Solusi Mengatasi Lampu Depan Mobil Sering Mati - Seputar Otomotif

Lampu utama mobil - Bagaimana cara mengatasi lampu depan mobil sering mati sendiri ? Lampu depan mobil merupakan bagian yang penting pada sebuah mobil karena lampu depan / utama mobil menjadi sistem penerangan yang membantu kita berkendara di malam hari ataupun cuaca yang berkabut. Selain lampu depan, sistem penerangan yang tidak kalah penting adalah lampu belakang mobil sebab lampu belakang menjadi sebuah indikator untuk mobil di belakang kita bahwa ada mobil didepannya atau mobil yang sedang berhenti. Oleh karena demi keselamatan berkendara kita tidak boleh menyepelekan lampu depan maupun lampu belakang mobil jika mengalami kerusakan / mati total. Lalu bagaimana cara mengatasi lampu mobil mati sebelah ?

Sebagai pengendara mobil anda tentu pernah mengalami masalah pada lampu utama mobil baik itu berupa lampu jauh mobil tidak menyala maupun lampu jauh hidup tapi lampu dekat mati. Selain itu terkadang lampu dim mobil tidak menyala ketika kita gunakan di dalam suatu perjalanan dan sering kali mobil ditabrak dari belakang karena lampu rem mobil tidak hidup / mati sebelah. Lalu sebenarnya apa penyebab lampu depan mobil redup sebelah sehingga penerangan akan terganggu saat kita mengemudi di malam hari ? Sangat wajar jika kita tidak mengetahui cara mengatasi lampu bohlam mobil sering putus karena kita bukanlah seorang mekanik yang biasa memperbaiki kerusakan pada mobil. Akan tetapi masalah pada lampu depan maupun lampu belakang mobil itu biasanya berasal dari bohlam lampu mobil tersebut.

Untuk itu performance-car-desaign kali ini akan mencoba mencari tahu kenapa lampu depan mobil tersebut mati total. Setelah kita analisa, masalah lampu depan mobil rusak dan mengakibatkan lampu utama tidak terang bahkan tidak bisa hidup itu bersumber dari tegangan yang tidak stabil dan dari lampu bohlam itu sendiri. Oleh karena itu mari kita bahas secara lebih lengkap mengenai cara memperbaiki lampu bohlam mobil sering putus di bawah ini.

Solusi Mengatasi Lampu Depan Mobil Sering Mati 

lampu jauh hidup tapi lampu dekat mati


Penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah pada lampu depan / lampu belakang mobil yang tidak menyala : 


1. Kualitas bohlam lampu yang jelek
  • Kualitas lampu bohlam yang tidak bagus dapat mengakibatkan bohlam lampu yang sering rusak atau putus. Biasanya jika kita membeli bohlam lampu yang memiliki harga murah sering kali tidak akan tahan dengan panas sehingga filamennya mudah putus, dan untuk bohlam berkualitas rendah biasanya memiliki umur hanya 3 kali pakai saja. Oleh karena itu jangan hanya membeli bohlam dengan alasan tergiur harga murah, carilah lampu bohlam yang benar - benar berkualitas.

2. Kondisi soket lampu kendor atau kotor

  • Selain itu penyebab bohlam lampu sering putus biasanya pada soket lampu yang kendor atau mungkin kotor. Soket lampu yang kendor bisa menimbulkan panas yang terlalu tinggi pada lampu yang akan mengakibatkan lampu akan mudah rusak atau putus. Suplai listrik ke lampu menjadi terhalang atau nilai resistansinya bertambah itu juga bisa berawal dari soket lampu yang kotor. Maka dari itu coba pastikan kondisi soket lampu mobil dan bersihkan secara berkala.

3. Tegangan kelistrikan tidak stabil

  • Salah satu penyebab lain bohlam lampu sering putus adalah tegangan pada kelistrikan yang tidak stabil dan bahkan terlalu tinggi, untuk itu kita perlu memeriksa tegangan kelistrikan menggunakan multimeter atau voltmeter. Jika tegangannya terlalu tinggi atau juga terlalu rendah, periksa pada komponen lain seperti aki karena ada kemungkinan akinya sudah drop. Setelah itu cek regulator dan juga rangkaiannya pada mobil - mobil konvensional. Kerusakan yang diakibatkan pada tegangan kelistrikan yang terlalu tinggi biasanya tidak terjadi pada satu lampu saja, akan tetapi banyak karena tegangan kelistrikannya pasti sama antara lampu sebelah kanan atau kiri.

4. Sekring putus

Sekring kelistrikan pada mobil biasanya terkumpul dalam suatu wadah kotak yang posisinya terletak di dekat atau di bawah kanan setir. Sekring tersebut memiliki bentuk seperti gigi atau dua jari. Setelah itu carilah sekring yang memiliki fungsi sebagai sekring lampu dan dalam kondisi putus tersebut.

  • Untuk memperbaikinya, lilitkan dua helai serabut logam kabel tadi ke batang atau terminal yang satu dan terminal lainnya, kemusian pasang kembali sekring tersebut.

baca juga :
  1. Cara Mengatasi Lampu Sein (Sign) Mobil Tidak Berkedip
  2. Kehilangan Mobil ? Langkah Apa Yang Harus Dilakukan ?

Demikian tutorial mengatasi masalah lampu depan mobil yang tidak dapat terang kali ini. Semoga setelah membaca tips dari kami ini, sistem penerangan pada lampu mobil anda dapat menjadi lebih terang dan tidak redup ataupun mati sebelah lagi. Jika artikel kami ini bermanfaat menurut anda jangan lupa untuk share kepada teman - teman lainnya karena ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang digunakan bagi banyak orang, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan