Archive for 12/13/16

Tips Belajar Mengemudi Mobil Matic

Cara Membawa Mobil Matic - Bagaimana cara menyetir mobil matic seperti honda freed ? Ketika kita mengemudi mobil matic tentu tidak akan mengalami banyak kesulitan sebab mobil yang dapat dikatakan mudah mengemudinya karena lebih sederhana adalah mobil matic. Meskipun demikian kita tetap saja akan mengalami rasa bingung ketika membawa mobil matic, itu dikarenakan ada perbedaan cara mengemudi mobil automatic dengan manual. Salah satu yang harus anda ketahui pada mobil matic adalah pada cara memindahkan gigi mobil dengan transmisi automatic (matic). Oleh karena itu bagi anda yang ingin belajar mengemudi mobil matic, anda harus menghafal cara mengganti presneling mobil matic. Berikut ini performance-car-desaign akan berbagi beberapa teknik dasar mengemudi mobil matic.

Tentu saja terdapat perbedaan pada saat mengganti gigi mobil matic dibandingkan mobil manual. Namun perbedaan cara oper gigi mobil matic tidak serumit dengan mobil manual, tetapi untuk masalah kenyamanan saat membawa mobil matic itu tergantung pada diri anda sendiri. Terdapat beberapa cara supaya anda dapat cepat memahami tentang cara belajar mengemudikan mobil dengan transmisi otomatis (matic) sehingga dapat terhindar dari kejadian yang tidak kita inginkan.

Berdasarkan pada banyak orang yang bisa mengendarai mobil manual tetapi akan kesulitan ketika membawa mobil matic, kami akan mencoba berbagi tips mengenai cara mengendarai mobil matic seperti avanza, jazz, agy, ataupun mobil metik lainnya secara dasar. Oleh karena itu mari kita simak teknik menyetir mobil transmisi otomatis / matic dibawah ini.

Tips Belajar Mengemudi Mobil Matic

cara membawa mobil automatic


1. Fungsi dan kegunaan dari tombol serta huruf yang ada pada mobil matic


1. Fungsi tombol hold dan kapan digunakannya tombol hold.

Sebenarnya tombol hold merupakan fitur penguncian gigi dan dapat dioperasikan ketika tangkai persneling dalam posisi D. Jika tombol ini diaktifkan, maka akan dapat mengunci mobil pada gigi dua dan tiga. Fitur tombol hold ini dapat membantu menghemat pemakain  BBM ketika mengemudi mobil matic ke luar kota.

2. Arti huruf pada persneling mobil matic beserta fungsinya.

Arti huruf pada persneling matic :
  • (P) untuk gear Parking
  • (R) untuk Mundur
  • (N) untuk Normal
  • (D) untuk mengemudi / drive

Sedangkan pada mobil matic keluaran jepang dan asia terdapat angka 1 - 2 atau 3 dan L.

Posisi (D) inilah yang paling sering digunakan karena mobil matic berjalan di jalan biasa dan normal harus mempergunakan transmisi gigi drive (D). Selain itu ketika kita mengemudi mobil matic menggunakan transmisi gigi dengan posisi (D) dapat membantu menghemat bahan bakar BBM.

Sedangkan untuk fungsi angka 1 - 2 - 3 dan M adalah hampir sama dengan setara transmisi gigi pada mobil manual biasa. Jadi ketika akan menyetir mobil matic di jalan yang menanjak atau menurun dengan bahaya kondisi jalan yang rusak, transmisi gigi ini harus anda gunakan.

2. Cara awal menjalankan mobil matic


  • Pertama - tama jika anda sudah siap untuk melakukan start dengan transmisi matic langkah awalnya adalah injak pedal rem diikuti dengan menggeser tuas transmisi menuju D (supaya mobil matic bergerak maju) sedangkan R (agar mobil matic bergerak mundur).
  • Setelah anda menggeser tuas, lepas pedal rem yang anda injak dan diikuti dengan rem tangan yang memiliki fungsi untuk menonaktifkan parking brake.
  • Sebagai langkah beriktunya anda harus melepas rem serta menonaktifkan parking brake, langkah selanjutnya agar mobil matic bergerak maju injak pedal gas secara perlahan. Namun jangan menginjak pedal gas secara mendadak atau terlalu dalam, sebab dapat mengakibatkan konsumsi BBM yang terlalu boros.

3. Cara mengemudi mobil matic di tanjakan


Jika anda akan melewati jalanan menanjak langkah yang harus anda lakukan ketika menyetir mobil matic adalah geser tuas transmisi dari D ke L/1. Ini dilakukan sebab posisi transmisi ini merupakan posisi paling ringan letak gear berada yang akan menjadikan mobil matic dengan mudah melaju di jalan tanjakan.

Disini kami performance-car-desaign juga akan mberikan sebuah teknik mengemudi mobil matic ketika berada di wilayah yang penuh dengan tanjakan, berikut penjelasan tips menyetir mobil matic di jalan tanjakan :

  • Jika jalan tanjakan tidak terlalu tinggi dan tidak begitu macet, supaya putaran mesin tidak ngedrop langkah yang harus dilakukan adalah dengan memposisikan tuas persneling tetap dalam posisi D.
  • Namun apabila jalan tanjakan terasa agak tinggi dan macet dan anda merasakan putaran mesin turun dengan cepat, maka tindakan yang harus anda lakukan adalah geser posisi tuas persneling ke posisi 2. Diikuti dengan pijakan pedal gas dan jangan terlalu dalam.
  • Jika anda akan melewati jalan tanjakan yang begitu curam, tidak jauh berbeda dengan mobil manual yang menggunakan posisi di gigi 1 namun pada mobil metik posisi tuas pada posisi L. Hal seperti ini dilakukan supaya anda dapat melaju dengan stabil dan mampu melewati tanjakan menggunakan mobil automatic.

4. Cara mengemudi mobil matic di jalan yang macet


  • Jika anda harus berhenti pada saat mobil matic terjebak macet, usahakan untuk menggeser persneling ke D. Sebab jika anda tidak menggeser persneling dapat mengakibatkan kopling transmisi automatic menjadi cepat habis (aus).

 baca juga : Cara Belajar Menyetir Mobil Manual Dengan Mudah Bagi Pemula
 

5. Langkah yang dilakukan ketika parkir dengan mobil matic


  • Anda tidak akan bisa untuk melepaskan anak kunci jika anda hendak memarkirkan mobil dengan tansmisi automatic tidak menggeser tuas persneling dari D ke P.

6. Keistimewaan mengemudi mobil matic


  • Salah satu keunggulan mobil matic adalah ketika anda sedang dalam posisi standby / istirahat, anda hanya perlu meletakkan kaki kiri di tempat injakan kaki (foot rest), dan menggunakan kaki kanan untuk menginjak pedal rem atau pedal gas (akselerator).
 

7. Masalah yang sering terjadi jika kita masih baru / pemula dalam mengendarai / menyetir mobil matic


1. Mengapa mobil matic tidak dapat di hidupkan ?

Pada mobil dengan transmisi gigi otomatis (mobil matic) umumnya gas sudah cukup besar dalam posisi idle (pedal gas tidak diinjak), sehingga apabila tuas persneling diposisikan di D (drive) dengan sendirinya mobil sudah akan bisa bergerak secara perlahan. Itulah alasan kenapa mesin mobil matic tidak bisa dihidupkan apabila pedal rem tidak diinjak. 

2. Mengapa persneling mobil matic tidak dapat dioper / dipindahkan ?

Pedal rem harus selalu diinjak setelah mesin hidup. Sebagai pengaman, itulah yang menjadi alasan tuas persneling tidak bisa dipindahkan dari huruf P (parking) ke huruf D.

Demikian pertemuan kita kali ini yang baru saja mengupas tuntas tentang bagaimana cara belajar menyetir mobil matic. Semoga setelah anda membaca artikel kami ini dapat membantu anda mengendarai mobil matic entah pada saat mengemudi di jalan tanjakan , kemacetan ataupun ketika akan parkir menggunakan mobil matic. Jika terdapat tulisan kami yang kurang tepat dan masih membutuhkan penyempurnaan kami mohon maaf, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan