Cara Mengatasi Remot Alarm Mobil Yang Tidak Berfungsi ( Error )

Remote mobil - Bagaimana cara mengatasi remote mobil tidak berfungsi ? Tidak dipungkiri lagi bahwa remote alarm mempunyai peranan penting dalam sebuah mobil maka dari itu tidak heran jika banyak orang bingung ketika remote mobil tidak bisa mengunci. Alarm remot pada mobil memiliki fungsi sebagai keamanan pada mobil anda agar terhindar dari bahayanya pencurian atau kejadian yang dapat membahayakan kendaraan. Penggunaan remote alarm secara umum cukup dengan menekan alarm untuk mengunci, setelah itu alarm akan bunyi 'beep' atau 'chip', maka secara otomatis semua pintu akan terkunci.

Jika semua pintu mobil sudah terkunci, maka ketika terdapat getaran yang berlebih baik itu dari mobil anda sendiri maupun bagasi dan kap mesin secara otomatis alarm akan aktif dan melindungi mobil tersebut. Yang menarik dari alarm remot mobil ini adalah alarm akan melindungi mesin dengan cara tidak dapat starter ketika alarm sedang aktif serta dapat mengeluarkan bunyi alarm jika menerima getaran berlebihan pada modul alarm. Setelah mengetahui betapa pentingnya fungsi remote alarm pada sebuah mobil, alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui cara memperbaiki alarm mobil yang error. Namun selain itu, anda juga perlu tahu tentang cara mematikan alarm mobil tanpa remot untuk mengantisipasi jika alarm mobil berbunyi namun remote hilang.

Ketika kita tidak bisa membuka pintu mobil dengan remote dan kita merasa remote pintu mobil bermasalah atau tidak berfungsi untuk memastikan sumber permasalahannya terdapat pada remote mobil bukan pada modul remote atau juga sistem central locknya, kita dapat mencobanya dengan cara menggunakan remote cadangan. Selain itu pada kesempatan kali ini otomotife.com akan mencoba memberikan 3 langkah mudah untuk mengatasi kunci otomatis mobil tidak berfungsi. Dan di bawah ini adalah cara reset remote mobil untuk mengatasi masalah yang biasa terjadi pada remot alarm mobil.

Cara Mengatasi Remot Alarm Mobil Yang Tidak Berfungsi ( Error )

cara reset remote mobil


Berikut ini adalah penyebab remote alarm tidak berfungsi sehingga tidak dapat mengunci pintu secara otomatis pada mobil beserta cara mengatasinya :


1. Baterai remote alarm mobil yang mau habis / baterai habis.

Kami mempunyai pengalaman mobil pernah selama 3 hari tidak dipasang aki (accu)  karena remote mobil yang kehabisan baterai, sebab jika aki dipasang maka alarm langsung berbunyi kemudian lampu hazard akan terus menerus berkedip.

Namun ketika kami telah mengganti baterai remote alarm mobil dengan batre remot yang baru tetap saja tidak ada perubahan. Setelah melihat ada kejanggalan pada nyala led saat tombol remote ditekan memberikan nyala yang kurang terang, maka kami mencoba baterai remot yang baru tersebut dengan battray remote mobil milik orang lain dan hasilnya remote alarm mobil tersebut berfungsi normal kembali.

Untuk itu kami mencoba berbagi cara agar kita mengetahui kerusakan remote mobil yang disebabkan oleh baterai habis :

  • Saat ditekan tombol pada remote biasanya lampu led pada remote tersebut nyala redup.
  • Lampu Led pada remote tidak nyala saat ditekan semua tombol.
  • Jika sudah dibelikan battray baru nyala led terlihat kurang terang, oleh karena itu coba bandingkan nyala led remote tersebut dengan remote yang lain.

2. Pemasangan baterai remote mobil yang terbalik

Jika kita akan mengganti sendiri baterai remote maka yang perlu diperhatikan dengan teliti kutub positif serta kutub negatifnya sebab ukuran baterai remote tersebut  kecil dan secara fisik antara kutub positif dengan negatif hampir memiliki kesamaan. Oleh karena itu kita perlu memperhatikan tanda (+) dan (-) yang terdapat pada baterai supaya tidak salah pasang. Cara pemasangannya adalah baterai dengan tanda minus posisikan pada bagian yang ada pegas atau per-nya. Apabila baterai sempat terbalik sekali saja maka akan berakibat remote rusak permanen dan tidak bisa digunakan lagi.

3. Tombol Remote Tidak Berfungsi atau Rusak

Tombol buka pintu (gambar gembok terbuka) serta tombol kunci pintu (gambar gembok tertutup) seringkali menjadi tombol remote tidak berfungsi. Untuk memastikan remote alarm tidak berfungsi karena disebabkan oleh tombolnya yang rusak, kita dapat melakukannya dengan cara ditekan tombol lain yang jarang dipakai contohnya saja tombol car finder atau tombol sirine pada remote, maka lampu led akan terlihat nyala.

Untuk memperbaiki tombol remot yang rusak maka langkah yang harus kita lakukan adalah dengan mengganti tombol yang rusak pada remote tersebut dengan tombol yang jarang dipergunakan, cara ini akan lebih mudah jika dibandingkan dengan mengganti modul remote yang baru. Mengganti modul remote juga tidak ada salahnya karena harga modul remote dan ongkos pasang juga tidak terlalu mahal.

Harga remote mobil universal mulai dari 300 ribu sampai 400 ribuan plus ongkos pasang namun ada juga yang harga memasang harga sampai 600 ribu.


baca juga :
Cara Memperbaiki Klakson Mobil Yang Tidak Bisa Berbunyi
Tips Mengatasi Mobil Mogok Secara Tiba - Tiba Dalam Perjalanan

Demikan pertemuan kita kali ini yang baru saja mengulas tentang cara kita memperbaiki remote alarm mobil yang rusak / tidak berfungsi. Semoga artikel kami diatas dapat bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan