Cara Membersihkan Radiator Mobil Tanpa Bongkar ( Service Radiator ) - AUTOMOTIFE

Cara Membersihkan Radiator Mobil Tanpa Bongkar ( Service Radiator )

Membersihkan radiator mobil - Bagaimana cara membersihkan radiator mobil tanpa harus membawanya ke bengkel ? Pada kesempatan kali ini kami performance-car-desaign akan mencoba berbagi tips tentang cara menguras radiator mobil dan membersihkannya sendiri tanpa harus membongkar sistem pendingin pada mobil tersebut. Tentu kita sudah mengetahui tentang sistem radiaotor pada mobil, radiaotor merupakan suatu sistem pendingin pada mobil yang harus kita jaga serta kita rawat agar performance mobil yang kita miliki tetap optimal. Namun apa jadinya jika anda kurang merawat radiator karena tidak mengetahui cara merawat radiator mobil, maka yanh terjadi anda akan mengalami overheating atau panas berlebihan pada mesin.

Ciri radiator normal pada mobil dapat kita ketahui dengan merasakan temperatur pada mesin mobil. Jika anda merasa sistem pendinginan mesin kurang maksimal, itu dapat menjadi suatu pertanda ciri - ciri radiator mobil buntu karena terdapat kotoran pada salurannya. Sebagai cara service radiator mobil biasanya kita akan membawanya ke bengkel untuk menguras dan bongkar radiator mobil kita guna membersihkan kotoran dan kerak yang terdapat pada radiator tersebut. Penyebab radiator mobil kotor / mengerak seringkali disebabkan karena kita terlalu sembarangan menggunakan air untuk mengisi radiator mobil kita. Oleh karena itu biasakan mulai sekarang untuk menggunakan air khusus radiator mobil seperti water coolant contohnya.

Memang sudah seharusnya cairan pendingin radiator menggunakan cairan khusus untuk radiator, misalnya saja Radiator Coolant. Sebab didalam formula water coolant radiator memiliki fungsi yang dikhususkan serta cairan pembersih radiator guna memberikan anti kerak dengan titik didih yang tentunya berbeda pula. Akan tetapi jika anda sudah terlanjur menggunakan air biasa sehingga radiator anda sudah kotor dan dan harus mengurasnya, coba tips dari kami untuk membersihkan radiator mobil tanpa perlu dikuras. Mari kita simak tutorial cara mengatasi radiator mobil yang tersumbat karena kotoran secara lengkap dibawah ini.

Cara Membersihkan Radiator Mobil Tanpa Bongkar ( Service Radiator )

service radiator


Sebelum kita melakukan service radiator dengan cara pengurasan, persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang akan kita butuhkan seperti :
1. Air minum galon
2. Cairan Radiator ( Radiator Coolant )
3. Cairan pembersih radiator ( Radiator Cleaner / Radiator Flush )
4. Baut Pembuangan radiator ( Takutnya yang lama udah getas ).

Berikut ini langkah - langkah yang harus dilakukan sebagai cara membersihkan radiator mobil agar tidak tersumbat (buntu) :


  1. Langkah pertama adalah dengan mendinginkan mesin terlebih dahulu sebab akan berbahaya apabila membuang air radiator dalam keadaan mesin panas.
  2. Buang air radiator sampai habis dengan cara membuka baut pembuangan radiator yang letaknya ada di bawah.
  3. Tutup kembali lubang pembuangan dengan cara memasang baut pembuangan dan pastikan sudah tertutup rapat.
  4. Setelah itu masukan Radiator Flush atau Radiator Clener ke dalam radiator
  5. Lalu isi radiator yang sudah terisi dengan Radiator Flush tadi sampai penuh menggunakan air Minum Galon. >> Kami menyarankan mengisi air radiator menggunakan air galon dikarenakan jika air sumur atau air kran ditempat anda berada banyak mengandung zat kapurnya tinggi. <<
  6. Pada tahap selanjutnya tutup radiator terlebuh dahulu setelah itu hidupkan mesin untuk memanasinya hingga thermostat membuka dalam kurun waktu kurang lebih 15 - 20 menit.
  7. Kemudian matikan mesin sampai kondisi mesin menjadi dingin / normal.
  8. Setelah kondisi mesin dingin lakukan sama seperti tahap ke 2 dan ke 3, buang air radiator dan kemudian tutup kembali.
  9. Langkah berikutnya, isi lagi radiator dengan air galon sampai radiator terisi penuh lalu tutup radiator.
  10. Lakukan sirkulasi pada radiator untuk membuang sisa air kotor dan cairan pembersih yang masih tersisa dengan cara menghidupkan mesin mobil kembali.
  11. Setelah itu lakukan kembali sama seperti proses pertama sampai langkah diatas, semakin sering anda melakukan sirkulasi maka akan semakin baik juga untuk radiator mobil anda.
  12. Jika dirasa sudah cukup proses sirkulasi tersebut, selanjutnya tutup lubang pembuangan radiator dan isi radiator menggunakan cairan khusus untuk radiator ( Radiator Coolant ). 
  13. Jangan campur air dengan kecuali cairan radiator yang anda gunakan dalam penggunaanya harus dicampur air.
  14. Lakukan pengecheckan radiator setelah anda service dengan cara hidupkan mesin selama 2 - 4 menit kemudian matikan. Jika mesin belum panas, buka tutup radiator periksa airnya apabila berkurang maka tambahkan sampai penuh lalu tutup dan kemudian hidupkan lagi.

Catatan : Jangan lupa untuk memeriksa tangki cadangan radiator, jika kotor kuras juga sekalian.

baca juga :

Demikian tips mengenai cara membersihkan radiator mobil tanpa harus membongkar yang dapat kami sampaikan kali ini. Semoga postingan kami kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan