89.000
    • GPS Arkon Mini Windshield Suction dan Air Vent Mount Kit dengan Universal Cradle - SM410 Harga RP 289.000
    • GPS GPS Papago GS110 DVR + SD 8 GB Harga RP 1.099.000
    • GPS Wayway Q4035 GPS Navigation - Hitam Harga RP 1.299.000
    • GPS Papago Wayway Q3033 - 3.5" Harga RP 949.000
    • GPS Papago SuperGrip - Tatakan GPS - Hitam Harga RP 89.000
    • GPS Arkon Mega Grip Flat Surface Mount untuk Smartphones - SM478 Harga RP 319.000
    • GPS Knav GPS Navigation with TV - Putih Harga RP 999.000
    • GPS Holux AR-10 Reradiating GPS Antenna - Hitam Harga RP 700.000
    • GPS Papago P1 Pro DVR + SD 8 GB Harga RP 1.699.000
    • GPS Papago GS350 DVR + SD 8 GB Harga RP 2.189.000
    • GPS TomTom GO 2050W - 5" - Harga Bluetooth RP 3.949.000
    • GPS TomTom GO 2050 - 5" - Bluetooth Harga RP 3.319.000
    • GPS TomTom VIA 620 - 6" Harga RP 2.649.000
    • GPS Papago Charger Mobil 1 to 4 RP 89.000
    • GPS Tomtom USB Home Charger Harga RP 295.000
    • GPS Arkon Windshield atau Dashboard Smartphone Car Mount - SM714-R Harga RP 229.000
    • GPS Arkon Removable Sticky Dash Mount Pad Arrow Shaped - SDP002 Harga RP 249.000
    • GPS Garmin GPS 62s - 2.6" - Hitam dan Merah Harga RP 3.505.000
    • GPS Papago WayWay Q4035 - 4.3" Harga RP 1.299.000


    Jangan ragu dengan harga gps mobil yang mahal karena pada harga yang mahal tersebut di bagi menjadi dua, yaitu 50% untuk perangkat gps dan 50% yang lain untuk pelayanan service.

    Demikian pertemuan kita kali ini yang telah membahas harga alat pelacak mobil murah terbaik. Daftar harga gps diatas kami ambil yang paling murah dibandingkan jenis gps yang lain. Semoga artikel kami ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

    ARTIKEL TERBARU:

    ARTIKEL LAINYA:

      Direkomendasikan

      Cara Mengaktifkan GPS Navigasi Pada Mobil - Seputar Otomotif

      GPS mobil - Bagaimana cara mengaktifkan gps mobil pada mobil baik itu mobil pribadi ataupun mobil rental ? Tentu sekarang ini tidak jarang di setiap mobil tentu sudah banyak yang di pasang gps terlebih lagi untuk jenis mobil rental, para pemiliki bisnis sewa mobil pasti sudah tahu cara menggunakan gps navigasi maupun gps tracker di mobil mereka. Alat pelacak mobil atau Global Positioning System ( GPS ) sebenarnya dibedakan menjadi 2 dan memiliki fungsi gps pada mobil yang berbeda, dan berikut perbedaan dari gps tracker dengan gps navigasi berdasarkan fungsi gps mobil tersebut :

      1. GPS Tracker

      • GPS tracker memiliki fungsi utama sebagai alat untuk mengetahui dimana posisi mobil yang di kendarai dari tempat yang berbeda. Cara kerja gps tracker pada mobil adalah melacak posisi mobil / armada biasanya gps tracker banyak dipakai pada perusahaan transportasi seperti taksi, sehingga Bos dari perusahaan tersebut dapat mengetahui posisi mobil beserta kinerja sopir dari tempat yang lain. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika pada mobil pribadi anda pasang gps tracker tersebut, agar anda dapat mencari lokasi mobil yang hilang dari sinyal gps mobil tersebut.

      2. GPS Navigasi

      • Fungsi dari GPS navigasi adalah sebagai alat penunjuk jalan atau sebagai alat navigasi atau penunjuk arah. Cara kerja GPS navigasi mobil yaitu dengan mengandalkan sinyal dari satelit agar dapat selalu mendeteksi lokasi GPS setiap detiknya. Prinsip dasarnya seperti ini, GPS yang berada di dalam mobil secara otomatis satelit akan memantau setiap laju mobil itu sendiri kemudian gps akan menangkap sinyal lalu akan divisualisasikan dalam bentuk peta yang sudah terinstal pada device / alat (monitor GPS).

      Prinsip dasarnya seorang pengemudi untuk mengetahui posisi mobil sekarang (realtime) biasanya alat yang digunakan ialah gps navigasi. Dengan menghidupkan gps navigasi dapat mempermudah pengemudi untuk mencari lokasi tempat tujuan yang belum pernah dia kunjungi, dengan memasukan nama lokasi maka secara otomatis gps navigasi akan memberikan rutenya. Bagi mobil yang sudah di instal gps di tv mobil tersebut, jika rute perjalanan anda salah maka anda akan diberi tahu oleh sistem sofware gps navigasi tersebut. GPS navigasi akan terlihat pada monitor mobil anda dalam bentuk 2D ataupun 3D karena itu semua tergantung dari jenis navigasi yang anda miliki. Agar GPS navigasi dapat optimal untuk digunakan sebaiknya monitor gps diposisikan pada tempat yang tidak menggangu konsentarasi mengemudi serta pada tempat yang mudah dilihat.

      Cara Mengaktifkan GPS Navigasi Pada Mobil


      Cara menggunakan gps navigasi pada mobil

      Sebelum kita mulai membahas cara mengaktifkan gps navigasi pada mobil, langkah yang harus anda penuhi sebelumnya adalah mobil anda sudah terpasang gps terlebih dahulu. Jika anda belum memiliki alat pelacak perjalanan tersebut, anda dapat membeli gps navigasi mobil dengan kisaran harga mulai dari 2.5 sampai 5 juta. Namun anda tidak perlu cemas karena gps navigasi mobil dengan merk - merk cina masih memiliki harga yang cukup murah sekitar 400 sampai 700 ribuan. Langsung saja mari kita ikuti cara membuat jalur perjalanan menggunakan gps navigasi mobil dengan mudah di bawah ini.

      Cara mengoperasikan GPS navigasi pada mobil dan langkah - langkahnya sebagai berikut :


      1. Pertama - tama nyalakan GPS dengan menekan tombol on.
      2. Mendeteksi posisi mobil yang kita kendarai dengan cara menekan lingkaran yang ada pada monitor supaya GPS mengirimkan sinyal ke satelit.
      3. Masukan nama tempat tujuan anda dengan cara mengetik lokasi yang akan anda tuju pada icons "search" pada layar LED GPS (sebagai contoh, bandara A.Yani Semarang). Kemudian tekan enter atau search dan tunggu sekitar 1 - 2 detik karena GPS akan mencari alamat tersebut, apabila lokasi sudah ditemukan kita akan mendapat notifikasi untuk mengkonfirmasi apakah tujuan sudah benar atau belum.
      4. Pembuatan track yang akan anda lewati dengan menekan pilihan "buat rute". Setelah itu komputer GPS akan menampilakan peta lengkap perjalanan anda dengan membuat rute yang paling dekat dan beberapa rute alternatif lain.
      5. Langkah terakhir untuk mengaktifkan gps navigasi di mobil adalah dengan menekan pilihan "mulai". Maka setelah itu anda mulai dapat mengemudi mobil dengan dilengkapi adanya navigasi perjalanan anda.

      Perlu anda ketahui : Saat anda membeli suatu gps untuk mobil, sebaiknya minta untuk instal peta pada penjual karena terkadang ada beberapa gps yang belum terdapat software peta pada gps navigasi tersebut.

      baca juga :
      Cara Mudah Memasang GPS Tracker Pada Mobil Sendiri
      Cara Membersihkan Bekas Stiker Pada Bodi Mobil / Motor

      Demikan artikel kami kali ini yang baru saja mengulas tentang bagaimana cara menggunakan gps navigasi pada mobil avanza, xenia ataupun mobil merk lainnya. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu anda dalam mengoperasikan gps di mobil anda, sekian dan terima kasih ..

      ARTIKEL TERBARU:

      ARTIKEL LAINYA:

        Direkomendasikan