Cara Mudah Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet - AUTOMOTIFE

Cara Mudah Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet

Tips merawat mobil matic - Bagaimana cara merawat mobil matic suapaya lebih awet ? Tidak sedikit orang yang hobi pada otomotif mengatakan bahwa ketika kita mengemudi mobil matic akan banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan mobil matic. Berdasarkan mitos tentang mobil matic tersebut banyak orang yang berpikir dua kali ketika akan membeli mobil matic baik mobil baru maupun mobil matic bekas. Sebenarnya merawat mobil matic membutuhkan cost yang cukup mahal itu dikarenakan belum banyak bengkel mobil yang dapat melakukan perbaikan tansmisi mobil matic sehingga kita harus pandai - pandai menjaga kondisi mesin matic agar performance mobil tersebut tetap terjaga.

Sebenarnya tidak ada ruginya jika kita mengemudi mobil matic. Meskipun dalam perawatan mobil dengan tansmisi automatic (matic) cukup sulit dan memerlukan banyak biaya perbaikan transmisi serta mengganti oli untuk mobil matic, tetap saja mobil matic memiliki kelebihan pada kenyamanan dalam mengemudi di jalan macet. Sebab mobil matic berbeda dengan mobil manual yang harus dikendalikan kopling dan tuas presneling ketika kita terjebak di kemacetan, sedangkan jika kita menyetir mobil matic anda tidak akan terasa pegal mengatur pedal kopling dan transmisi gigi tersebut.

Ketika di akumulasikan tiap 2 tahun sekali, jika kita menjaga kondisi mobil matic dengan benar biaya untuk service mobil matic sebenarnya lebih murah dari pada mobil dengan transmisi manual. Pada saat kita melakukan perbaikan persneling kopling mobil manual harus ditukar dalam waktu itu, berbeda dengan mobil matic yang transimisi gigi automatic dapat ditukar lebih 5 tahun namun juga tergantung pada penggunaan. Dan kali ini kami akan mencoba berbagi tips merawat mobil matic agar kita dapat menjaga performance serta kita tidak akan bingung lagi tentang waktu mengganti oli mobil matic tersebut.

Cara Mudah Merawat Mobil Matic Agar Tetap Awet

perawatan mobil matic


1. Kenali potensi kerusakan pada mobil matic


Untuk mengetahui kondisi mobil matic anda dalam keadaan prima atau tidak sebaiknya dalam beberapa bulan sekali lakukan tes uji jalan terhadap mobil matic Anda, caranya adalah :
Anda cukup menjalankan mobil matic seperti biasanya, setelah itu cobalah memindahkan persneling. Rasakan pada saat anda memindahkan tuas persneling, ketika anda mengoper persneling keluar suara bising dan mobil agak sedikit tergoncang itu artinya terdapat potensi masalah pada bagian transmisi mobil matic anda. Apabila hal tersebut terjadi, service segera mobil matic anda ke bengkel untuk dilakukan perbaikan sebab transmisi mobil automatic merupakan bagian yang sangat penting.

2. Rutin dalam penggantian oli


Salah satu perawatan mobil matic yang tidak kalah penting adalah penggantian oli mesin. Meskipun terlihat sederhana dan tidak sedikit orang yang tidak memperdulikannya, bagi anda yang sering mengemudi mobil matic ke luar kota sudah seharusnya jangan abaikan masalah pengecheckan oli mobil matic sebelum berpergian. Jangan sampai anda tidak mengecheck keadaan oli, karena hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian sistem transmisi matic mobil Anda. Selain berfungsi untuk melumasi mesin mobil matic anda, Oli matic juga memiliki peran untuk meneruskan daya gerak mesin supaya tetap lancar. Untuk itu performance-car-desaign menyarankan agar anda menggunakan oli transmisi mobil matic yang bagus, oli khusus untuk mobil matic tersebut sering disebut juga dengan automatic transmision fluid. Kapan anda ganti oli mobil matic tiap berapa km ? Secara prosedur pergantian oli mobil matic ketika mobil anda telah mencapai jarak antara 80.000 km sampai 100.000 km.

3. Pemanasan pada mesin mobil matic sebelum anda kendarai


Mungkin bagi anda kegiatan memanaskan mobil matic sebelum bepergian menjadi hal yang sepele, akan tetapi jika anda tidak pernah melakukannya dapat membuat mesin mobil matic menjadi terganggu di kemudian harinya. Tips merawat mobil matic pada saat pemanasan di pagi hari / akan bepergian dengan memposisikan tuas transmisi dalam posisi N.

4. Perawatan transmisi gigi mobil automatic (matic)


Tips merawat mobil matic yang terakhir adalah pada pengoperasian / penggunaan persneling. Biasakan anda tidak menggunakan persneling (P) jika keadaan mobil matic belum benar-benar berhenti. Kemudian ketika anda akan memarkirkan mobil matic, jangan terlalu sering bahkan coba hindari untuk memasukkan persneling (D). Apabila kebiasaan buruk tersebut sering anda lakukan, dikhawatirkan akan berdampak pada kerusakan bagian persneling kopling mobil matic milik anda. Cara yang paling aman adalah anda cukup dengan memindahkan tuas transmisi pada posisi (P) ketika hendak memarkirkan mobil.

Selain itu terdapat beberapa tanda transmisi mobil matic mengalami kerusakan, diantaranya :

  • Kopling slip yang membuat tidak ada keseimbang antara putaran mesin dengan laju mobil.
  • Mesin mobil matic mengeluarkan suara yang keras ketika melaju dengan kecepatan tinggi
  • Dan yang terakhir adalah menghentaknya gigi persneling ketika kita mengoper persneling.

baca juga :
Tips Belajar Mengemudi Mobil Matic
Cara Belajar Menyetir Mobil Manual Bagi Pemula

Oleh karena itu persneling matik membutuhkan perawatan lebih jika dibandingkan dengan transmisi manual, terutama pada bagian gearbox. Berikut hal - hal yang perlu anda ketahui dalam hal cara merawat mobil matic :

1. Automatic Transmision Fluid

  • Di dalam gearbox mobil matic, terdapat fluida yang bernama Automatic Transmission Fluid (ATF) dan memiliki fungsi tidak hanya untuk melumasi. Prinsip dasar hidrolis pada gearbox matic memerlukan mediator untuk mengatur perpindahan gigi serta merapatkan plat kopling. Oleh karena itu jika tingkat viskositas kekentalan turun, akan selalu diikuti dengan tekanan yang dihasilkan  juga akan berkurang. Selain itu karena tidak terdapat proses pembakaran pada transmisi matic, turunnya viskositas fluida dapat mengakibatkan kontaminasi yang berdampak pada masa pakai.

2. Kopling slip

  • Gejala kerusakan pada transmisi mobil matic dapat anda rasakan dari slip kopling. Ini dapat terlihat ketika tidak ada keseimbangan putaran mesin pada saat mobil matic melaju. Mesin sudah meraung pada putaran tinggi, akan tetapi mobil matic berjalan dengan laju yang tidak seimbang dengan deru suara mobil.

3. Perpindahan Gigi

  • Perlu kita waspadai ketika anda mengalami perpindahan gigi persneling yang menyentak tidak halus seperti biasa. Hal tersebut dapat kita cek dengan  memasukkan persneling menggunakan posisi D atau R, kemudian lepaskan rem. Dalam kondisi kondisi normal mobil matic akan langsung melaju akan tetapi jika menyentak itu dapat menjadi suatu pertanda masalah pada transmisi matic.
 
Demikian tips merawat mobil matic yang dapat kami sampaikan yang telah mengulas tata cara merawat mobil matic dengan benar supaya mobil matic tetap awet. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan jika anda membeli sebuah mobil matic jangan lupa membaca buku panduannya karena disitu berisi tentang bagaimana cara perawatan mobil matic yang baik dan juga beberapa informasi mengenai garansi mobil. Sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan