Cara Cek Mesin Mobil Bekas Melalui Kondisi Knalpot

Cara cek mobil bekas - Bagaimana cara mengecek kondisi mesin mobil bekas yang bagus sebelum kita membeli mobil bekas tersebut ? Ketakutan banyak orang yang sering terjadi ketika akan membeli mobil bekas adalah jika mendapatkan mobil bekas yang kondisi mesinnya tidak bagus karena mereka beleum mengetahui cara cek mesin mobil bekas. Terkadang kita terlena akan bodi mobil yang mengkilap pada saat akan membeli mobil bekas di showroom, padahal kondisi mesin mobil menjadi hal yang cukup penting agar kita tidak terlalu banyak perbaikan setelah membeli mobil bekas tersebut. Karena mesin yang rusak tiba-tiba di tengah perjalanan bisa terjadi kapan saja, oleh karena itu kita jangan ragu - ragu untuk mengetahui ciri mesin mobil masih bagus dengan memeriksa performa mesin mobil bekas yang hendak kita beli.

Anda harus mengetahui kondisi mobil bekas tersebut sedang prima ataupun tidak. Untuk mendeteksi kondisi mobil, anda tidak perlu mengecek langsung pada bagian mesin namun dengan melihat pada bagian knalpot anda bisa mengetahui mesin mobil bekas tersebut baik atau tidak. Cara cek mobil bekas melalui knalpot atau sistem pembuangan merupakan cara mendeteksi kondisi mesin dengan cara yang mudah. Dengan melihat pada sistem pembuangan atau knalpot anda tidak perlu mencopot busi satu persatu, mengecek throttle, memeriksa kabel busi ataupun part - part mesin lainnya untuk mengenali ciri - ciri mobil bekas yang masih bagus.

Jika kita mengetahui tentang mesin sebuah mobil, dari asap knalpot mobil tidak akan dapat menipu kondisi mesin mobil bekas itu bagus atau tidaknya. Lalu bagaimana cara mengetahui kondisi mesin mobil bekas lewat knalpot mobil tersebut ? Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami seputar otomotif akan berbagi tips membeli mobil bekas agar mendapatkan mesin mobil yang terbaik. Mari langsung saja kita bahas secara lengkap mengenai cara cek mesin mobil bekas melalui sistem pembuangan / knalpot yang sudah kami tuliskan di bawah ini.

Cara Cek Mesin Mobil Bekas Melalui Kondisi Knalpot

cara mengecek mesin mobil bekas lewat knalpot


Perhatikan gas buang mobil yang keluar dari knalpot untuk mengetahui ciri mesin mobil masih bagus. Kita akan mengetahui bagaimana kondisi mesin mobil bekas yang baik dari ujung knalpot mobil karena hasil sisa gas buang memberikan tanda - tanda mesin mobil secara akurat, contoh :
  • Gumpalan berupa kerak Abu-Abu - Gumpalan kerak abu-abu menandakan bahwa kondisi mesin mobil Anda sedang dalam kondisi prima karena terjadi proses pembakaran yang sempurna.
  • Sedangkan, gumpalan berupa kerak Hitam - Kejadian ini menandakan bahwa terlalu banyak bahan bakar yang terbuang melalui asap knalpot yang berdampak pada tarikan mobil menjadi lemah dan konsumsi bahan bakar menjadi sangat boros.

Ciri mesin mobil yang bagus jika dilihat melalui ujung knalpot selain tanda - tanda diatas adalah :

Cara mengecek mesin mobil bekas di lihat dari kondisi knalpot, yaitu :


Terdapat Percikan Air Pada Ujung Knalpot

  • Terdapat percikan air ini sering terjadi ketika pertama kali mobil di stater dalam kondisi mesin dingin. Penyebab percikan air yang keluar dari knalpot ini karena adanya proses pengembunan dalam saluran knalpot. Percikan air ini memberi tanda bahwa saluran pipa knalpot mobil Anda bebas dari oli yang meleleh ataupun gumpalan oli yang mengeras. Ketika suhu dalam saluran pipa naik, percikan air ini dengan sendirinya akan menghilang. Jadi jika terjadi hal tersebut dapat dikatakan mesin mobil tersebut masih dalam kondisi yang wajar atau normal.

Terdapat Serpihan Kotoran Pada Ujung Knalpot

  • Kondisi ini memberitahukan bahwa terdapat pengeroposan pada bagian saringan knalpot yang disebabkan oleh proses karatan. Pada saat mesin mobil bekerja dalam putaran yang tinggi biasanya akan muncul kotoran yang berbentuk seperti besi berkarat dalam jumlah kecil yang keluar bersamaan dengan asap mobil. Efek yang di timbulkan dari masalah ini adalah konsumsi bahan bakar mobil bekas tersebut akan lebih boros dan suara knalpot akan berisik.

Terdapat Lelehan Oli Pada Ujung Knalpot

  • Ciri mesin mobil yang oli mesinnya masuk ke sistem pembakaran dalam jumlah banyak adalah terdapat lehan oli pada ujung knalpot. Bersamaan dengan sisa asap pembakaran, oli ini menguap dikarenakan panas di dalam knalpot dan menyebabkan asap mobil berwarna putih dengan kebulan tebal. Penyebab yang sering terjadi pada masalah ini biasanya karena ring piston yang kurang seret atau seal valve pecah. Oleh karena itu perlu dilakukan tindakan lebih lanjut dengan membawanya ke bengkel, jika dibiarkan maka kerusakan dapat menjalar pada komponen yang lain.

baca juga :
  1. Perbedaan Asuransi All Risk Dan TLO
  2. Cara Menghitung Cicilan Mobil Dengan DP Ringan Lewat Leasing

Demikian artikel kami pada kesempatan kali ini yang mencoba memberikan tips beli mobil bekas dengan mengenali ciri - ciri mobil bekas yang masih bagus yang dilihat dari kondisi knalpot mobil bekas tersebut. Selain itu ketika anda akan melakukan test drive terhadap mobil yang akan anda beli, beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya seperti performa mesin, kenyamanan perpindahan transmisi dan performa rem selain kondisi mesin yang bisa kita ketahui melalui asap knalpot mobil tersebut. Semoga artikel kami diatas dapat memberikan manfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan