Cara Terbaik Membersihkan Plafon Mobil Yang Kotor - Seputar Otomotif - AUTOMOTIFE

Cara Terbaik Membersihkan Plafon Mobil Yang Kotor - Seputar Otomotif

Tips membersihkan plafon mobil - Bagaimana cara membersihkan plafon mobil ? Tentu anda akan mulai berpikir cara membersihkan plafon yang kotor jika pada atap mobil anda mulai terdapat noda dan banyak debu. Rasa sayang anda terhadap mobil anda pasti akan membuat anda tidak menginginkan adanya suatu kotoran maupun bau yang tidak sedap ada di dalam mobil anda, terutama pada bagian plafon mobil dengan bahan bludru. Tidak dipungkiri lagi bahwa kebersihan interior mobil sangatlah penting karena tidak akan mungkin anda mendapatkan kenyamanan mengemudi jika di dalam mobil terdapat bau dan debu di palfon mobil.

Bagian interior mobil yang sering kali kita lupakan untuk membersihkannya adalah plafon mobil, tidak jarang plafon atau atap mobil sering kita sentuh dengan tangan dalam kondisi yang kotor atau tanpa sengaja plafon mobil tergores oleh kuku kita. Dalam membersihkan plafon mobil kita tidak boleh melakukannya secara asal - asalan, sebab cara menghilangkan jamur atau noda pada plafon mobil dilakukan dengan metode yang ngawur tanpa menggunakan cairan pembersih plafon mobil dapat mengakibatkan kendur, sobek, bahkan bisa bolong pada plafon mobil anda. Terlebih lagi apabila plafon mobil anda terbuat dari bahan yang sensitif, contohnya saja plafon mobil dari bahan fabric berserat ataupun plafon bahan beludru.

Tentu tidak akan mudah membersihkan kotoran yang sudah membandel dan bahkan sudah sampai menjamur. Oleh karena itu kali ini seputar otomotif akan mencoba berbagi pengalaman tentang cara bersihkan plafon mobil dengan metode yang benar yang menggunakan cairan pembersih fabric. Untuk itu mari kita simak tips membersihkan plafon mobil yang kotor sebagai berikut.

Cara Terbaik Membersihkan Plafon Mobil Yang Kotor

cara membersihkan plafon mobil beludru


Sebelum kita mulai melakukan bersih - bersih pada plafon mobil yang berdebu, sebaiknya anda perlu mempersiapkan alat - alat dan bahan untuk membersihkan plafon mobil anda supaya anda dapat menghilangkan kotoran pada atap mobil tanpa harus membuatnya rusak. Dan berikut ini adalah alat dan bahan yang anda perlukan untuk membersihkan plafon mobil.

Alat - alat yang perlu anda siapkan adalah :

1. Kain.

  • Pertama - tama siapkan kain yang akan digunakan untuk mengelap plafon mobil anda. Carilah kain yang mempunyai tekstur yang lembut dan halus, seperti kain microfiber supaya tidak merusak plafon mobil anda.

2. Air.

  • Kemudian gunakan air sebagai bahan untuk membersihkan plafon mobil anda, alangkah lebih baiknya jika anda menggunakan cairan pembersih plafon mobil beludru jika plafon mobil anda berbahan dasar beludru. Anda tidak perlu untuk menggunakan sabun maupun deterjen sebagai bahan pencampurnya, cukup gunakan air bersih saja jika anda tidak mempunyai cairan pembersih plafon mobil tersebut.

3. Cairan pembersih fabric.

  • Cairan ini dirancang khusus untuk membersihkan plafon mobil anda yang terbuat dari fabric atau kulit hewan. Jika terdapat noda yang membandel pada plafon mobil anda, cairan pembersih ini dapat membantu untuk menghilangkannya. Cairan pembersih fabric ini dapat anda temukan di berbagai pusat perbelanjaan.

Jika semua peralatan diatas sudah anda siapkan, mari langsung saja kita mulai untuk membersihkan plafon mobil yang sudah terdapat banyak kotoran yang menempel disana.

Langkah - langkah membersihkan kotoran / debu pada plafon mobil :


  1. Langkah pertama adalah basahi kain dengan air namun jangan sampai terlalu basah kemudian anda peras kainnya sampai tidak ada air yang menetes dari kain. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan supaya plafon mobil anda tidak lembab, sebab jika plafon menjadi basah atau lembab malah akan mudah rusak dan menjadi tempat berkembangnya bakteri yang akan berdampak mengeluarkan bau yang tidak sedap pada mobil anda.
  2. Kemudian usapkan kain secara perlahan pada plafon mobil anda agar bahan plafon mobil anda tidak sobek (rusak).
  3. Setelah itu jika plafon anda masih terdapat noda membandel dan tidak dapat dibersihkan dengan air, gunakan cairan pembersih fabric yang sudah anda siapkan tadi untuk menghilangkan noda tersebut. Cara menggunakan cairan fabric ini cukup dengan menyemprotkan cairan pembersih tersebut pada kain (jangan semprot langsung ke plafon mobil) kemudian usapkan ke plafon mobil anda. 
  4. Dan selanjutnya anda akan mendapati noda yang ada pada atap mobil akan segera menghilang.

Jika flapon mobil anda terbuat dari bahan fabric berserat, anda harus lebih berhati-hati pada saat membersihkannya karena serat pada plafon akan rusak apabila anda menggosok kain terlalu kuat. Selain itu saat mengusap kain, anda perlu menyelaraskan dengan mengikuti serat plafon supaya serat pada plafon anda terlihat rapi dan tidak mudah rontok. Agar plafon mobil tidak menjadi kendur, hindari penggunaan vacum cleaner pada saat membersihkan atap mobil tersebut karena vacum cleaner memiliki daya hisap yang tinggi. Kemudian jangan dibiasakan menggunakan sikat untuk membersihkan plafon jenis ini karena sela-sela dari bulu sikat dapat mengakibatkan serat plafon anda tertarik dan mudah rontok.

Setelah kita melakukan perawatan terhadap plafon mobil, perlu anda ketahui juga beberapa hal yang membuat plafon mobil kita cepat rusak atau memiliki bau yang tidak sedap. Berikut beberapa penyebab plafon mobil cepat rusak :

1. Kebiasaan merokok di dalam mobil.

  • Asap rokok dapat menimbulkan bau yang tidak sedap pada atap plafon anda jika anda biarkan dalam kurun waktu yang lama. Untuk itu biasakan ketika anda merokok di dalam mobil pastikan terdapat sirkulasi udara yang baik.

2. Kebiasaan parkir mobil di bawah terik matahari.

  • Suhu panas dari teriknya matahari pada atap mobil anda akan menyerap ke plafon mobil sehingga dapat menjadikan serat plafon mobil menjadi cepat rontok.

baca juga :

Demikian tips menghilangkan bau tidak sedap pada mobil karena plafon mobil yang kotor yang dapat kami sampaikan kali kali ini. Semoga dengan membersihkan plafon mobil anda secara rutin serta menghindari kebiasaan - kebiasaan buruk tersebut bisa menjadikan plafon mobil anda menjadi lebih awet. Sekian dan terima kasih karena telah menyimak artikel kami ini sampai selesai, salam otomotif ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan