7 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan - AUTOMOTIFE

7 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

Kaca mobil berembun -  Bagaimana cara mengatasi kaca mobil berembun saat hujan di malam hari ? Sebagai pengendara sebuah mobil tentu kita pernah mengalami kejadian dimana kaca mobil berembun saat malam ketika hujan turun ataupun saat ac mobil dihidupkan. Embun di kaca mobil tersebut tentu akan mengakibatkan kaca mobil menjadi buram sehingga menghalangi pandangan kita saat mengemudi di malam hari terlebih lagi saat turun hujan di malam hari. Jika sudah terjadi hal seperti itu tentu mau tidak mau kita harus membersihkan kaca mobil  dari embun yang ada agar pandangan dapat terlihat dengan jelas.

Penyebab kaca mobil ngembun di saat turun hujan ketika malam hari disebabkan karena penurunan suhu (suhu di luar lebih dingin dibandingkan suhu di dalam). Meskipun demikian terkadang ketika hujan turun kaca mobil masih berembun saat ac nyala. Lantas jika seperti itu lalu bagaimana cara menghilangkan embun di kaca mobil bagian luar ataupun bagiana dalam saat malam hari turun hujan tersebut ? Jika hujan di dalam mobil malam hari kita biarkan secara terus menerus embun muncul di kaca mobil yang kita miliki, selain akan menggangu pandangan yang perlu untuk kita waspadai adalah kaca mobil menjadi cepat buram dan muncul jamur pada kaca mobil tersebut.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Seputar Otomotif akan mencoba berbagi tips agar kaca mobil tidak berembun saat hujan yang dapat kita lakukan sendiri. Untuk mengatasi kaca mobil sering berembun saat malam atau buram ketika turun hujan dapat dilakukan dengan memberikan cairan pembersih embun kaca mobil. Namun sebelum itu kita harus mengetahui nama pembersih kaca mobil saat hujan tersebut terlebih dahulu dan harga dari pembersih embun kaca mobil tersebut. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita mencoba terlebih dahulu cara membersihkan kaca mobil berembun saat hujan dengan mudah secara lengkap di bawah ini.

7 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Saat Hujan

cara mengatasi kaca mobil berembun saat hujan

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai cara menghilangkan embun pada kaca mobil saat turun hujan alangkah lebih baiknya jika terlebih dahulu kita melihat langkah pencegahan agar kaca mobil tidak cepat buram di bawah ini. Cara pencegahan supaya kaca mobil agar tidak cepat buram yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut :

  • Jangan biasakan parkir mobil di tempat yang terlalu terik
  • Sebelum kita menghidupkan AC setelah mobil parkir pada tempat yang terik alangkah lebih baiknya jika kita terlebih dahulu untuk membiasakan membuka seluruh kaca meski hanya beberapa menit
  • Usahakan untuk rutin membersihkan dan menjemur karpet pada dek mobil selama beberapa jam, hal ini dikarenakan karpet masih masih membawa air atau bahan lain yang berair meskipun terbuat dari bahan karet atau bahan lain yang kedap air
  • Jangan sering menggunakan lap yang dicelup air untuk membersihkan kaca mobil bagian dalam. Bila hal itu telah terlanjur Anda lakukan, maka setelah mobil di cuci usahakan untuk membuka seluruh kaca hingga udara di kabin benar-benar kering

Tips Menghilangkan Kaca Mobil Berembun Dengan Mudah Dan Cepat


1. Nyalakan AC

  • Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya bahwa penyebab kaca mobil berembun saat hujan adalah karena suhu dalam kabin mobil lebih tinggi di banding dengan suhu di luar ruangan maka langkah mudah agar kaca mobil tidak berembun saat hujan adalah dengan membuat suhu dalam kabin mobil harus lebih rendah di banding dengan suhu di luar ruangan. Maka cara terbaik untuk menghilangkan embun pada kaca mobil adalah dengan menyalakan AC agar suhu dalam kabin mobil lebih dingin.

2. Atur arah AC 

  • Selain menghidupkan AC ternyata agar embun pada kaca cepat hilang, kita juga harus mengatur posisi arah AC sedemikian rupa. Membuat tiupan AC menjadi lebih besar dan mencapai kaca depan adalah cara mengatasi kaca mobil sering berembun saat hujan apabila posisi arah AC tidak bisa mengarah ke kaca mobil. Perlu untu kita ketahui bahwa ventilator akan sering tersangkut apabila pengaturan AC mobil tidak tepat terlebih lagi pada mobil yang ventilatornya jarang di gunakan.

3. Gunakan defogger

  • Defogger merupakan sebatang garis emas yang biasanya terdapat pada bagian atas kaca mobil bagian belakang dimana garis ini hanya akan berfungsi apabila hujan datang. Selain defogger, ada juga defogger reair kit. Defogger repair kit sendiri merupakan cairan yang menyerupai cat kuku, dimana cairan ini berfungsi untuk menstabilkan suhu kaca belakang. Untuk carapenggunaannya sendiri cukup dengan di oleskan pada kaca dan tunggu beberapa saat hingga cairan mengering. Namun sayangnya defogger biasanya hanya di pasang pada kaca belakang mobil kelas premium.

Selain dari ketiga cara di atas, di bawah ini juga masih ada beberapa cara membersihkan kaca mobil buram saat hujan yang bisa untuk kita coba diantaranya :

Gunakan Shampo Rambut

  • Pertama - tama oleskan sedikit cairan itu di kaca mobil bagian dalam, namun perlu untuk kita ingat jangan dicampur air terlebih dahulu
  • Setelah itu bersihkan kaca menggunakan lap pada kaca yang telah diolesi shampo itu dengan lap kanebo yang sedikit lembab (jangan bercampur air)
  • Cara membersihkannya kita harus mengelapnya secara searah, supaya kaca mobil tidak buram
  • Apabila hujan telah reda dan cuaca kembali cerah maka segera bersihkan kaca mobil yang kita miliki dari shampo dengan menggunakan lap hingga bersih

Gunakan Cairan Anti Kabut

  • Pertama - tama semprotkan cairan anti kabut ke kaca bagian dalam
  • Setelah itu diamkan beberapa saat
  • Kemudian lap dengan kain lembut yang kering dengan gerakkan searah beberapa kali
  • Anda dapat menemukan cairan ini di toko perlengkapan mobil banyak dijual cairan anti kabut atau defogger

baca juga :
  1. Cara Mengatasi Mobil Distarter Tidak Bisa Hidup
  2. Tips Mencuci Mobil Warna Hitam Agar Tetap Mengkilap

Gunakan Tembakau Rokok

  • Manfaatkan tembakau rokok Anda atau tembakau lainnya.
  • Penggunaannya jangan diusap terlalu keras karena dikhawatirkan ada campuran potongan cengkeh pada taburan tembakau rokok yang bisa menggores kaca mobil anda.

Buka Sedikit Kaca Mobil

  • Membuka sedikit kaca mobil ini bertujuan agar suhu ruangan di dalam dapat sama dengan suhu di luar

Demikian langkah - langkah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai tips agar kaca mobil tidak berembun saat hujan. Semoga langkah - langkah di atas dapat membantu kita untuk menghilangkan embun pada kaca mobil yang kita miliki saat di malam hari yang turun hujan. Sekian dan terima kasih, salam satu aspal ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan