Cara Memperbaiki Klakson Mobil Yang Tidak Bisa Mengeluarkan Bunyi - AUTOMOTIFE

Cara Memperbaiki Klakson Mobil Yang Tidak Bisa Mengeluarkan Bunyi

Klakson mobil - Bagaimana cara memperbaiki klakson mobil kadang bunyi kadang tidak ? Salah satu komponen pada mobil yang dapat dikatakan cukup penting adalah klakson, untuk itu jika suara klakson di mobil kita terdengar pelan bahkan klakson tidak bisa berbunyi kita harus cepat - cepat memperbaikinya. Selain merupakan bagian yang penting pada mobil, suara pada klakson mobil dapat bervariasi seperti halnya suara klakson "TELOLET" yang sedang naik daun sekarang ini. Jika bunyi klakson dapat berbunyi dengan baik tentu kita tidak akan kebingungan ketika ada seorang pengendara yang sudah menyalakan lampu sign namun kurang merespon dengan sekitarnya. Cukup menyalakan bunyi klakson  telolet, pasti pengendara tersebut akan tersadar dengan sendirinya.

Terdapat beberapa jenis klakson yang tentu sudah kita temui, mulai dari klakson yang memiliki bunyi "TIN" seperti halnya suara klakson motor. Seringkali klakson jenis ini disematkan pada mobil yang di produksi di tahun 80-an, biasanya sekarang ini klakson jenis "TIN" sudah diganti dengan klakson tipe terbaru oleh pemilik mobil. Selain itu juga terdapat jenis klakson keong yang memiliki suara sudah lumayan keras, seperti klakson bus yang memiliki bunyi "TELOLET" sampai pada klakson mobil polisi yang mempunyai karakteristik tersendiri. Untuk itu sebelum anda ingin mengetahui cara mengatasi klakson mobil yang tidak bisa berbunyi, sebaiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu penyebab klakson tidak bunyi. Agar pada saat melakukan perbaikan kita tidak salah tindakan karena salah analisa.

Sebagai saran dari kami ada baiknya ketika anda memilih klakson mobil jika anda akan mengganti klakson mobil yang rusak, pilihlah suara klakson yang bisa saja dan jangan terlalu keras. Terkadang banyak pengendara di jalan menjadi emosi ketika mendapat bel yang bersuara keras. Namun sebelum anda mengganti klakson mobil yang rusak, cobalah untuk memperbaikinya sendiri dahulu menggunakan panduan cara memperbaiki klakson mobil yang tidak bisa mengeluarkan bunyi di bawah ini.


Cara Memperbaiki Klakson Mobil Yang Tidak Bisa Mengeluarkan Bunyi

Cara memperbaiki klakson mobil rusak

Berikut ini adalah penyebab klakson mobil tidak bunyi / mati beserta solusi mengatasinya :


1. Sekring Klakson (fuse horn)

Salah satu penyebab bel klakson tidak berbunyi adalah sekring pada klakson terputus, jika terjadi hal seperti itu secara otomatis klakson mobil anda akan tidak berbunyi / mati walaupun sudah anda pejet berulang - ulang namun klakson tetap tidak mau hidup. Salah satu penyebab dari sekring mati itu seringkali dikarenakan suplay listrik yang terlalu besar, akan tetapi juga perlu kita catat juga bahwa umur pakai juga berpengaruh sekering klakson mobil mati. Untuk itu cara memperbaiki klakson mobil yang tidak berfungsi karena sekering mati cukup dengan mengganti dengan yang baru sesuai dengan ukuran sekering sebelumnya.

2. Kabel Klakson

Kadang kala klakson mobil mati disebabkan dari masalah Kondisi kabel klakson yang seperti putus, terjadi konsleting, atau dapat juga karena terdapat jamur di kabel penghubung yang membuat krosi pada kabel bisa menjadi salah satu penyebab klakson mobil tidak bunyi. Untuk mengatasi klakson mobil tidak mengeluarkan suara karena terdapat masalah di kabel klakson langkah yang harus anda lakukan adalah :

  1. Periksa terminal pada klakson anda menggunakan test lamph.
  2. Kemudian hubungkan test lamp dengan masa body sambil memencet saklar mobil anda
  3. Setelah itu jika test lamp menyala itu artinya kondisi kabel anda dalam keadaan normal akan tetapi jika test lamp tetap diam dapat dipastikan terdapat masalah pada kabel anda.

3. Klakson Rusak

Pastikan klakson mobil dalam keadaan baik. Jika anda mendapati klalson anda ternyata dalam keadaan rusak, maka cara mengatasinya adalah :

  1. Langkah pertama yang peelu anda lakukan adalah melepas klakson dari mobil anda.
  2. Kemudian check dengan cara menghubungkan terminal positif dan negative klakson mobil anda pada aki.
  3. Apabila klakson anda berbunyi seperti biasa maka klakson mobil tersebut masih normal dan masih berfungsi dengan baik. 
  4. Namun apabila bunyinya tidak terlalu keras, anda bisa mengatur setingan klakson mobil anda lewat baut penyetelan, putar baut tersebut ke arah kanan ataupun kiri sampai anda menemukan suara seperti yang anda inginkan.
  5. Setelah melakukan langkah diatas dan klakson anda sudah tidak berbunyi maka dapat dikatakan klakson mobil anda sudah rusak dan harus diganti dengan yang baru.

4. Rellay Klakson

Apabila anda sudah menggunakan model klakson yang menggunakan tambahan rellay seringkali yang menjadi masalah ada pada komponen relay. Kondisi relay yang sering terkena kotoran atau air bisa mengakibatkan klakson tidak berbunyi. Maka dari itu anda perlu mengganti dengan yang baru agar masalah klakson mobil tidak bisa bunyi dapat teratasi.

5. Saklar Klakson

Saklar klakson rusak biasanya disebabkan karena adanya kerak pada lempengan tembaga atau kotoran. Namun dapat juga disebabkan karena masalah kelistrikan, oleh karena itu suara klakson hilang dapat disebabkan dari saklar klakson yang rusak. Cara memperbaiki saklar klakson mobil yang rusak, yaitu :
  1. Pertama - tama anda perlu membongkarnya dan memastikan aliran listrik masih mengalir dengan baik.
  2. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka anda harus membersihkan kotoran yang ada. 
  3. Jika anda ragu untuk melakukan langkah tersebut karena dirasa cukup rumit, sebaiknya bawa ke bengkel yang berpengalaman untuk memperbaiki klakson mobil yang rusak tersebut.

Biasanya saklar jarang terjadi kerusakan sebab letaknya yang berada di dalam mobil menjadikan saklar jarang sekali terkontaminasi kotoran.

baca juga :
Tips Mengatasi Mobil Tiba - Tiba Mogok Di Perjalanan
Cara Mengatasi Mobil Distarter Tidak Bisa Hidup

Demikian postingan kami kali ini yang membahas tentang beberapa penyebab dan cara memperbaiki klakson mobil mati yang dapat anda lakukan sendiri dirumah. Semoga artikel kami kali inibdapat bermanfaat untuk kita semua dan untuk memperbaiki klakson yang rusak sebaiknya ikuti urutan yang sudah kami tuliskan diatas, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan