Cara Setting GPS Pada Mobil Agar Lebih Akurat - Seputar Otomotif

GPS tracker di mobil tidak tepat - Bagaimana cara mengatasi gps di mobil tidak akurat baik itu gps tracker maupun gps navigasi ? Sering kali banyak para pengemudi sering salah jalan karena dia mengikuti navigasi gps pada mobil yang dikendarai, itu semua dapat terjadi jika titik koordinat gps tarcker tidak tepat. Bagi para pengemudi mobil tentu tidak akan awan dengan alat pelacak lokasi mobil yang bernama GPS, akan tetapi tidak semua supir tahu mengenai cara menggunakan gps di mobil tersebut. Oleh karena itu diperlukan beberapa perubahan setingan dan juga pembaharuan peta gps agar penentuan lokasi dapat menjadi lebih akurat.

Masalah GPS tidak tepat / tidak dapat melacak lokasi maupun rute perjalanan tidak ditemukan biasanya terjadi karena terdapat kerusakan pada beberapa modul / chip. Tidak dipungkiri lagi setiap perangkat elektonik seperti modul dan chip pada alat pelacak mobil (GPS) dapat mengalami masalah kerusakan atau disfungsi karena disebabkan oleh beberapa faktor. Namun selain karena kerusakan pada perangkat elektronik, penyebab gps tracker mobil tidak akurat biasanya disebabkan karena belum adanya pembaharuan pada software gps navigasi / gps tracker tersebut. Meskipun anda dapat memperbaiki peta gps mobil yang tidak tepat pada service center gps tersebut, anda juga mengatasi masalah gps tersebut dengan sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya perbaikan.

Oleh karena itu performance-car-desaign kali ini akan mencoba membahas tentang cara mengatasi masalah gps mobil kurang akurat tersebut. Jadi anda tidak perlu repot - repot pergi jauh ke bengkel untuk mengatasi alat pelacak mobil / gps tidak berfungsi tersebut. Langsung saja kita bahas cara mengaktifkan gps tracker di mobil agar lebih akurat dengan melihat postingan kami di bawah ini.


Cara Setting GPS Pada Mobil Agar Lebih Akurat


cara mengatasi gps di mobil tidak akurat

Solusi dan Cara Mengatasi GPS Tracker Pada Mobil Tidak Akurat, sebagai berikut :


1. Masalah GPS Tracker tidak update atau lokasi tidak tepat

Masalah gps tidak akurat biasanya sering terjadi khususnya pada jenis gps tracker yang menggunakan pulsa biasa. Namun sebelum kita mulai memperbaiki masalah gps tersebut terlebih dahulu pastikan posisi antena gps harus menghadap ke Langit. Jika posisi sudah benar akan tetapi gps tracker masih tidak akurat, coba dengan cara berikut :

  1. Pertama - tama cabut soket kabel yang terhubung pada Gps Tracker. Akan lebih baik jika anda lakukan pada tempat yang terbuka, misalnya pada tanah lapang yang tidak terhalang pepohonan.
  2. Kemudian untuk GPS yang menggunakan baterai jangan lupa untuk mematikan saklar ON / OFF ke posisi OFF yang ada di gps Tracker tersebut. Lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  3. Setelah itu pasang kabel dan hidupkan sakalar pada posisi ON. Tunggu hingga semua lampu menyala normal, pada kondisi dingin gps membutuhkan waktu selama 1 menit untuk menghidupkannya.
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan mengirim SMS RESET dengan tujuan untuk merestart dengan melihat pada buku panduan mereset unit.
  5. Tahap selanjutnya kirim SMS URL dengan tujuan untuk melihat lokasi terahir ditempat gps berada saat itu.
  6. Lalu buka SMS tersebut menggunakan Map atau bisa juga mengcopy kordinatnya kemudian tempel dibrowsing, jika anda menggunakan smartphone maka bisa langsung dibuka.
  7. Langkah terakhir coba anda cek apakah posisi gps sudah tepat. Jika berhasil maka posisi mobil anda sudah tepat dengan titik koordinat pada gps, kemudian pastikan dengan merubah posisi anda ke tempat yang lain.

Selain itu masalah gps tracker di mobil yang biasa terjadi adalah :

2. Gps Tracker tidak bisa aktif

Penyebab gps tidak bisa diaktifkan biasanya terjadi karena :

  • Faktor componen yang rusak.
  • Faktor arus tegangan yang tidak terhubung ke Gps Tracker.
  • Sekering putus.
  • Kabel yang terhubung ke Gps tracker putus.
  • Terkena air.

Lalu cara mengatasi gps tracker tidak bisa hidup adalah :

1. Periksa semua sambungan kabel yang mengarah ke gps tracker. Sambung kembali kabel jika anda menemukan ada yang putus, namun jika anda tidak menemukan kabel yang putus maka coba cek sikring dibagian Gps.

2. Cek arus pada setiap kabel - kabelnya.
Cara mengecheck arus harus diukur menggunakan multi tester, namun dapat juga menggunakan tespen DC. Cara mengecek kabel positif dengan tester sebagai berikut :

  1. Probe positif tester ( kabel merah ) tepelkan ke kabel positif Gps tracker (umumnya berwarna merah, namun ada juga yang menggunakan warna lainnya).
  2. Lalu kabel probe negatif tester ( kabel hitam ) tempelkan ke Body besi mobil / motor.
  3. Perhatikan indikator apakah menunjukan adanya arus atau tidak. 

3. Cara mengetes arus menggunakan tespen DC lebih mudah, dengan langkah sebagai berikut :

  1. Cepitkan kabel negatif tespen ke body besi kendaraan, lalu tempelkan posistif tespen ke kabel positif gps Tracker. 
  2. Lihat hasilnya jika tespen menyala artinya arus tegangan ada.

4. Jika tidak ada arus tegangan ke gps tracker solusinya adalah

  1. Bongkar semua kabel gps tracker
  2. Kemudian ukur semua kabel, jika bagus langsung bisa di pasang kembali.

5. Jika ada arus tapi tetap tidak menyala itu artinya kerusakan pada unit Gps Tracker solusinya hubungi penjual ditempat anda membeli atau hubungi ahli di bidang Gps tracker untuk membantu memperbaiki masalah tersebut.

baca juga :
Harga GPS Mobil Paling Terbaru 2017
Cara Mengaktifkan GPS Navigasi Pada Mobil




Demikian cara mengatasi gps tracker di mobil kurang akurat yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel kami kali ini dapat mengatasi masalah anda yang selalu kesasar ketika bepergian menggunakan gps di mobil anda. Jangan lupa share jika artikel kami bermanfaat menurut anda, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan