Tips "Paking" Knalpot Motor Bocor Lengkap Dengan Cara Mendeteksi Kebocorannya

Paking knalpot bocor - Bagaimana cara mengatasi knalpot motor yang bocor ? Hal yang sering terjadi ketika sambungan knalpot motor bocor adalah karena telah terjadinya suatu perubahan pada bagian paking knalpot pada bagian leher knalpot. Perubahan bentuk pada paking knalpot sepeda motor yang seperti penyok, gepeng, mengecil maupun keropos dapat menimbulkan munculnya celah pada klem yang menjepit packing tersebut. Alhasil melalui celah tersebut terdapat suatu kebocoran yang mengakibatkan bafel, defuser, dan filter tidak dapat di aliri secara lancar oleh gas buang yang dihasilkan oleh mesin motor.

Memang dalam kenyataannya untuk bisa mendeteksi kebocoran pada knalpot motor bukan suatu perkara yang mudah. Bocornya gas buang pada knalpot motor tersebut sangat sulit untuk dideteksi karena gas buang yang keluar dari celah lubang knalpot sangatlah tipis sehinga sulit untuk dilihat dan dirasakan. Lalu seperti apakah ciri ciri knalpot motor bocor yang terjadi karena paking knalpot mulai rusak ? Terlebih lagi jika tarikan motor masih seperti biasa dan suara knalpot tidak mengalami perubahan tentu akan lebih mempersulit untuk mengetahui lokasi kebocorannya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami Seputar Otomotif akan mencoba memberikan beberapa solusi untuk memperbaiki knalpot motor bocor. Cara termudah untuk mengetahui knalpot motor yang ngobos yaitu dengan mendeteksi perubahan power yang dihasilkan. Biasanya jika knalpot motor bocor akan terjadi perubahan pada top speed yang mulai kurang bertenaga karena turbulensi-nya kurang optimal dan gas buangnya terlalu los. Agar lebih jelasnya, mari langsung saja kita simak ulasan mengenai cara memperbaiki knalpot motor bocor pada sambungan secara lengkap di bawah ini.

Tips "Paking" Knalpot Motor Bocor Lengkap Dengan Cara Mendeteksi Kebocorannya

cara mengatasi paking knalpot bocor

Setelah melakukan survei, kami peroleh beberapa tanda tanda adanya kebocoran paking knalpot. Berikut ini merupakan ciri ciri yang menandakan kerusakan pada knalpot motor, diantaranya :

  • Terkadang terdengar suara knalpot nembak saat kita menutup gas
  • Pada bagian leher knalpot, terdengar suara udara yang halus
  • Untuk memastikan apakah knalpot motor yang kita miliki bocor atau tidak, coba tutup ujung knalpot dengan kain lalu diiringi sesekali dengan menarik gas. Apabila terdengar suara ngosos di leher knalpot sudah dipastikan packing bocor, kondisi paling parah adalah sudah keropos di bagian leher knalpot motor tersebut

Setelah melihat ciri - ciri knalpot motor bocor karena paking yang rusak diatas, mengganti bagian packing leher knalpot stainless steel dengan yang baru adalah cara termudah untuk memperbaiki masalah knalpot motor yang bocor tersebut. Agar bagian paking dapat lebih mudah tersambung dengan rapat ketika dipasang alangkah lebih baiknya jika kita memilih packing leher model ring spy berbahan alumunium.

Sebaiknya kita segera mengatasi masalah knalpot yang bocor tersebut sebab jika kita biarkan berlarut - larut akan memberikan dampak yang tidak baik pada performa motor kita. Konsumsi bahan bakar berlebih serta menurunnya tenaga mesin motor merupakan salah satu akibat knalpot sepeda motor yang bocor. Disamping itu, membiarkan knalpot motor bocor juga dapat mengakibatkan mesin motor akan mengalami panas yang berlebih / over heating.

Tips untuk memperbaiki knalpot motor bocor


Setelah membaca ulasan diatas, kami menarik kesimpulan bahwa sangatlah penting untuk segera mengatasi kebocoran pada sambungan knalpot motor yang kita miliki. Oleh karenanya berikut ini akan kami berikan beberapa cara untuk memperbaiki knalpot motor yang bocor tersebut, diantaranya adalah :

1. Alumunium Foil 
cara mengatasi paking knalpot bocor


Perlu untuk kita ketahui apabila kita sedang mencari suatu bahan yang akan digunakan untuk mengganjal paking knalpot, maka alumunium foil adalah pilihan yang tepat karena tahan terhadap panas. Untuk memperbaiki knalpot motor yang bocor menggunakan alumunium foil tersebut, kita dapat melakukannya dengan langkah - langkah sebagai berikut :
  • Lipat kertas alumunium foil ini sehingga membentuk tali.
  • Kemudian bulatkan membentuk lingkaran. 
  • Setelah itu pasang bulatan ini di antara bagian paking dan pipa knalpot sedemikian rupa.

2. Lem Besi
cara memperbaiki paking knalpot bocor



Selain menggunakan alumunium foil, ternyata lem besi juga dapat digunakan untuk memperbaiki knalpot motor yang bocor. Langkah - langkah yang perlu untuk kita lakukan adalah :
  • Sebelum lem diterapkan, pastikan permukaan knalpot yang akan dilem benar-benar kering terlebih dahulu.
  • Berikutnya campurkan lem hitam dan lem putih secara merata
  • Kemudian tempelkan segera pada bidang yang bocor. 
  • Agar hasilnya lebih maksimal, kita dapat meratakan lapisan lem tersebut memakai tangan. 
  • Tunggu beberapa saat sampai lem 

baca juga :
  1. Tips Membersihkan Bagian Dalam Knalpot Agar Tarikan Lebih Enteng
  2. Cara Mengatasi Knalpot Motor Satria F Sering Nembak

3.  Seal Tape Alumunium
cara memperbaiki paking knalpot bocor



Sebenarnya seal tape alumunium ini sering digunakan untuk menambal kebocoran pada atap, wajan, panci, dan sebagainya akan tetapi menggunakan plester penambal alumunium ini juga cukup baik untuk mengatasi masalah knalpot yang bocor. Akan tetapi lebih baiknya lagi jika kita bisa mendapatkan Aluminium Muffler Tape yang memang dibuat khusus untuk menambal knalpot. Berikut cara menambal knalpot motor bocor yang bisa kita lakukan sendiri, diantaranya :
  • Pertama - tama lepas kertas penutup perekat yang ada di belakang lembaran alumunium ini terlebih dahulu.
  • Setelah itu, tempelkan lembaran tersebut tepat pada lubang yang ada di knalpot untuk menutupinya. 
  • Lalu nyalakan sepeda motor selama 25-30 menit supaya Aluminium Muffler Tape ini terkena panas yang tinggi sehingga akan merekat secara permanen.

4.  Plastik Steel

Plastik steel juga bisa dipakai untuk menutupi kebocoran pada knalpot motor. Caranya aplikasikanlah bahan ini tepat pada bagian knalpot yang bocor. Jangan khawatir kalau bekas tambalan ini tidak dapat dibersihkan, sebab kita tetap bisa menghilangkannya dengan mencongkel sedikit saja.

Demikian tips ketika kita sedang mengalami masalah knalpot bocor yang dikarenakan oleh rusaknya paking knalpot motor. Semoga artikel kami pada pertemuan kali ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan