Cara Mengecek Mobil Bekas Tabrakan

Ciri mobil bekas kecelakaan – Bagaimana ciri - ciri mobil bekas kecelakaan yang banyak dijual di pasar mobil bekas sekarang ini ? Sekarang ini sedang banyak sekali mobil rekondisi bekas tabrakan di jual kembali dengan tampilan yang sangat bagus dan tidak terlihat jika mobil bekas tersebut pernah mengalami tabrakan. Jadi kita perlu berhati - hati ketika akan membeli sebuah mobil jangan terlalu cepat tergiur akan kondisi bodi mobil yang mengkilap dengan tawaran harga yang murah jika kita belum mengerti cara mengetahui ciri - ciri mobil bekas kecelakaan. Sebab mobil yang pernah mengalami tabrakan atau benturan yang keras tentu tidak akan nyaman jika dikendarai.

Perlu anda ketahui bahwa mobil bekas atau second yang pernah mengalami tabrakan, pada fisiknya akan terdapat banyak kerusakan pada komponen - komponennya mulai dari komponen luar seperti kondisi bodi mobil ataupun komponen dalam mobil seperti suspensi, kaki-kaki mobil, kondisi mesin dan lain-lain. Namun dengan sedikit perbaikan mobil bekas kescelakaan akan terlihat sempurna seperti sedia kala yang belum pernah mengalami benturan sedikitpun, dan dapat dijual kembali dengan harga yang murah tapi terlihat seperti mobil bekas berkualitas. Maka dari itu kita dituntut untuk mengetahui cara cek mobil bekas tabrakan agar kita tidak menyesal di kemudian harinya. Jika kita membeli pada orang yang jujur pasti mereka akan menjelaskan mobil bekas tersebut dijual murah karena mobil tersebut mobil bekas rekondisi tabrakan. Namun kita perlu mengantisiapasi jika kita membeli pada orang atau pun showroom yang menjual mobil - mobil bekas tabrakan tapi menyembunyikan rahasia tersebut.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini seputar otomotif akan berbagi cara mengenali ciri - ciri mobil bekas rekondisi tabrakan. Kekhawatiran kami jika anda membeli mobil bekas dan anda membelinya melalui jasa leasing yang anda dapatkan adalah mobil bekas rekondisi tabrakan. Sehingga anda harus membayar mobil bekas dengan harga yang tinggi namun kondisi mobil tersebut adalah mobil yang pernah mengalami kecelakaan. Berikut cara mengetahui ciri - ciri mobil bekas kecelakaan yang perlu anda ketahui sebelum anda membeli mobil bekas tersebut.

Cara Mengecek Mobil Bekas Tabrakan

cara mengetahui ciri–ciri mobil bekas kecelakaan


Berikut ini adalah 4 cara mengetahui mobil bekas tabrakan, diantaranya :


1. Pastikan keharmonisan warna cat pada bodi mobil

Cara mengetahui ciri - ciri mobil yang pernah mengalami kecelakaan yang pertama adalah ketika sebuah mobil setengah pakai mengalami tabrakan yang cukup keras tentu akan terdapat bagian mobil mengalami kerusakan. Biasanya untuk menghilangkan bekas tabrakan tersebut, pemilik mobil tersebut tentu akan mengecat ulang dan memperbaiki bodi mobil yang rusak.
  • Untuk itu agar anda mengetahui mobil bekas rekondisi tabrakan, anda harus mengamati setiap sudut pada bagian bodi mobil tersebut. Jika anda menemukan tidak keselarasan antara warna cat ataupun kesesuaian bodi mobil, anda patut mempertanyakan bahwa mobil tersebut pernah mengalami benturan atau tidak.

2. Amati kesimetrisan lekukan pada bodi mobil

Cara mengetahui ciri - ciri mobil bekas kecelakaan yang ketiga adalah hal yang biasa dilakukan untuk memperbaiki bentuk bodi mobil yang rusak akibat terjadi benturan yang sangat keras adalah membawanya ke bengkel kenteng magic. Kelemahan metode kenteng magic untuk menghilangkan bekas penyok tersebut adalah kesimetrisan antara garis - garis lekukan bodi yang dihasilkan dari kenteng magic tersebut tidak akan dapat kembali 100% simetris seperti semula. Itu terjadi karena untuk memodifikasi bodi mobil yang penyok metode yang dilakukan oleh bengkel ketok magic adalah dipalu. 
  • Untuk mengatasi masalah tersebut adalah anda perlu menemukan beberapa garis lekukan yang arahnya melenceng dari seharusnya serta terlihat tidak sama. Apabila anda menemukan ada yang janggal pada garis-garis mobil setengah pakai maka bisa dipastikan jika mobil yang akan anda beli tersebut sudah perngah mengalami benturan pada bodinya.

3. Perhatikan kaca depan dan kaca belakang

Cara mengetahui ciri - ciri mobil bekas kecelakaan yang kedua ini adalah dengan mengamati pada bagian kaca depan dan belakang karena bagian yang pasti mengalami kerusakan ketika terjadi tabrakan yang keras ialah kaca mobil.
  • Untuk mengeceknya sangat mudah dengan cara menyemprotkan air pada bagian tersebut karena jika pemasangan kaca yang kurang bagus akan menyebabkan air yang kita semprotkan tersebut akan merembes melalui celah pada kaca. Sebab pada mobil yang mengalami kecelakan jika pemasangan kaca mobil kurang baik akan ada celah untuk terjadinya kebocoran.

4. Lakukan test drive

Cara mengetahui ciri - ciri mobil bekas kecelakaan yang paling penting adalah dengan merasakan mobil tersebut saat dikendarai. Namun anda perlu mendapatkan ijin terlebih dahulu dari pemiliki mobil bekas tersebut karena biasanya mobil bekas tabrakan tidak diijinkan oleh pemiliknya untuk anda melakukan test drive.
  • Untuk mengetahui mobil bekas tabrakan atau tidak, anda cukup mengemudikannya secara pelahan dan rasakan hingga kecepatan mencapai 60 km/jam. Dalam kondisi mobil bekas tabrakan biasanya ketika sudah mencapai kecepatan tersebut, kemudi mobil biasanya tidak akan stabil. Jika mobil sudah pernah mengalami tabrakan yang dahsyat maka mobil akan terasa condong entah itu ke sisi kanan ataupun sisi kiri. Ketidak nyamanan ini dapat terjadi akibat sudah tidak samanya antara radius putar ke kanan dan ke kiri mobil serta jarak pijak rodanya.

Baca juga :
  1. Cara Cek Mesin Mobil Bekas Melalui Kondisi Knalpot
  2. Perbedaan Asuransi All Risk Dengan TLO

Demikian tips mengetahui mobil bekas rekondisi tabrakan yang dapat kami sampaikan pada pertemuan kita kali ini. Semoga dengan membaca postingan seputar otomotif kali ini dapat menjadikan anda mengetahui ciri - ciri mobil bekas tabrakan yang banyak dijual sekarang ini. Pastikan segala hal sebelum anda membeli sebuah mobil, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan