Tips Mengatasi Mobil Mogok di Jalan Tol - AUTOMOTIFE

Tips Mengatasi Mobil Mogok di Jalan Tol

Mobil mogok - Langkah apa yang harus kita lakukan jika mengalami mobil mogok di jalan tol ? Mobil berhenti tiba - tiba karena mengalami kerusakan merupakan suatu masalah yang harus kita hindari saat melakukan pejalanan untuk itu diperlukan sebuah tips mengatasi mobil mogok di jalan tol. Diperlukan sebuah pengetahuan mengenai penyebab mobil mogok agar kita tidak mengalami kesulitan ketika perjalanan jauh. Untuk itu tidak ada ruginya jika kita mempelajari dan mengenal akan bagian - bagian mesin serta kelistrikan mobil yang kita miliki.

Memang tidak dipungkiri masalah yang sering terjadi ketika kita sedang melakukan perjalanan jauh, mudik misalnya tentu kadang terjadi masalah mobil tiba - tiba mogok berhenti di tengah jalan. Penyebab dari mobil mogokpun sangatlah beragam contohnya saja seperti mobil mogok karena kehabisan air radiator, mobil mogok karena rem yang terkunci bahkan mobil mogok yang disebabkan oleh kerusakan pada kelistrikan mobil itu sendiri. Lantas bagaiamana cara mengatasi mobil mogok di jalan tol meskipun perawatan mobil sering dilakukan pada bengkel resmi ? Tidak lain dan tidak bukan untuk menghindari mobil mogok dalam perjalanan kita perlu adanya suatu persiapan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami seputar otomotif akan mencoba berbagi tips mengatasi mobil mogok di jalan tol. Disini kami berikan langkah - langkah awal jika mobil tiba - tiba tidak mau jalan karena untuk mengatasi masalah secara spesifik tentu diperlukan suatu keahlian khusus. Setidaknya dengan tips ini kita tidak akan panik jika mobil manual ataupun mobil matic mogok tidak bisa jalan pada jalur cepat seperti di jalan tol. Mari langsung saja kita simak ulasan mengenai penyebab dan solusi mengatasi mobil mogok di jalan tol dibawah ini.

Tips Mengatasi Mobil Mogok di Jalan Tol

cara mengatasi mobil mogok di jalan tol
mobil mogok di jalan tol

Dengan melihat masalah yang tidak dapat kita abaikan ini, kami akan mencoba memberikan langkah - langkah yang harus dilakukan ketika masalah mobil yang mogok terjadi pada diri kita pada saat berada di jalan tol. Berikut tips untuk mengatasi mobil mogok di jalan bebas hamabatan ini, diantaranya :

Langkah - langkah yang harus dilakukan saat mobil mogok di jalan tol


1. Tenangkan pikiran

  • Ketika dalam perjalanan jarak jauh menggunakan sebuah mobil dimana harus melalui sebuah jalan tol dan dalam tengah perjalanan di jalan tol tersebut kita merasa adanya gangguan pada mobil yang kita kendarai, sebaiknya janganlah langsung merasa panik. Tetap releks dan tenangkan pikiran agar kita dapat mengetahui  jalan terbaik untuk menemukan solusi mobil yang mogok tersebut.

2. Segera menepi

  • Tentu kita mengetahui bahwa jalan tol merupakan suatu jalur bebas hambatan sehingga laju mobil di jalan tol tentu akan lebih cepat dari biasanya. Oleh karena itu jika kita mengalami mobil tiba - tiba mogok sebaiknya langsung kita berikan member lampu sinyal dan menepi untuk menghindari bahayanya tabrakan dari belakang.

3. Pasang segitiga pengaman

  • Janganlah lupa untuk memasang segitiga pengaman sebab segitiga pengaman sangat berguna pada saat mobil kita sedang mengalami kerusakan / berhenti di jalanan terlebih lagi ketika malam hari. Stiker pada segitiga pengaman memiliki kelebihan apabila terkena sinar dari lampu mobil lain, stiker tersebut akan menyala. Namun apabila kita tidak memiliki segitiga pengaman, sebaiknya gunakan sesuatu yang ada disekitar kita untuk dijadikan sebuah tanda mobil berhenti karena mengalami kerusakan.

4. Hidupkan lampu darurat (hazard)

  • Hidupkan lampu hazard jika mobil kita sudah dalam kondisi yang aman karena telah berada di tepi jalan. Dengan menghidupkan lampu hazard kita dapat memberikan suatu pertanda sebagai pemberi sinyal pada kendaraan lain untuk memberi tahukan mobil kita sedang dalam kondisi darurat sehingga pengguna lain dapat mengerti dan barang kali akan ada yang bersedia membantu kita saat mobil mogok di jalan tol tersebut.

5. Lakukan pemeriksaan pada sumber kerusakan

Apabila kita sudah berada posisi yang aman berdasarkan artikel di atas maka langkah selanjutnya yang perlu untuk kita lakukan adalah dengan melakukan pengecekan terhadap sumber masalah yang membuat mobil kita menjadi mogok. Biasanya ketika kita mengalami masalah mobil mogok saat digunakan untuk perjalanan jauh penyebab yang sering terjadi adalah mobil kehabisan air radiator karena kurangnya persiapan sebelum berangkat. Namun tidak dipungkiri juga air radiator yang habis tersebut disebabkan karena adanya kebocoran, jika terjadi hal semacam itu maka alangkah lebih baiknya jika kita meminta bantuan seperti artikel dibawah ini.

6. Cari bantuan terdekat

Mencari bantuan terdekat merupakan langkah terakhir dan perlu untuk dilakukan jika kita mengalami mobil mogok saat di jalan tol. Untuk itu tidak ada salahnya jika kita bertanya nomor bantuan pada petugas jalan tol atau mungkin menyimpan nomer mobil derek untuk membawa mobil keluar dari jalan tol. Maka dari itu tetap jaga kondisi ponsel yang kita bawa agar tidak sampai kehabisan baterai.

baca juga :


Demikian tips mengatasi mobil mogok yang dapat kami sampaikan pada pertemuan kita kali ini. Semoga artikel kami ini dapat memberikan manfaat saat kita hendak bepergian jarak jauh dan terima kasih atas kunjungan anda pada situs seputar otomotif kali ini. Salam

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan