Penyebab Dan Solusi Rem Blong Pada Mobil - AUTOMOTIFE

Penyebab Dan Solusi Rem Blong Pada Mobil

Rem blong pada mobil - Bagaimana cara mengatasi rem blong pada mobil ? Rem mobil tidak berfungsi merupakan salah satu penyebab terbesar terjadinya kecelakaan di negri ini. Masalah rem blong atau sistem pengereman tidak berfungsi tidak hanya terjadi pada mobil saja melainkan juga terjadi pada motor, truck maupun bus. Untuk itu kita dituntut untuk selalu berhati - hati saat mengemudi serta melakukan perawatan rutin agar rem blong tidak terjadi pada mobil yang kita miliki.

Namun masalah rem mobil tidak mau berhenti ini tidak hanya terjadi ketika mobil sedang melaju saja akan tetapi terkadang mobil rem blong di jalan berbelak - belok ataupun pada jalan yang menurun. Dibawah ini adalah beberapa faktor yang sering menjadi penyebab rem mobil tiba tiba blong, diantaranya :

  • Minyak rem kurang (habis)
  • Kanvas rem aus
  • Piston rem rusak
  • Selang minyak rem tersumbat dan minyak rem kotor
  • Seal piston master silinder sobek, rusak, dan aus
  • Vapour lock

Setelah mengetahui penyebab utama rem blong pada mobil di atas ada baiknya jika kita memeriksa komponen rem mobil tersebut terlebih dahulu sebelum bepergian jarak jauh.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini seputar otomotif akan mencoba berbagi tips agar kita terhindar dari bahayanya rem mobil blong tersebut. Disini kami akan memberikan solusi ketika anda mengalami rem blong pada situasi mobil sedang melaju di jalan raya. Mari langsung saja kita simak ulasan dibawah ini mengenai cara memperbaiki rem blong pada mobil baik itu mobil manual ataupun mobil matic.

Penyebab Dan Solusi Rem Blong Pada Mobil

cara mengatasi rem blong pada mobil


Solusi rem blong ketika mobil sedang melaju :


  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan ketika kita berada di dalam sebuah mobil yang rem mobil tersebut tidak berfungsi adalah dengan tetap tenangkan diri kita terlebih dahulu.
  2. Setelah itu coba untuk mengurangi gas sampai pedal gas tidak kita injak lagi.
  3. Kemudian oper gigi transmisi atau persneleng pada gigi terendah.
  4. Lalu kita tarik rem tangan ( hand rem ) sekuat mungkin sampai mobil berhenti.
  5. Namun jika anda berada dalam keadaan darurat dimana jalanan yang tidak sepi maka anda perlu langsung untuk mematikan mesin dengan di ikuti tuas hand rem kita tarik dan jangan sampai kaki kita menginjak pedal gas.
  6. Setelah mobil berhenti lakukan pemeriksaan dan penanganan darurat.

Setelah mobil berhenti pada tempat yang aman, berikut langkah - langkah penanganan darurat yang perlu untuk kita lakukan untuk mengatasi rem mobil blong adalah :

  1. Pertama - tama coba kita lepas semua roda mobil baik itu roda depan maupun roda belakang. 
  2. Setelah itu periksa pada bagian silinder rem, cek apakah terdapat kebocoran atau tidak jika memang terdapat kebocoran maka perlu dilakukan penggantian.
  3. Jika silinder rem tidak terdapat kebocoran maka bagian selanjutnya yang perlu untuk kita periksa adalah selang rem.
  4. Selain itu bagian kita juga perlu memeriksa ada atau tidaknya kebocoran pada bagian silinder rem atas atau central rem atas yang dekat atau melekat pada servo.
  5. Jika memang pada bagian - bagian yang kita periksa tersebut mengalami kebocoran maka mau tidak mau kita harus melakukan penggantian part yang baru dan kita membutuhkan bantuan mobil derek tentunya.

Namun jika semua bagian diatas baik - baik saja dan tidak ada kebocoran, bisa jadi penyebab mobil di rem tidak mau berhenti adalah rem mobil masuk angin.

baca juga :

Cara Belajar Menyetir Mobil Dengan Mudah Bagi Pemula
Cara Memperbaiki Rem Mobil Yang Berbunyi

Demikian artikel kami kali ini yang baru saja mengulas tentang beberapa cara yang perlu untuk kita lakukan saat rem mobil blong. Untuk itu sebagai langkah pencegahan yang paling baik kita perlu melakukan servis rem mobil anda secara rutin, terutama pemeriksaan minyak rem, kampas, penggantian kampas dan komponen-komponen lainnya. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan