Cara Membuat AC Mobil Menjadi Lebih Dingin - AUTOMOTIFE

Cara Membuat AC Mobil Menjadi Lebih Dingin

AC mobil tidak dingin - Bagaimana cara mengatasi ac mobil yang tidak dingin ? Masalah yang sering terjadi ketika kita sedang mengemudi mobil di dalam kemacetan adalah panasnya suhu ruangan karena ac mobil kurang dingin. Ironisnya masalah ac mobil tidak dingin menjadi suatu problematika yang sering terjadi pada mobil tua seperti mobil tahun 90an seperti ac mobil kijang tidak dingin, mobil timor ga mau, bahkan mobil honda crv ac kurang dingin juga menjadi banyak keluhan para penggunanya. Melihat dari segi fungsi untuk mendinginkan kabin mobil, jika AC mobil tidak mampu mendinginkan kabin mobil anda tentu akan terasa mengganggu peroses anda berkendara terutama di siang yang sangat terik. Lalu bagimana cara membuat ac mobil agar terasa lebih dingin ?

Untuk membuat ac mobil lebih dingin tentu perlu dilakukan service untuk memperbaiki ac mobil yang tidak dingin tersebut. Namun perlu anda ketahui ketika anda akan melakukan perbaikan ac mobil / service ac mobil, kita harus menyiapkan biaya perbaikan ac mobil yang tidak sedikit. Untuk itu ada baiknya jika anda mengetahui cara service ac mobil kurang dingin sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel. Sebelum anda mengetahui cara memperbaiki ac mobil tidak dingin hanya keluar angin, ada baiknya jika anda mengerti penyebab ac mobil tidak dingin terlebih dahulu. dari masalah tersebut. Berikut ini merupakan beberapa penyebab ac mobil mendadak tiba - tiba tidak mau dingin :

  • Freon yang kurang atau habis
  • Kondensor dan radiator yang kotor
  • Evaporator yang kotor atau tersumbat
  • Saluran pembuangan air kondensasi tersumbat
  • Overheating pada mesin
  • Motor Cooling Fan
  • Spul magnetic clutch putus
  • Tekanan system ac mobil yang berlebihan
  • Oli kompresor yang berlebih
  • Kompresor aus
  • Putusnya Drive Belt

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini otomotife.com akan mencoba berbagi tips untuk mengatasi AC mobil anda yang telah terlanjur tidak dingin. Namun sebelum anda melakukan service ac mobil sendiri untuk menghemat biaya service ac mobil di bengkel, kami menyarankan jika anda ragu untuk melakukan perbaikan ac mobil yang dirasa cukup berat sebaiknya jangan ragu untuk membawanya saja ke bengkel spesialis ac mobil agar performance mobil anda tetap optimal. Sebab tips kami kali ini hanya sebagai langkah mengatasi ac mobil tidak dingin secara sederhana yang bisa kita lakukan sendiri. Langsung saja mari kita simak cara merawat dan memperbaiki ac mobil yang tidak bisa dingin di bawah ini.

Cara Membuat Ac Mobil Menjadi Lebih Dingin

cara memperbaiki ac mobil yang tidak dingin
cara agar ac mobil jadi lebih dingin

Berikut ini adalah penyebab ac mobil menjadi kurang dingin beserta solusinya :


1. Pengaturan pada Remote tidak sesuai.
Ketika kita sedang berada dalam mode COOL seharusnya atur pada suhu di bawah 25 derajat, jika melebihi 25 derajat biasanya memang tidak akan terasa dingin. Nemun jika kita menggunakan posisi mode FAN tidak pada COOL contohnya, maka akan memang terasa tidak dingin memang tidak dingin sebab mode tersebut hanya digunakan untuk mengeluarkan angin saja (kipas).

Solusinya : Pilih setingan ac dengan benar sesuai dengan penggunaannya.

2. Filter AC yang kotor. 
Hembusan yang keluar terasa pelan merupakan suatu tanda - tanda ac mobil mulai kotor. Dan apabila kotornya sudah terlalu banyak, sering kali ac mobil akan mengeluarkan bunyi berisik.

Solusinya : Bongkar dan bersihkan AC beserta Screen / filter AC mobil yang ada didalamnya.

3. Kipas Outdoor kotor. 
Tanda - tanda jika kipas outdoor mulai kotor adalah angin yang keluar akan terasa panas dan hembusannya cepat seperti kipas angin. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerja kompresor tidak dapat maksimal sehingga tidak menghasilkan dingin yang sesuai pada AC.

Solusinya : Buka kipas outdoor lalu bersihkan dengan cara menyemprot air bertekanan. Bersihkan terutama pada bagian kisi - kisi yang dilewati angin.

4. Freon habis. 
Sebagai langkah pemeriksaan ac mobil kurang dingin karena masalah pada freon adalah dengan cara coba jalankan AC dalam kurun waktu sekitar setengah jam dan pastikan tidak ada air yang keluar dari kipas outdoor. Jika memang seperti itu besar kemungkinan freon habis. Jika air pembuangan tidak keluar sama sekali setelah berjalan selama setengah jam, selain freon habis juga terdapat kemungkinan seperti :

  • Kebocoran pada sambungan freon
  • Kapasitor kompresor sudah tidak normal yang menyebabkan kompresor tidak berputar
  • Unit kompresor rusak
  • Modul indoor rusak sehingga perintah tidak sampai pada modul outdoor.

Solusinya : Panggil tukang service namun suruh isi Freon saja. Hal tersebut akan meringankan biaya service ac mobil karena hanya mengisi freon.
5. Kapasitor Rusak. 
Jika pada langkah ke - 3 sudah anda lakukan (membersihkan kisi - kisi di outdoor) namun belum ada perubahan hembusannya masih tetap tidak terasa dingin, kemungkinan besar disebabkan karena kapasitor rusak.

Solusinya : Ganti kapasitor yang dengan spesifikasi 1.5 mf

baca juga :
  1. Cara Membersihkan Radiator Mobil Tanpa Bongkar (Service AC Mobil)
  2. Cara Mengatasi Remot Alarm Mobil Yang Tidak Berfungsi

Demikian artikel kami yang telah mengulas Cara agar ac mobil jadi lebih dingin kali ini. Semoga tips kami kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi anda yang mempunyai mobil dengan ac kurang dingin, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan