Knalpot Motor Satria F Sering Nembak ? Atasi Dengan Cara Ini !! - AUTOMOTIFE

Knalpot Motor Satria F Sering Nembak ? Atasi Dengan Cara Ini !!

Knalpot nembak pada satria fu - Bagaimana cara mengatasi knalpot nembak pada motor satria fu 150 ? Knalpot nembak merupakan masalah yang sering terjadi pada setiap motor, baik itu motor matic ataupun motor bebek dan juga motor sport dengan sistem pembakaran karburator maupun injeksi. Sering kali kejadian knalpot nembak motor injeksi terjadi pada saat gas dilepas ataupun ketika menghidupkan motor menggunakan kick starter. Tentu masalah seperti knalpot nembak - nembak tersebut tidak bisa kita abaikan begitu saja apalagi harus menunggu sampai knalpot motor satria f nembak dan keluar api.

Mungkin diantara kita beranggapan bahwa masalah knalpot motor nembak saat gas dilepas pada satria fu merupakan masalah yang biasa - biasa saja. Namun jika kita terlalu lama membiarkan munculnya suara ledakan pada knalpot satria f 150 baik karburator maupun injeksi akan berdampak buruk pada mesin motor satria yang kita miliki tersebut. Oleh karena itu kita perlu segera mencari tahu apa penyebab knalpot satria fu nembak dan bagaimana cara memperbaiki knalpot nembak2 di motor satria fu tersebut. Sebab jika kita biarkan begitu saja knalpot nembak tersebut tidak hanya terjadi saat gas dilepas saja melainkan akan terjadi di rpm tinggi, knalpot nembak saat deselerasi dan juga ketika mesin mati.

Tidak normalnya pembakaran bahan bakar yang ditandai dengan suara knalpot nembak pada satria fu pada rpm tinggi dan terkadang keluar api inilah yang dinamakan dengan knocking. Ignition timing kurang tepat, detonation dan pre ignition, serta oktan bahan bakar yang sering menjadi penyebab knalpot nembak2 pada motor satria f 150cc. Namun jika kita membiarkan suara ledakan pada knalpot motor selama berlarut - larut maka akan mmberikan dampak yang buruk pada mesin satria f yang kita miliki tersebut. Oleh karena itu Seputar Otomotif kali ini akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi knalpot motor nembak dan keluar api secara lengkap pada ulasan dibawah ini.

Knalpot Motor Satria F Sering Nembak ? Atasi Dengan Cara Ini !!

cara mangatasi knalpot nembak satria fu



Suara knalpot motor yang nembak inipun tidak hanya terjadi pada saat motor melaju di kecepatan tinggi namun terkadang masalah seperti ini juga terjadi pada saat knalpot motor nembak saat gas dilepas, knalpot nembak saat kick starter dan juga knalpot nembak saat tutup gas. Jadi anda tidak perlu kaget jika saat berkendara tarikan gas yang tadinya kenceng tiba - tiba turun drastis sehingga suara meledak pada knalpot inipun muncul. Dan tahukah anda efek dari knalpot motor nembak ini jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama ?

Terkadang kerusakan pada bagian connecting rod, piston dan bagian mesin lainnya dapat ditimbulkan dari bunyi ledakan yang disertai dengan getaran yang cukup kencang. Selain itu jika kita membiarkan knalpot racing nembak dari motor fu 150 milik anda tentu akan mengganggu kenyamanan masyarakat disekitar kita. Oleh karena itu sebelum kita mengulas lebih jauh cara memperbaiki suara nembak pada knalpot, sebaiknya jika kita ketahui terlebih dahulu penyebab suara nembak pada knalpot motor satria 150cc tersebut.

Penyebab klapot satria fu nembak


1. Detonation dan Pre Ignition

Penyebab suara nembak pada knalpot motor satria f yang pertama adalah karena terjadinya Detonation dan Pre Ignition. Detonation sendiri memiliki arti dimana tidak sempurnanya campuran udara pada bahan bakar dengan kata lain pembakaran sudah terjadi sebelum busi motor bekerja. Terjadinya pembakaran prematur ini menimbulkan suatu tekanan dalam ruang bakar sehingga melepaskan suara yang kencang.

Sedangkan pre ignition sendiri adalah tekanan dan temperatur pada ruang bakar terlalu tinggi atau oktan bahan bakar yang rendah dimana akan berdampak bahan bakar tersebut dapat terbakar dengan sendirinya sebelum bunga api terjadi karena hasil kinerja busi. Dengan kata lain hal yang membedakan antara Detonation dengan Pre Ignition adalah pada bagian pembakarannya.

Oleh karena itu knocking akan dapat terjadi jika anda mengisi bahan bakar pada motor dimana motor tersebut harus diisi dengan menggunakan bahan bakar dengan oktan sedang atau besar namun anda berikan oktan kecil. Jadi jika anda pernah mendengar pencampuran bahan bakar akan memberikan dampak yang positif, itu semua tidak selalu benar karena pencampuran tersebut tidak membawa efek apapun.

2. Air Injection System (AIS)

Lalu penyebab knalpot motor nembak dan keluar api selanjutnya yang sering terjadi khusunya pada motor satria fu injeksi adalah suara ledakan yang berasal dari AIS (Air Injection System). Sebenarnya Air Injection System ini memiliki fungsi sebagai pengurang kepekatan pada gas buang dengan cara menginjeksikan O2 ke ruang bakar, dengan kata lain campuran O2 dari AIS ini mampu menetralkan pembakaran yang kurang sempurna. Jadi apabila gas sisa pembakaran yang tidak ikut keluar melalui gas buang pada motor injeksi akan menimbulkan tekanan dan suara seperti letupan atau ledakan atau nembak.

3. Packing yang kurang baik

Penyebab knalpot nembak fu selanjutnya berasal dari packing knalpot motor yang kurang baik. Sering kali kerusakan knalpot motor terjadi pada saat pengiriman yang mana dapat mengakibatkan gas buang akan mengalami kebocoran dan menimbulkan suara ledakan.

4. Karet vacum yang mengeras

Tentu kita megetahui karet vacum memiliki fugsi untuk membuka lubang venturi saat skep naik. Apabila karet vacum ini mengeras maka akan berdampak pada proses pembukaan yang kurang maksimal dan dapat mengakibatkan mampet atau tertahan. Cara memperbaiki untuk karet vacum yang sudah mulai mengeras ini adalah dengan mengganti karet vacum yang baru, bila perlu ganti yang original atau yang berkualitas bagus. Karet Vacum ini sendiri mengeras dikarenakan panas mesin yang berlebihan atau seringnya terkena cipratan dari bahan bakar.

Selain penyebab knalpot muncul suara meledak dan nembak2 diatas, penyebab lain yang mungkin dapat terjadi adalah :

  • Penyebab knalpot nembak dan keluar api karena setelan angin - angin pada karburator yang kurang tepat. Anjuran pabrik, kerenggangan celah busi standar Satria FU adalah 0,7-0,8 mm. Namun entah karena sengaja dirapetin atau karena pemakaian serta jarang dicek, tak jarang kerenggangan berubah menjadi lebih rapat atau sebaliknya.
  • Penyebab knalpot nembak karena kondisi dari piranti knalpot yang tidak standart.
  • Penyebab knalpot nembak saat kick starter karena kondisi busi yang tidak layak pakai.

Setelah kita mengetahui penyebab knalpot nembak pada motor satria fu tersebut maka diharapkan kita dapat mengatasi masalah knalpot nembak tersebut berdasarkan penyebab yang ada. Sebab jika kita salah dalam melakukan perbaikan tentu malah akan menambah masalah yang ada. Untuk itu mari kita lihat bagaimana cara memperbaiki memperbaiki suara knalpot nembak pada motor satria f 150cc secara lengkap dibawah ini.

Cara memperbaiki knalpot nembak pada satria fu


1. Periksa kondisi busi

  • Cek kelayakan busi pada setiap kali kamu melakukan perawata atau service motor, usahakan selalu mengecek kondisi kelayakan dari busi motor kamu. Jika sudah tidak layak pakai, segera ganti dengan busi yang baru. Kelayakan sebuah busi normalnya adalah tiap 6000 km harus diganti. Kemudian jangan sampai lupa untuk melakukan pengaturan ulang gap busi menjadi 0.7 mm menggunakan fuller gauge.

2. Periksa setelan karburator

  • Kita lihat pada bagian karburator dan teman-temannya. Cek setelan pada pilot screw atau angin-angin pada karburator. Pada penyetelan ini disarankan sesuai dengan standart motor yaitu 2 sampai 3 putaran atau sesuai dengan kebutuhan dan kriteria motor kamu. Bawaan pabrik, tunggangan berlambang S ini karburatornya dibekali pilot jet (PJ) ukuran 12,5. Efeknya ada yang mengeluh pada putaran bawah agak brebet serta timbul gejala nembak-nembak dari lubang knalpot saat puntiran gas dilepas. Itu karena lubangnya kekecilan, sehingga konsumsi bensin ke ruang bakar agak tercekik (irit). Hal ini banyak dialami pembesut Satria F yang datang ke sini. Solusinya, lepas PJ orisinalnya pakai obeng min kemudian ganti dengan PJ ukuran lebih besar, yakni 17,5.

baca juga :

  1. Daftar Harga Motor Satria Fu Baru dan Bekas Di Tahun 2017
  2. Daftar Oli Terbaik Satria Fu Untuk Meningkatkan Performa Mesin

3. Periksa filter udara

  • Lakukan checking juga pada filter udara. Filter udara ini berfungsi untuk menyaring udara yang kotor agar tidak menghambat saluran udara ke karburator. Kelayakan dari filte udara ini biasanya sampai 15.000 km. Beberapa jenis motor ada yang menggunakan filter udara dengan tipe basah dan kering. Jika motor kamu menggunakan filter udara dengan elemen kering, kamu cukup menyemprotkan filter tersebut menggunakan kompresor, tapi jika memang sudah sangat kotor lebih baik ganti yang baru. Nah, untuk filter dengan elemen basah, ketika sudah mencapai 15.000 km alangkah baiknya langsung diganti, karena elemen basah tidak bisa disemprot dengan mudah.

4. Periksa Air Injection System (AIS)


  • Rutin lakukan pengecekan pada AIS bila perlu. Kesalahan yang sering terjadi pada AIS biasanya terjadi pada membran yang suka error. Solusi untuk mengatasi hal ini sebenarnya mudah, kita cukup menutup selang AIS yang menuju ke lubang buang.

5.  Lakukan perawatan secara rutin

  • Rutin lakukan service berkala pada motor kamu, agar bisa mengetahu gejala atau penyakit apa yang diderita sama motor kamu. Dengan service rutin, motor kamu juga bakalan terawat dengan baik serta kemampuannya pun tetap terjaga.

Demikian artikel kami kali ini yang baru saja telah kita bahas mengenai solusi dan penyebab knalpot nembak dan keluar api. Semoga artikel kami diatas dapat membantu anda yang selama ini telah mengalami masalah knalpot nembak sehingga performa motor satri fu anda menjadi berkurang. Sekian dan terima kasih atas kunjungan anda pada situs kami ini dan mohon maaf jika ada kata serta cara penanganan yang kurang sesuai bagi anda. Salam otomotif ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan