Archive for 12/16/16

Cara Memperbaiki Sendiri Rem Mobil Yang Mengeluarkan Bunyi

Memperbaiki rem berbunyi - Bagaimana cara mengatasi rem mobil bunyi saat diinjak ? Rem mobil yang  mengeluarkan bunyi berdecit ketika rem di injak tentu akan mengganggu operasional ketika kita sedang mengemudi mobil tersebut. Dan sering kali ketika rem mobil berbunyi berisik akan diikuti tidak berfungsinya kinerja pada kampas rem mobil yang mengakibatkan mobil tidak bisa langsung berhenti saat di rem. Lalu bagaimana cara mobil bunyi saat direm ? Jika pada artikel sebelumnya kami telah membahas tentang cara merawat mobil matic, kali ini kami akan mengupas tuntas tentang cara memperbaiki rem depan mobil yang berbunyi pada mobil seperti avanza, inova, xenia dan sebagainya agar performance mobil tetap terjaga.

Beberapa kejadian ketika kita mengerem dan mobil berbunyi berisik biasanya terjadi setelah kita membawa mobil dan tanpa sengaja melintasi jalanan yang penuh dengan genangan air. Namun setelah beberapa saat kemudian bunyi berdecit pada kampas rem mobil akan menghilang, akan tetapi jika kondsinya memang parah bunyi berisik pada rem depan mobil tidak kunjung menghilang. Sebelum kita melakukan perbaikan bunyi rem pada mobil matic ataupun manual, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu kenapa mobil bunyi saat direm. Dan penyebab dari rem depan mobil seperti avanza bunyi adalah :

  • Rem Kotor
  • Kampas Rem Sudah Habis atau Tipis
  • Cakram Tidak Rata
  • Sistem Pengereman Macet

Dan kali ini performance-car-desaign akan mencoba berbagi cara menghilangkan derit pada rem mobil dengan melakukan langkah pada cara membersihkan cakram dan tromol mobil. Karena tindakan sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah rem mobil berbunyi tanpa harus datang ke bengkel adalah melakukan perawatan pada rem cakram dan kampas rem mobil. Dan dibawah ini adalah langkah - langkah cara membersihkan rem cakram serta tromol mobil secara lengkap agar anda dapat selalu menjaga performance mobil anda.

Cara Memperbaiki Sendiri Rem Mobil Yang Mengeluarkan Bunyi

rem mobil berbunyi


Untuk mengatasi masalah rem mobil berbunyi terdapat 2 bagian yang harus kita bersihkan, diantaranya adalah tromol dan cakram. Sebelum anda memperbaiki rem mobil bunyi duk, alat - alat yang perlu anda persiapkan yaitu :
  1. Kunci untuk membuka velg.
  2. Lap atau kain bersih.
  3. Kompresor jika anda tidak memilikinya, anda dapat menggunakan kuas yang halus.
  4. Cairan pembersih rem (brake cleaner) yang dapat anda beli pada bengkel sparepart mobil.

1. Cara Membersihkan Rem Cakram Mobil


Langkah - langkah yang harus dilakukan untuk membersihkan rem cakram mobil, yaitu :

  1. Pertama - tama buka velg mobil menggunakan kunci velg mobil, dan pastikan roda sudah terlepas hingga terlihat cakram mobil.
  2. Kemudian semrotkan breaker cleaner (cairan pembersih rem mobil) secara merata pada cakram mobil sampai piringan cakram terlihat basah. Untuk anda ketahui jarak penyemrotan antara cakram dengan brake cleaner sekitar sepuluh sampai 15 centimeter.
  3. Setelah itu bersihkan sisa - sisa kotoran yang menempel pada rem cakram mobil tersebut menggunakan lap kering yang sudah anda siapkan tadi.
  4. Setelah piringan cakram anda lap sampai bersih, kemudian lakukan kembali seperti pada langkah kedua dan ulangi sampai 2 hingga 3 kali. Lebih bagus lagi jika anda membersihkan piringan cakram dengan melepaskan cakram tersebut akan tetapi jika tidak bisa, menggunakan cara ini saja juga sudah cukup mengatasi bunyi rem berisik pada mobil ketika diinjak.

2. Cara Membersihkan Tromol Rem


Langkah - langkah yang harus dilakukan untuk membersihkan tromol mobil hampir sama dengan pada saat kita membersihkan cakram mobil, yaitu :

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan roda mobil dan kemudian lepaskan tromol tersebut dengan cara diketok menggunakan palu, lakukan dengan hati-hati dan jika perlu perlahan saja untuk memudahkan melepas tromol dari rumahnya.
  2. Jika tromol sudah terlepas dari rumahnya cek kondisi tromol, disitu akan terlihat banyak debu / residu pada tromol. Kemudian bersihkan debu pada tromol menggunakan kompresor akan tetapi jika anda tidak mempunyai kompresor anda dapat menggunakan kuas halus yang sudah disiapkan.
  3. Apabila tromol sudah terhindar dari debu maka lakukan penyemprotan menggunakan brake cleaner seperti langkah 2 sampai 4 pada cara membersihkan cakram yang telah kami sampaikan diatas.
  4. Setelah kondisi tromol sudah bersih maka anda dapat memasang kembali tromol mobil anda kembali.


Demikian artikel kami kali ini yang telah mengulas tentang bagaimana cara kita untuk mengatasi rem mobil bunyi saat diinjak tanpa harus ke bengkel. Semoga tips sederhana kami mengenai cara memperbaiki rem mobil agar tidak menderit ini dapat memberikan manfaat bagi kita penggemar otomotif, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan