Cara Membersihkan Bekas Stiker Pada Bodi Motor / Mobil - Seputar Otomotif

Cara menghilangkan bekas stiker - Bagaimana cara menghilangkan bekas stiker di bodi mobil ataupun sepeda motor ? Tentu anda pernah mengalami suatu hal baik itu disengaja maupun tidak bodi dan kaca mobil atau mungkin juga sepeda motor kita ditempel dengan stiker, setelah itu kita akan menjadi kesulitan akan cara melepas stiker pada kaca mobil / bodi motor tersebut. Dan menjengkelkannya lagi adalah stiker yang dipasang pada mobil kita itu dipasang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab karena ingin menempelkan stiker - stiker promosi produk, andai mereka tahu sangat sulit untuk melepas stiker pada mobil dan sering kali terdapat sisa - sisa bekas lem dari stiker yang tidak dapat dengan mudah hilang pada bodi atau kaca mobil jika kita tidak benar - benar membersihkan bekas lem tersebut. Dari semua itu yang paling parah apabila cara membersihkan stiker kita lakukan dengan tidak berhati - hati maka akan menyebabkan kerusakan pada cat bodi mobil.

Untuk melepaskan stiker pada kaca mobil dan bodi mobil sebenarnya tidaklah terlalu sulit, namun apabila cara melepas stiker yang lengket anda lakukan dengan langkah yang tidak benar dan kurang hati - hati maka dapat mengakibatkan bodi mobil anda akan mendapatan goresan pada bagian permukaan mobil. Cara menghilangkan stiker pada kaca mobil dan pada bodi mobil itu perlu untuk kita ketahui, sebab jika kita tidak mengetahui cara membersihkan bekas lem stiker di kaca mobil tersebut tidak maka akan membuat rusak pada bagian bodi dan kaca mobil kita.

Jika anda bertanya mengenai masalah cara melepas stiker scotlight atau stiker cutting atau skotlet maupun
stiker lainnya yang menempel pada body mobil maupun motor anda, disinilah tempatnya karena pada pertemuan kali ini performace-car-desaign akan mengupas probelm tersebut. Kami akan membagikan tips menghilangkan stiker di mobil dan motor menggunakan cara yang berbeda - beda tergantung pada jenis stiker terbuat dari bahan tertentu. Untuk lebih jelasnya tentang cara menghilangkan bekas lem di body mobil mari kita lihat ulasan dibawah ini.

Cara Membersihkan Bekas Stiker Pada Bodi Motor / Mobil - Seputar Otomotif

cara menghilangkan bekas stiker


Cara melepas stiker berbahan kertas yang menepel pada bodi mobil


Biasanya sarana yang kita butuhkan untuk mencopot stiker dengan bahan kertas yaitu dengan menggunakan air sabun. Dan cara melepasnya adalah :
  1. Pertama - tama gunakan ai sabun untuk membasahi permukaan stiker kertas tersebut.
  2. Kemudian gosok pelan - pelan memakai kain basah sampai sisa - sisa perekat lem yang ada pada stiker kertas tersebut terlepas. 
  3. Lalu pastikan tidak ada bekas perekat stiker kertas yang tertinggal / tidak anda bersihkan karena akan mengakibatkan kotoran atau debu malah menempel sehingga semikin sulit untuk kita bersihkan.

Cara melepas stiker berbahan vynil yang menepel pada bodi mobil


Sebenarnya untuk melepaskan stiker yang terbuat dari vynil tidaklah begitu sulit, sebab dengan mencukil menggunakan kuku saja anda sudah dapat melepasnya. Jika stiker tersebut memiliki dimensi yang cukup besar, ada baiknya cara melepas stiker tersebut dilakukan dari dua sisi atau dua arah yang berlawanan.

Cara melepas stiker berbahan plastik / scotlight yang menepel pada bodi mobil


Stiker yang terbuat dari bahan plastik atau yang sering kita kenal dengan sebutan scotlight memiliki dua cara untuk melepaskannya, yaitu dengan menggunakan minyak kayu putih dan menggunakan korek api. Berikut cara melepas stiker scotlite agar kaca maupun bodi mobil kita bersih dari bekas lem :

1. Cara membersihkan stiker skotlet menggunakan minyak kayu putih

Cara melepas stiker scotlight selain dengan menggunakan minyak kayu putih kita juga dapat menggunakan bahan yang lain seperti memakai minyak tanah ataupun bensin. Dan cara melepaskannya adalah :
  1. Gunakan salah satu dari ketiga bahan tersebut seperti minyak kayu putih, minyak tanah atau bensin untuk membasahi permukaan scotlite yang akan kita lepas tersebut.
  2. Setelah itu tutup dengan plasik dan rekatkan dengan menggunakan selotip pada bagian mobil / motor yang terkena bekas stiker, dengan tujuan supaya uap dari minyak kayu putih , minyak tanah maupun bensin dapat diserap di permukaan dalam stiker. 
  3. Langkah selanjutnya anda perlu menunggu kira-kira sampai 10 menit. Apabila stiker sudah tampak lunak, lalu lepas stiker secara perlahan dari ujung kanan atas ke kiri bawah.

2. Cara membersihkan stiker skotlet menggunakan korek api atau hair dryer

Langkah yang harus dilakukan untuk melepas stiker dengan menggunakan korek api adalah :
  1. Tempelkan nyala api pada korek api atau arahkan hair dryer pada permukaan stiker skotler secara merata agar semua bagian permukaan skotlet terkena panas. 
  2. Pemanasan ini dilakukan dengan tujuan agar perekat atau lem pada stiker skotlet menjadi lunak dan mengkerut. 
  3. Apabila stiker scotlight sudah mulai terlihat mengkerut dan lunak, lalu anda dapat melepas stiker menggunakan kuku ataupun silet. Namun lakukan proses ini dengan hati - hati karena dapat mengakibatkan cat bodi mobil anda menjadi tergores.

Akan tetapi jika anda sudah dapat melepas stiker tersebut dari bodi mobil anda, terkadang masih ada sisa - sisa bekas lem perekat dari stiker yang mana jika kita bersihkan malah membuat bodi mobil / motor kita menjadi terlihat busam. Lalu bagaimana cara kita membersihkan bekas lem stiker tersebut ? 
 
baca juga :

Tips membersihkan bekas lem / perekat stiker pada mobil maupun sepeda motor


Cara yang dilakukan untuk membersihkan bekas lem stiker adalah :
  1. Pertama - tama gunakan compon untuk memoles bodi mobil.
  2. Kemudian tambahkan car polish ataupun cairan wax setelah memoles mobil dengan compon supaya body mobil telihat lebih kinclong dan bagus.
  3. Langkah selanjutnya lap dengan menggunakan lap mikrofiber atau kain serat halus yang biasa digunakan khusus untuk lap mobil yang digerakkan dengan gerakan berputar searah. 

Demikian tips menghilangkan stiker pada bodi mobil yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kita kali ini. Semoga dengan cara diatas bodi / kaca baik itu mobil maupun motor dapat terhindar dari kotoran bekas lem perekat stiker, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan