Cara Memperbaiki Wiper Mobil Yang Macet Tanpa Harus Ke Bengkel - Seputar Otomotif

Wiper mobil rusak - Bagaimana cara memperbaiki wiper mobil yang mati ? Salah satu part pendukung mobil sering kita abaikan adalah wiper mobil, terkadang kita mengabaikan wiper mobil rusak padahal ketika hujan turun wiper memiliki peranan yang penting. Dengan adanya teknologi wiper pada mobil - mobil keluaran terbaru saat ini agar proses pembersihan atau penyapuan ari lebih maksimal lagi menjadi bukti pentingnya peranan wiper di sebuah mobil. Salah satu teknologi terbaru pada wiper mobil adalah graphite coating, merupakan sebuah teknologi yang mampu membersihkan kaca depan lebih maksimal tanpa menghilangkan lapisan water repellant. Namun apa yang terjadi jika wiper mobil tiba - tiba tidak berfungsi ?

Secara umum wiper mobil mempunyai fungsi sebagai alat pembersih kaca mobil dari air dan debu. Yang mana pada setiap komponen memiliki peran penting pada proses kerjanya. Jadi akan lebih mudah kita mengatasi wiper mobil bergetar jika kita mengetahui komponen wiper dan fungsinya pada setiap bagian - bagian wiper mobil tersebut, dan berikut fungsi dari komponen wiper mobil :

  1. Saklar Wiper >> Memiliki fungsi : untuk menghidupkan Wiper Mobil.
  2. Karet Wiper >> Memiliki fungsi : untuk menyapu kaca dari air dan debu. Terbuat dari bahan karet dan besi sebagai penghubung antara karet wiper dengan Tangkai Wiper.
  3. Tangkai Wiper >> Memiliki fungsi : pegangan dari Karet Wiper. Selain itu Tangkai Wiper juga mempunyai peran sebagai penghubung antara Karet Wiper dengan Wiper Link yang terbuat dari bahan besi.
  4. Wiper Link >> Memiliki fungsi : sebagai penghubung antara Tangkai Wiper dan Karet Wiper dengan Dinamo Wiper (Motor Wiper). Terbuat dari bahan besi dan alumunium.
  5. Dinamo Wiper >> Memiliki fungsi : sebagai penggerak dari komponen Wiper Mobil seluruhnya.

Setelah melihat fungsi dari setiap komponen yang ada pada wiper tentu kita akan ada bayangan memperbaikinya jika terjadi kerusakan pada wiper mobil tersebut. Lalu bagaimana jika yang terjadi adalah wiper mobil macet ? Tentu anda harus menganalisa penyebab wiper mobil mati dari setiap komponen pada wiper itu sendiri. Mari kita langsung saja membahas cara memperbaiki wiper mobil yang seret secara lengkap di bawah ini.

Cara Memperbaiki Wiper Mobil Yang Macet Tanpa Harus Ke Bengkel 

cara memperbaiki karet wiper mobil


1. Penyebab dan cara mengatasi masalah pada wiper mobil :


Saklar wiper tidak berfungsi

Penyebab : 

  • Kerusakan pada saklar wiper sering kali disebabkan karena terjadinya korsleting arus listrik. Jika Saklar Wiper rusak otomatis Wiper juga tidak dapat dihidupkan.

Dinamo Wiper (Motor Wiper) terbakar

Penyebab :

  • Dinamo wiper terbakar biasanya disebabkan oleh hubungan singkat arus listrik pada Mobil. Jika sudah terjadi seperti itu Wiper Mobil dinyatakan rusak total karena sumber pemutar dari sistem kerja Wiper Mobil tidak dapat berfungsi.

Karet Wiper Mobil sudah keras

Penyebab :

  • Karet wiper mulai mengeras biasanya dipengaruhi oleh faktor usia pemakaian. Dampak yang ditimbulkan yaitu Wiper tidak dapat menyapu air atau kotoran dengan maksimal. 

Cara mengatasi :

  • Untuk memperbaikinya anda harus mengganti karet wiper dengan yang baru.

Wiper Link patah dan Bush Wiper aus

Penyebab :

  • Pada umumnya ini terjadi diakibatkan oleh Wiper Link yang patah karena faktor usia pemakaian atau kecelakaan. Selain itu juga karena Bush Wiper yang terletak pada bagian Wiper Link sudah aus. Karena bahan dasar pembuat Bush Wiper itu sendiri adalah plastik. Jika sudah aus Bush Wiper bisa saja terlepas sewaktu-waktu. Akibatnya Wiper Link tidak dapat meneruskan gaya putar dari Dinamo Wiper.

Tangkai Wiper aus atau patah

Penyebab :

  • Pada Tangkai Wiper terdapat lubang sebagai tempat penghubung dengan baut Wiper Link, rata - rata dalam penggunaan jangka lama lubang ini yang biasanya rusak atau sudah aus. Sehingga akan mengakibatkan Tangkai Wiper tidak terpasang dengan benar, bahkan meskipun Dinamo Wiper sudah bekerja Tangkai Wiper tetap tidak bergerak karena tidak terpasang dengan benar pada baut Wiper Link.

baca juga :

2. Oleh karena itu, agar kita terhidar dari masalah yang sudah kami sampaikan seperti diatas maka kami akan mencoba berbagi Tips Simpel Merawat Wiper Agar Lebih Awet. Dengan cara sebagai berikut :


  • Hindari kebiasaan mengelap atau membersihkan Karet Wiper pada bagian samping. Seban pada bagian samping Karet Wiper terdapat lapisan kimia (Graphite) yang bertujuan untuk menjaga elastisitas Karet Wiper. Untuk itu cukup bersihkan saja pada bagian ujung karet wiper menggunakan kanebo.
  • Jangan gunakan Air Wiper yang banyak di jual di toko-toko, karena pada cairan tersebut terkadang mengandung zat asam yang dapat mengendap pada tempat penampung Air Wiper. Untuk itu anda dapat menggunakan air biasa yang dicampur dengan shampo sebagai penggantinya. Selain lebih murah shampo juga cukup bagus untuk menggantikan cairan Wiper.
  • Berikan pelumas pada bagian Wiper Link, khususnya pada bagian Bush Wiper. Gunakan cairan khusus seperti WD40 namun jika anda tidak memilikinya anda juga dapat menggunakan oli bekas, supaya pergerakan Wiper lebih lancar.

Demikian tutorial untuk memperbaiki wiper mobil macet entah itu karena seret ataupun terjadi kerusakan pada wiper mobil itu sendiri. Semoga pertemuan kita kali ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua khususnya mereka yang sedang mempunyai masalah dengan wiper mobil milikinya, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan