Cara Mengatasi Masalah Pada Lampu Sein (Sign) Mobil - Seputar Otomotif

Lampu sein mati total - Bagaimana cara mengatasi lampu sein mobil tidak berkedip ataupun nyala terus ? Jangan sepelekan jika lampu sein (sign) mobil mati sebelah sebab lampu sen mobil juga memiliki peranan yang cukup penting. Salah satu fungsi dari lampu reting mobil adalah sebagai tanda kepada pengendara lain jika mobil yang kita kemudikan hendak berbelok dengan indikator lampu akan berkedip. Meskipun warna lampu sein berwarna kuning namun sering kali banyak orang memodifikasi lampu sen mobil menjadi warna yang berbeda. Padahal mengapa lampu sein berwarna kuning tentu memiliki tujuan, salah satunya supaya lampu tetap terlihat berkedip dalam kondisi siang / malam dan pada cuaca berkabut maupun hujan lebat.

Perlu disadari bahwa lampu sein merupakan hal yang penting dalam berkendara, untuk pengedara yang terbiasa laju lampu sein ini sangat dibutuhkan. Peran penting dari fungsi lampu sein ini adalah menandakan bahwa saat kita berbelok ke arah kiri maupun ke kanan. Jadi lampu sein dapat meminimalisir angka kecelakaan. Nah, kita ulas sedikit komponen yang terkait dengan bermanfaat atau tidaknya lampu sein ini. Ok, bahwa komponen yang ada pada lampu sein yaitu seperti bohlam lampu sein, flasher, saklar dan juga kabel penghantar. diharapkan akan ada lampu sein yang lebih canggih di era mendatang.

Berdasarkan analisa kami, dengan adanya lampu sein pada mobil, kita dapat memberi tanda kepada kendaraan yang ada dibelakang kita mengenai arah mana yang akan kita ambil pada saat berada di perempatan. Selain itu ketika kita akan mendahului kendaraan yang berjalan lambat di depan kita, lampu sen dihidupkan menjadi suatu kewajiban. Oleh karena itu jika lampu sein mobil mati total kita wajib untuk memperbaiki lampu reting tersebut melihat pentingnya fungsi dari lampu sen pada sebuah mobil. Dan jangan lupakan untuk menghidupkan lampu sen mobil jika mesin mobil kita mengalami kerusakan di dalam perjalananan.

Sangat tidak di sarankan kita menjalankan suatu mobil jika lampu sen mobil mengalami masalah atau mati. Oleh karena itu kami akan mencoba memberikan penjelasan cara memeriksa lampu sein demi keselamatan kita mengemudi mobil di jalanan. Berikut akan kami sampaikan penyebab dan cara memperbaiki lampu sein mobil tidak berkedip secara lengkap di bawah ini.

Cara Mengatasi Masalah Pada Lampu Sein (Sign) Mobil

lampu reting mobil tidak berkedip


Solusi untuk mengatasi masalah pada lampu sein mobil adalah :


1. Jika tuas sein kita fungsikan dan tampilan pada dash board mobil tanda sein berkedip lebih cepat dari biasanya itu artinya terdapat ada salah satu dari bohlam lampu sein yang putus.

  • Solusinya adalah mengganti bohlam sein yang sesuai pada type mobil anda dengan bohlam lampu reting yang baru.

2. Jika tuas sein kita fungsikan dan tampilan sein tidak menyala, langkah yang harus anda lakukan yaitu periksa sekring yang berhubungan dengan lampu sein.
  • Solusinya adalah mencari letak sekering lampu sein tersebut (di kotak sekring ada petunjuk kemudian bacalah dengan seksama letak sekring lampu sein dengan tujuan agar tidak salah cabut sekring), apabila anda menemukan ada yang putus maka gantilah sekering lampu yang putus tersebut dengan sekring baru yang sesuai.

3. Jika semua sekring sudah anda periksa dalam kondisi bagus akan tetapi lampu sein masih tidak menyala, kemungkinan terbesar penyebabnya adalah terjadi kerusakan pada "Flasher".
  • Solusinya adalah coba cek flasher yang posisinya di dekat dengan kotak sekring. Perangkat yang punya nama lain relay winker ini berfungsi sebagai saklar otomatis pada lampu sein agar lampu reting dapat hidup berkedip-kedip. Setelah anda periksa dan terdapat bekas terbakar, maka beli flasher baru (harga flasher baru sekitar Rp. 35.000) kemudian pasang di dudukanya.

4. Jika lampu sein tetap menyala namun tidak dapat berkedip langkah yang harus anda lakukan adalah :
  • Periksa sambungan kabel atau kondisi aki. Sebab jika tegangan arus yang masuk berkurang akan mengakibatkan sein tak mau berkedip. 

5. Jika semua cara diatas sudah anda lakukan namun lampu sen tetap tidak menyala maka kemungkinan terakhir adalah terdapat kabel yang putus.
  • Solusinya adalah dengan membawanya ke bengkel mobil untuk memeriksa kabel - kabel yang mungkin membutuhkan suatu peremajaan.
Lampu sein yang bagus itu wajib berkedip dan harus menyala baik depan maupun belakang. Dari segi ukuran lampu sein sudah di atur oleh pabrikan mulai dari bentuk serta posisi supaya dapat terlihat dari arah manapun.

baca juga :
Kehilangan Mobil ? Langkah Apa Yang Harus Dilakukan ?
Cara Mencari Mobil Yang Hilang Dicuri Menggunakan HP Android

Demikian postingan otomotife.com mengenai Cara Memperbaiki Lampu Sein(Sign) Mobil/Motor yang Mati. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu anda untuk menyelesaikan problem yang sering terjadi pada lampu sein mobil anda, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan