Cara Menghitung Cicilan Mobil Dengan DP Ringan

Kalkulator kredit mobil - Bagaimana cara menghitung kredit mobil baru dp murah cicilan ringan ? Sekarang ini mobil dapat di katakan bukan lagi kategori barang mewah karena kita dapat memiliki sebuah mobil dengan bantuan pembiayaan yang berbentuk leasing maupun bank umum yang menawarkan simulasi kredit mobil untuk pembelian mobil baru ataupun bekas. Akan tetapi tidak sedikit orang yang ingin membeli mobil melalui jasa leasing maupun bank belum mengetahui akan harga kredit mobil yang mereka inginkan. Pada kesempatan kali ini kami performance-car-desaign akan mencoba membantu anda untuk mengetahui angsuran dan uang muka yang harus disiapkan untuk membeli sebuah mobil menggunakan kalkulator kredit mobil. Dan sebagai contoh kami akan mencoba menghitung dp dan cicilan pada mobil toyota avanza.

Ketika kita akan membeli sebuah mobil avanza melalui bank ataupun leasing, dalam melakukan transaksi pembelian mobil avanza tersebut sebenarnya kita akan diberikan kemudahan dan pilihan yang beragam untuk memilih jenis layanan kredit. Dengan tujuan ketika kita menginginkan cicilan mobil avanza memiliki angsuran per bulan murah walaupun dp ringan tidak terlalu tinggi, pihak leasing ataupun bank dapat membantu anda untuk membeli mobil avanza tersebut. Di awal pertemuan anda dengan pihak bank atau leasing biasanya mereka akan menjelaskan secara lengkap mulai dari persyaratan, perjanjian hingga perhitungan simulasi kredit mobil avanza kepada anda sebagai calon konsumennya.

Untuk itu sebelum anda melakukan pengajuan kredit mobil melalui jasa leasing ataupun bank, anda harus menentukan terlebih dahulu mobil avanza yang akan anda beli itu dalam kondisi baru ataukah bekas. Setelah itu baru menginjak pada budget yang anda miliki untuk membeli toyota avanza yang anda idamkan dengan maksud untuk menentukan uang muka atau Down Payment (DP) yang harus anda bayarkan pertama kali serta jumlah cicilan tiap bulannya agar sesuai dengan kemampuan Anda. Oleh karena itu langsung saja mari kita melakukan perhitungan simulasi kredit mobil jika anda ingin kredit avanza baru cicilan 1,5 juta.

Cara Menghitung Cicilan Mobil Dengan DP Ringan

kredit mobil baru dp murah cicilan ringan


Sebelum anda membeli mobil melalui leasing ataupun bank dengan sistem pembayaran kredit mobil avanza bekas dp 10 juta, anda perlu untuk mengetahui data - data yang perlu disiapkan sebagai berikut :

  1. Harga mobil yang akan dibeli baik dalam kondisi baru maupun bekas.Jumlah Uang Muka (DP).
  2. Jangka waktu kredit/Tenor yang dipilih.
  3. Tarif bunga leasing atau bank yang anda pilih untuk kepentingan kredit ini, biasanya lembaga pembiayaan ini menetapkan rate bunga kredit mobil berkisar antara 6%, 7%, 8% untuk kredit selama 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun. Biasanya jangka waktu yang bisa dipilih yaitu antara 1-5 tahun, semakin lama jangka waktunya maka tarif bunga-nya pun akan semakin tinggi.
  4. Tarif Asuransi yang dipilih, untuk jangka waktu kredit 1 tahun, 2 tahun dan 3 tahun umumnya sebesar 7,5% - 8,5% - 9,5% dikalikan dengan harga kendaraan.
  5. Biaya Administrasi leasing/bank misalnya untuk kredit selama 1 tahun Rp 350.000, 2 tahun Rp 450.000 dan 3 tahun sebesar Rp 550.000,-

Agar lebih jelasnya, mari kita lihat gambaran jika anda akan membeli mobil avanza baru dibawah ini :

  • Ketika anda sudah memutuskan untuk membeli mobil kredit avanza 2016 dengan harga mobil Grand New Avanza 1.3 G (M/T) : Rp 198.700.000,- melalui pihak leasing di kota anda berada dengan tenor 3 tahun, tentu anda ingin tahu mengenai biaya DP / Uang Muka minimal yang perlu disiapkan beserta total cicilan mobil avanza 2016 setiap bulan yang harus anda bayar.

Berikut cara perhitungan untuk menentukan besarnya DP, angsuran per bulan dan jumlah total yang harus dibayar pertama kali termasuk asuransinya untuk sebuah mobil avanza baru 2016 :


1. Biasanya untuk jumlah minimal tarif DP / Uang Muka sudah ditentukan oleh pihak leasing, saat ini misalkan 20% dari harga mobil. (DP/UM = 20% x Harga Mobil Baru)

  • DP/UM = 20% x Rp 198.700.000,- = Rp 39.740.000,-

2. Kemudian untuk menghitung Pokok Kredit (PK)-nya yaitu dengan cara mengurangi harga mobil dengan jumlah uang muka yang akan dibayar. (PK = Harga Mobil Baru - DP/UM)

  • Pokok Kredit (PK) = Rp 198.700.000 - Rp 39.740.000 = Rp 158.960.000,-

3. Lalu untuk menentukan jumlah bunga yang harus dibayar (JB) adalah dengan mengalikan Pokok Kredit terhadap tarif bunga (tb)-nya, dimana tarif bunga tersebut terlebih dahulu dikalikan dengan jangka waktu (jw) kredit dalam tahun dibagi 100. (JB =  PK x (tb x jw/100))

  • Jumlah Bunga yang harus dibayar = Rp 158.960.000 x (8x3)/100 = Rp 38.150.400,-

4. Setelah mendapatkan jumlah bunga yang harus dibayar secara keseluruhan kemudian untuk mendapatkan jumlah Angsuran Per Bulan (APB)-nya yaitu dengan menambahkan Pokok Kredit (PK) dan Jumlah Bunga (JB) yang harus dibayar lalu dibagi dengan jangka waktu kredit (jw) yang dihitung dalam bulan. (APB = (PK + JB) / jw (bulan)


  • Angsuran Per Bulan = (Rp 158.960.000 + Rp 38.150.400) / 36 bulan = Rp 5.475.288,-

5. Selain itu juga terdapat biaya :

  • Biaya Asuransi = 9,5% x Rp 198.700.000 =  Rp 18.876.500,-
  • Biaya Administrasi = Rp 550.000,-

baca juga :

  1. Perbedaan Avanza Tipe E, G, Dan Harga Bekas Terbarunya
  2. Pasaran Harga Avanza Semua Tipe Update 2017

Jadi total keseluruhan yang harus anda bayarkan diawal dari DP/UM + Angsuran Bulan Pertama + Biaya Asuransi + Biaya Administrasi Leasing, yaitu sebesar Rp 39.740.000 + 5.475.288 + 18.876.500 + 550.000 = Rp 64.641.788,-

Demikian artikel kami kali ini mengenai cara perhitungan simulasi kredit mobil avanza mungkin dapat anda jadikan sebagai referensi sebelum anda membeli mobil secara kredit melalui leasing. Apabila anda merasa angsuran tersebut terlalu besar, anda dapat mengatasinya dengan menambahkan uang muka, memperpanjang tenor angsuran atau mencari suku bunga yang rendah di pihak leasing lainnya. Semoga artikel kami kali ini dapat memberikan sedikit pencerahan kepada anda sebelum membeli mobil secara kredit melalui jasa leasing, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan