Perbedaan Asuransi Mobil All Risk Dan TLO Untuk Menentukan Pilihan Anda - AUTOMOTIFE

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk Dan TLO Untuk Menentukan Pilihan Anda

Jenis asuransi mobil - Sebenarnya terdapat berapakah macam macam asuransi kendaraan khususnya untuk sebuah mobil ? Di Indonesia ini terdapat banyak jenis asuransi yang ada untuk sebuah mobil, namun asuransi all risk dan TLO ( total loss only ) yang paling banyak digunakan. Lalu apa perbedaan asuransi all risk dan tlo yang menjadikan jenis asuransi ini yang banyak diminati para pemiliki sebuah mobil ? Melihat semakin padatnya jalan raya karena semakin banyak kendaraan yang melintasi baik itu mobil ataupun motor membuat hal tersebut memiliki potensi untuk terjadi suatu kecelakaan. Sehingga menjadikan para pemilik mobil ingin memberikan asuransi pada mobil mereka. Namun ketika mereka akan membeli polis asuransi mobil, sering kali dibuat bingung untuk menentukan pilihan asuransi mana yang akan dipilih, apakah asuransi mobil All Risk atau memilih asuransi TLO.

Tidak ada salahnya untuk memberikan asuransi kepada mobil kita untuk berjaga - jaga menghindari hal yang tidak diinginkan seperti risiko terluka maupun kematian, kerusakan ringan ataupun berat atau lecet pada bodi mobil yang tidak sedikit uang yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya. Selain itu maraknya kasus pencurian mobil yang sedang marak sekarang ini menjadikan alasan yang logis apabila seseorang memutuskan untuk mengasuransikan mobil yang dimiliki. Namun sebelum menetukan pilihan asuransi mana yang akan anda pakai untuk mobil anda sebaiknya anda melakukan perbandingan asuransi mobil agar anda mengetahui beda asuransi tlo dengan all risk. Oleh karena itu biasanya ketika kita akan memulai membeli asuransi mobil, dari pihak asuransi di awal akan menjelaskan mulai dari persyaratan, perhitungan asuransi mobil, sampai asuransi all risk mobil meliputi apa saja.

Maka dari itu pada kesempatan kali ini seputar otomotif akan mencoba memberikan perhitungan asuransi mobil all risk dan TLO, apa yang ditanggung pada artikel tersebut dan cara menghitung preminya. Oleh karena itu pada artikel di bawah ini kami mencoba menjelaskan kelebihan dan kekurangan asuransi jenis all risk maupun tlo secara lengkap.

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk Dan TLO Untuk Menentukan Pilihan Anda

perbandingan asuransi mobil


Sebelum anda memiliki keputusan untuk mengambil asuransi mobil jenis all risk atau tlo, berikut akan kami berikan beberapa informasi mengenai perbedaan asuransi tersebut. Asuransi dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :



Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan TLO

 
1. Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only)

Definisi dari asuransi mobil TLO atau Total Loss Only

  • Apabila terjadi kehilangan total - Artinya ketika kehilangan mobil maka pemilik mobil sudah hilang dari sebuah unit mobil dan menurut hitungan dari pihak asuransi sudah lebih dari 75% kehilangan barang akibat perampasan atau tindakan pencurian, maka pemilik mobil bisa mendapatkan ganti rugi oleh pihak asuransi.
  • Namun apabila kerusakan atau tindakan pencurian kurang dari 75% contohnya hilang tipe mobil, aksesoris mobil, bekas goresan atau kerugian pemilik mobil kurang 75% maka pihak asuransi tidak akan mengganti kerugian. 
  • Akan tetapi kelebihan dari asuransi jenis TLO ini, pemilik polis asuransi TLO membayar premi lebih rendah jika dibandingkan anggota asuransi mobil all risk.

2. Asuransi Mobil All Risk

Definisi dari asuransi mobil All Risk

  • Asuransi keseluruhan atau comprehensive - Jadi secara detil polis asuransi akan di bayar untuk kerusakan kecil atau ringan contohnya kerusakan unit mobil seperti bodi mobil tergores atau kemalingan asesoris mobil seperti kaca spion dan kerusakan berat lainnya maka akan langsung ada ganti rugi dari pihak asuransi yang di ikuti.
  • Namun untuk mendapatkan keuntungan dari ganti rugi asuransi mobil All Risk ini anggota atau pemlik polis mobil di wajibkan membayar premi lebih besar jika di bandingkan asuransi TLO.

baca juga :
  1. Cara Menghitung Cicilan Mobil Dengan DP Ringan
  2. Perbedaan Avanza Tipe E, G, Dan Harga Bekas Update 2017

Kesimpulan asuransi mana yang anda pilih ?



Frekuensi penggunaan mobil akan mempengaruhi pada jenis asuransi yang akan diambil. Semakin sering mobil digunakan, maka semakin besar pula potensi untuk terjadi kecelakaan. Apa lagi jika mobil digunakan pada rute yang sering dilalu adalah jalur padat, maka kerusakan akan part mesin akan semakin sering. Sehingga asuransi jenis ini juga cocok digunakan bagi usaha rental mobil atau kursus mobil, sebab resiko sekedar rusak ringan terbilang tinggi. Apabila jika mobil yang Anda miliki harga yang terbilang tinggi sehingga membutuhkan biaya tidak sedikit walaupun hanya untuk perbaikan ringan.

Akan tetapi jika mobil lebih sering parkir di rumah daripada diajak keluar, asuransi jenis TLO yang paling cocok untuk mobil sedikit penggunaan / mobil pribadi. Karena masalah pencurian mobil akan lebih memungkinkan jika dibandingkan dengan faktor kecelakaan melihat dari faktor penggunaanya.

Demikian sedikit masukan dari kami untuk anda menentukan asuransi mobil terbaik yang paling cocok untuk anda. Tidak ada salahnya mengeluarkan uang setiap tahunnya namun masalah keamanan tetap terjaga, daripada kita tidak mendaftarkan asuransi pada mobil mewah milik kita jika terjadi hal yang tidak diinginkan maka kerugian yang lebih besar akan menimpa kita. Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan inspirasi kepada anda untuk menentukan jenis asuransi apa yang akan anda pilih nantinya, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan