Solusi Mengatasi Power Window Mobil Yang Mengalami Masalah / Rusak - Seputar Otomotif

Power window tidak berfungsi - Bagaimana cara mengatasi power window tidak berfungsi pada mobil seperti avanza, inova, ataupun merk mobil terbaru lainnya yang sudah didukung didukung fitur power window tersebut. Masalah yang sering terjadi adalah power window tiba - tiba mati sehingga kaca mobil tidak dapat menutup dengan sempurna. Padahal untuk suatu sistem sirkulasi pada ruangan di dalam mobil, terkadang kita harus membuka dan menutup kaca mobil agar kabin mobil tidak terasa pengap. Selain itu pentingnya suatu power window adalah kita bisa menutup kaca mobil secara tiba - tiba jika terjadi hujan turun. Lalu apa jadinya jika power window mobil mati semua / mati sebelah ?

Pernahkah anda mengalami kejadian pada saat akan membayar tol ternyata kaca jendela mobil susah dibuka karena macet ataupun seret tentu akan membuat anda menjadi jengkel. Power window seret sudah sering terjadi terutama pada mobil - mobil lama selain itu list kaca yang seret juga dapat diakibatkan karena hubungan perkabelan yang tidak bagus terutama pada soket soket sambungan kabel. Lalu bagaimana cara servis power window mobil yang power window mati total ? Ada baiknya kita mengabaikan jika power window mobil kita mengalami kerusakan karena power window merupakan bagian yang sangat penting.

Kita tidak akan mengalami kesusahan lagi pada saat akan menaik turunkan kaca jendela mobil memakai pemutar manual karena hadirnya teknologi power window pada suatu mobil. Akan tetapi power window sendiri tidak memiliki kelemahan karena komponen elektronik ini seringkali tidak berfungsi atau rusak, terkadang power window macet secara tiba-tiba pada kaca jendela tersebut sehingga membuat kaca mobil belum tertutup secara sempurna. Berikut performance-car-desaign akan mencoba berbagi tutorial cara memperbaiki power window mobil yang macet secara tuntas di bawah ini.

Solusi Mengatasi Power Window Mobil Yang Mengalami Masalah / Rusak

cara memperbaiki power window mobil yang macet


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari tahu penyebab dari power window macet :


  • Kontak skalar power window yang kotor
  • Motor power window yang melemah
  • Kawat seling mengalami kerusakan
  • Karet list yang telah mengeras
  • Drop voltage di motor listrik power window

Setelah itu Periksa Kelistrikan Power Window dengan cara berikut :


1. Cek tegangan pada saklar power window 

  • Periksa drop tegangan itu apakah berasal dari saklar power window, jika memang ya anda dapat melakukan perbaikan atau pembersihan kontak saklar atau alternatif yang lain ganti saklar power window dengan yang baru.

2. Cek tegangan di terminal atau soket menuju power window

  • Ketika kaca jendela naik atau turun tegangan drop pada motor power window hingga mencapai pada angka 6 atau 8 volt dan ini seringkali menjadi penyebab macet power window, akan tetapi ketika mesin hidup power window dapat bergerak naik turun karena tegangan lebih tinggi.

3. Cek Drop tegangan pada Kunci Kontak / Soket Yang Dekat Kunci Kontak

  • Periksa kondisi kunci kontak dari drop tegangan ketika kunci kontak ON, bandingkan tegangan stand-by dari aki dengan tegangan pada terminal IG atau ACC saat kunci kontak posisi ON. Jika terdapat perbedaan tegangan lebih dari 0,5 volt saat kunci kontak ON besar kemungkinan saat mendapatkan beban power window atau beban lain, turunnya tegangan bisa lebih besar. Cara mengatasinya anda cukup melakukan pembersihan kontak saklar pada kunci kontak atau mengganti terminal kabel pada kunci kontak.

4. Cek Drop Voltage pada sekring Power Window

  • Apabila terjadi drop voltage atau drop tegangan yang terukur pada sekring power window, pastikan kondisi soket sekring bersih dari kotoran kerak dan longgar, kalau anda menemukan hal tersebut coba bersihkan dan perbaiki soket sekring.

Berikut cara memperbaiki power window yang macet jika pada kelistrikan tidak mengalami masalah :


  1. Pertama - tama buka baut pada bagian hendle pintu dalam, lakukan secara perlahan supaya tidak dol.
  2. Kemudian lepas secara perlahan pengait besi sentral lock.
  3. Setelah itu buka baut di penutup pintu dalam dan lepaskan juga penutup spion di bagian dalam.
  4. Lepaskan juga bagian handle pintu sisi dalam dan penutupnya.
  5. Pada power window terdapat 10 skrup, lepas 7 skrup yang ada pada pintu dan 3 skrup yang menahan kaca bagian bawah.
  6. Langkah selanjutnya keluarkan piranti power window secara perlahan, hati - hati saat melepaskannya karena kaca mobil akan copot ke bawah sehingga dapat berpotensi untuk pecah.
  7. Kemudian bukalah 3 baut pada dinamo penggerak yang ada di power window.
  8. Perlu anda ketahui untuk memastikan jika kabel dinamo tidak terlepas jika power window sudah terbuka.
  9. Setelah itu bersihkan bagian magnet yang ada pada power window menggunakan carian pembersih dapat juga menggunakan clean carbu, lakukan berulang hingga keraknya hilang dan diamkan beberapa menit, pastikan lagi kalau keraknya hilang.
  10. Bersihkan juga bagian kumparan memakai cairan carbu cleaner, lalu jemur selama beberapa menit sampai kering agar tidak konslet.
  11. Coba piranti magnet apakah terdapat gaya tarik menarik atau tidak, jika tidak bisa dipastikan dinamo sudah rusak.
  12. Lalu jangan lupa untuk melumasi gigi pengerak di bagian luar dan dalam dinamo dengan carian khusus.
  13. Kemudian periksa juga memakai multitester jika punya, atau bisa menghubungkan dengan aki, pada kabel positif bertemu positif dan negatif bertemu negatif, jika terdengar bunyi dan gignya berputar, berarti masih dalam kondisi baik.
  14. Setelah itu kaca dan karet dibersihkan menggunakan air deterjen atau bisa dengan pasta gigi.
  15. Langkah terakhir beri grace pada semua bagian gigi di power windownya.
  16. Selesai.

baca juga :


Demikian pertemuan kita hari ini yang baru saja membahas tentang langkah yang harus kita lakukan untuk memperbaiki power window yang seret sehingga kaca mobil tidak bisa menutup secara sempurna. Semoga artikel kami kali dapat memberikan manfaat kepada kita semua, sekian dan terima kasih.

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan