Cara Mengaktifkan GPS Navigasi Pada Mobil - Seputar Otomotif - AUTOMOTIFE

Cara Mengaktifkan GPS Navigasi Pada Mobil - Seputar Otomotif

GPS mobil - Bagaimana cara mengaktifkan gps mobil pada mobil baik itu mobil pribadi ataupun mobil rental ? Tentu sekarang ini tidak jarang di setiap mobil tentu sudah banyak yang di pasang gps terlebih lagi untuk jenis mobil rental, para pemiliki bisnis sewa mobil pasti sudah tahu cara menggunakan gps navigasi maupun gps tracker di mobil mereka. Alat pelacak mobil atau Global Positioning System ( GPS ) sebenarnya dibedakan menjadi 2 dan memiliki fungsi gps pada mobil yang berbeda, dan berikut perbedaan dari gps tracker dengan gps navigasi berdasarkan fungsi gps mobil tersebut :

1. GPS Tracker

  • GPS tracker memiliki fungsi utama sebagai alat untuk mengetahui dimana posisi mobil yang di kendarai dari tempat yang berbeda. Cara kerja gps tracker pada mobil adalah melacak posisi mobil / armada biasanya gps tracker banyak dipakai pada perusahaan transportasi seperti taksi, sehingga Bos dari perusahaan tersebut dapat mengetahui posisi mobil beserta kinerja sopir dari tempat yang lain. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika pada mobil pribadi anda pasang gps tracker tersebut, agar anda dapat mencari lokasi mobil yang hilang dari sinyal gps mobil tersebut.

2. GPS Navigasi

  • Fungsi dari GPS navigasi adalah sebagai alat penunjuk jalan atau sebagai alat navigasi atau penunjuk arah. Cara kerja GPS navigasi mobil yaitu dengan mengandalkan sinyal dari satelit agar dapat selalu mendeteksi lokasi GPS setiap detiknya. Prinsip dasarnya seperti ini, GPS yang berada di dalam mobil secara otomatis satelit akan memantau setiap laju mobil itu sendiri kemudian gps akan menangkap sinyal lalu akan divisualisasikan dalam bentuk peta yang sudah terinstal pada device / alat (monitor GPS).

Prinsip dasarnya seorang pengemudi untuk mengetahui posisi mobil sekarang (realtime) biasanya alat yang digunakan ialah gps navigasi. Dengan menghidupkan gps navigasi dapat mempermudah pengemudi untuk mencari lokasi tempat tujuan yang belum pernah dia kunjungi, dengan memasukan nama lokasi maka secara otomatis gps navigasi akan memberikan rutenya. Bagi mobil yang sudah di instal gps di tv mobil tersebut, jika rute perjalanan anda salah maka anda akan diberi tahu oleh sistem sofware gps navigasi tersebut. GPS navigasi akan terlihat pada monitor mobil anda dalam bentuk 2D ataupun 3D karena itu semua tergantung dari jenis navigasi yang anda miliki. Agar GPS navigasi dapat optimal untuk digunakan sebaiknya monitor gps diposisikan pada tempat yang tidak menggangu konsentarasi mengemudi serta pada tempat yang mudah dilihat.

Cara Mengaktifkan GPS Navigasi Pada Mobil


Cara menggunakan gps navigasi pada mobil

Sebelum kita mulai membahas cara mengaktifkan gps navigasi pada mobil, langkah yang harus anda penuhi sebelumnya adalah mobil anda sudah terpasang gps terlebih dahulu. Jika anda belum memiliki alat pelacak perjalanan tersebut, anda dapat membeli gps navigasi mobil dengan kisaran harga mulai dari 2.5 sampai 5 juta. Namun anda tidak perlu cemas karena gps navigasi mobil dengan merk - merk cina masih memiliki harga yang cukup murah sekitar 400 sampai 700 ribuan. Langsung saja mari kita ikuti cara membuat jalur perjalanan menggunakan gps navigasi mobil dengan mudah di bawah ini.

Cara mengoperasikan GPS navigasi pada mobil dan langkah - langkahnya sebagai berikut :


  1. Pertama - tama nyalakan GPS dengan menekan tombol on.
  2. Mendeteksi posisi mobil yang kita kendarai dengan cara menekan lingkaran yang ada pada monitor supaya GPS mengirimkan sinyal ke satelit.
  3. Masukan nama tempat tujuan anda dengan cara mengetik lokasi yang akan anda tuju pada icons "search" pada layar LED GPS (sebagai contoh, bandara A.Yani Semarang). Kemudian tekan enter atau search dan tunggu sekitar 1 - 2 detik karena GPS akan mencari alamat tersebut, apabila lokasi sudah ditemukan kita akan mendapat notifikasi untuk mengkonfirmasi apakah tujuan sudah benar atau belum.
  4. Pembuatan track yang akan anda lewati dengan menekan pilihan "buat rute". Setelah itu komputer GPS akan menampilakan peta lengkap perjalanan anda dengan membuat rute yang paling dekat dan beberapa rute alternatif lain.
  5. Langkah terakhir untuk mengaktifkan gps navigasi di mobil adalah dengan menekan pilihan "mulai". Maka setelah itu anda mulai dapat mengemudi mobil dengan dilengkapi adanya navigasi perjalanan anda.

Perlu anda ketahui : Saat anda membeli suatu gps untuk mobil, sebaiknya minta untuk instal peta pada penjual karena terkadang ada beberapa gps yang belum terdapat software peta pada gps navigasi tersebut.

baca juga :
Cara Mudah Memasang GPS Tracker Pada Mobil Sendiri
Cara Membersihkan Bekas Stiker Pada Bodi Mobil / Motor

Demikan artikel kami kali ini yang baru saja mengulas tentang bagaimana cara menggunakan gps navigasi pada mobil avanza, xenia ataupun mobil merk lainnya. Semoga artikel kami kali ini dapat membantu anda dalam mengoperasikan gps di mobil anda, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan