Cara Belajar Menyetir Mobil Dengan Mudah Bagi Pemula - AUTOMOTIFE

Cara Belajar Menyetir Mobil Dengan Mudah Bagi Pemula

Tips belajar mobil - Bagaimana cara belajar mengemudi mobil bagi pemula ? Bukan menjadi sebuah alasan tidak mengetahui cara menjalankan mobil manual maupun matic karena kita belum membeli / mempunyai sebuah mobil. Pada jaman seperti ini dapat mengemudi mobil manual yang benar tidak akan memiliki kerugian. Maka dari itu banyak orang yang ingin cepat bisa mengemudi mobil tidak akan berpikir panjang membayar jasa nyetir mobil meskipun harga kursus setir mobil cukup tinggi. Namun bagi anda yang tidak memiliki banyak uang namun ingin belajar menyetir mobil, pada artikel kali ini akan kami bagikan cara mengemudi mobil bagi pemula secara otodidak / sendiri.

Pada masa yang sulit untuk mencari pekerjaan seperti sekarang ini, jika anda dapat membawa mobil dengan teknik mengemudi mobil yang cukup baik. Terlebih lagi jika anda mempunyai sertifikat dari kursus mengemudi mobil itu dapat menjadi nilai tambah tersendiri ketika akan melamar pekerjaan. Karena tidak dipungkiri lagi mobilitas dalam perusahaan akan selalu dilakukan dalam kesehariannya. Jadi tidak ada ruginya meningkatkan performance diri anda dengan memperlihatkan cara mengendarai mobil dengan benar.

Sebelum anda menyetir mobil perlu anda ingat bahwa sopir mobil merupakan pemimpin di dalam kendaraan tersebut. Sopir mempunyai tanggung jawab akan nyawa juga keselamatan seluruh penumpang yang ada pada mobil yang dia kendarai. Untuk itu bagi anda yang ingin belajar stir mobil, disini kami mencoba berbagi tips teknik belajar mobil serta cara belajar menyetir mobil dengan mudah bagi seorang pemula.

Cara Belajar Menyetir Mobil Dengan Mudah Bagi Pemula

cara belajar menyetir mobil


LANGKAH PERTAMA


Langkah pertama dalam hal belajar menyetir mobil untuk pemula yaitu mengetahui tentang teori mengemudi mobil manual yang benar.

cara belajar menyetir mobil

1. Gas 
  • Memiliki fungsi untuk mempercepat atau memperlambat laju mobil yang anda kendarai.

2. Rem
  • Memiliki fungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju mobil.

3. Kopling
  • Memiliki fungsi untuk perpindahan gigi dan prasyarat berhenti. 
Selain 2 hal tersebut, dengan melepas kopling juga menjadi prasyarat saat mobil akan mulai jalan ketika pengemudi menginjak pedal gas. Akan tetapi jika tidak pas antara pelepasan kopling dengan penginjakan gas maka yang akan terjadi adalah nyendal atau loncat dan juga mobil akan mati.

LANGKAH KEDUA


Pada langkah kedua ini sebelum kita untuk memulai mengemudi mobil, anda harus mengenali serta mengetahui cara menggunakan fungsi dasar yang ada pada mobil tersebut.

1. Cara memegang setir mobil dengan tepat

  • Cara memegang setir yang baik dan benar adalah ujung tuas berbentuk benjolan namun tidak digenggam, lalu dipegang menggunakan dua ruas bawah jari telunjuk dan tengah kemudian diapit jari yang lain di kanan kiri tanpa adanya tekanan dan tarikan yang santai / rileks.

2. Mengenali persneling mobil

  • Pada saat kita belajar mengemudi mobil manualperlu untuk anda ketahui biasanya mobil manual keluaran 90-an memiliki 5 speed, yaitu 1 - 2 - 3 - 4 - 5 serta R atau mundur. Dan indikator hijau menandakan mobil dalam posisi netral.

3. Cara menggunakan tuas persneling

  • Anda harus mulai menggunakan feeling ketika akan belajar menyetir mobil, rasakan desakan serta bunyi ketika sedang melakukan perpindahan gigi bila berbunyi “klek” berarti perpindahan persneling anda tepat. Kemudian mulailah menghafal posisi perpindahan gigi, sebab saat menyetir anda tidak boleh melirik tuas maupun panel lain. Termasuk gas, rem, ataupun persneling untuk mengoperasikan mobil karena jika anda sudah mengemudi mobil harus tetap fokus mengatur jarak mobil di depan serta di samping kanan dan kiri.

LANGKAH KETIGA


Setelah anda mengetahui teori dasar menyetir mobil dan sudah mengenal fungsi panel yang ada pada mobil tersebut, itu artinya sudah saatnya anda untuk mencoba mengemudi mobil manual secara dasar terlebih dahulu.

1. Menghidupkan mesin mobil

  • Pertama - tama sebelum anda menghidupkan mesin pastikan mobil dalam posisi netral dari persneleng agar mobil tidak meloncat.
  • Setelah itu mulai start hidupkan mesin, kaki kiri menginjak kopling kemudian masukkan ke perneling 1 pada kaki kanan mulai menekan gas sedikit demi sedikit hingga suara mesin meningkat. 
  • Kemudian secara perlahan lepaskan kaki kiri dari kopling tanpa menaikkan gas, pada saat itu anda akan merasakan mobil mulai jalan. 
  • Jika mobil sudah berjalan dengan stabil, anda dapat melepas kopling dan menambah gas.

2. Cara mengoper perneling

Pada dasarnya cara mengoper persneling hampir sama dengan cara start tadi. Akan tetapi perbedaan terdapat pada pergeserannya, yaitu :
  • Sebelum anda memindahkan persneling lepas kaki kanan dari pedal gas kemudian kaki kiri menekan kopling lalu pindahkan tuas persneling namun jangan langsung melepas kopling akan tetapi seirama dengan kaki kanan kita menginjak gas.

3. Cara berhenti / mematikan mobil

  • Cara menghentikan mobil saat belajar adalah dengan kaki kiri menekan kopling diikuti dengan kaki kanan melepas gas kemudian kaki kanan bergeser diatas pedal rem, setelah itu injak secara perlahan untuk mengatur rem supaya mobil lebih pelan untuk memposisikan berhenti sesuai keinginan.

baca juga :

LANGKAH KEEMPAT


Ketika anda secara dasar sudah bisa mengendarai mobil, maka mulai mencoba mengaplikasikan teknik menyetir mobil yang telah anda pelajari.

1. Hari pertama

Di hari pertama yang harus anda lakukan adalah mulai mengerti kontrol basic dari tiap-tiap feature dashboard mobil yang ada. Contoh saja seperti :
  • Cara menghidupkan serta mematikan mesin
  • Cara memakai lampu sen serta lamu hazard
  • Cara memakai lampu utama serta lampu jarak jauh
  • Cara menggerakkan wiper untuk menangani hujan dan sebagainya.

Selain dari fungsi feature dashboard di hari pertama ini anda harus mengetahui ketentuan basic perihal mengemudi. Tata cara mengemudi dasar yang harus anda pahami yaitu :
  • Pemakaian jalur kiri serta kanan.
  • Norma dalam mendahului.
  • Dan juga makna rambu-rambu jalan raya yang ada.

Setelah itu carilah tanah yang lapang untuk melatih :
  • Cara maju dan mundur mobil.
  • Membiasakan pergantian kopling dan persneling.
  • Cara parkir mobil.
  • Dan juga cara mengendarai mobil di tikungan / belokan.

2. Hari kedua

Pada hari kedua ini saatnya anda belajar mengemudi mobil pada tempat yang berbeda, bukan pada lintasan lurus melainkan jalan yang memiliki banyak belokan. Perlu anda ketahui bahwa belokan ke kanan akan lebih sulit dibandingkan belokan ke kiri. Oleh karena itu jangan menganggap remeh teknik mengemudi mobil di jalan yang berbelak - belok.

3. Hari ketiga

Pada hari ketiga ini saatnya anda untuk belajar cara mengemudi di tanjakan dan turunan. Disini anda akan dilatih akan tehnik mengemudi mobil di jalan tanjakan menggunakan rem tangan dan juga seni permainan kopling. Yang perlu untuk anda waspadai ketika mengemudi di jalan tanjakan adalah berhati - hatilah dengan kopling anda karena masalah yang terjadi ketika kita menyetir di jalan yang menanjak ialah mesin dan kopling akan cepat panas.

4. Hari keempat

Pada hari ada sebuah teknik dalam menyetir mobil yang harus anda kuasai. Jika anda tidak menguasai salah satu cara mengendarai mobil yang satu ini sangat merugi pastinya dalam aktifitas sehari - hari. Tehnik yang kami maksud disini adalah anda harus mengetahui cara parkir mobil manual.

5. Hari kelima

Pada hari ini sudah saatnya menguji mental dan performance cara anda stir mobil di jalan raya. Ketika anda mengemudi mobil di jalan raya maka akan mengaplikasikan selama anda belajar mobil beberapa hari terakhir ini. Jangan hindari jika anda bertemu dengan sebuah kemacetan karena disitu anda akan mengetahui cara mengemudi mobil manual di jalan macet.

6. Hari keenam

Hari ini adalah saatnya anda menikmati sebuah perjalanan menggunakan mobil. Pada hari keenam ini kami yakin anda sudah bukan lagi menjadi seorang pemula yang sedang belajar menyetir mobil. Namun ada satu hal yang jangan anda lupakan cobalah untuk mampir ke sebuah POM untuk mengisi bensin. Sering kali bagi para pemula yang belum pernah membawa mobil akan kesulitan untuk membuka tanki bensin.



Itulah tadi kumpulan, tips lengkap cara/nyetir/matic mobil/otomatic menyetir mobil matic, otomatis, automatic atau manual bagi pemula. Nah, yang benar saat berlatih adalah dilakukan di tanjakan, itu digunakan wanita sebagai mengantisipasi pada saat macet, atau ketika di depan ada bus yang berhenti mendadak, maka kita dapat berhenti seketika. Nah, agar dengan cepat bisa mengendarai, mengemudi, atau mengemudikan seharusnya kita belajar disertai dengan gambar atau beserta gambarnya.
Untuk mobil metic new biasanya yng awet adalah transmission yang kuat ditanjakan tinggi, maupun curam tajam buat tata utk triptonik metik beli tepat supaya lebih kuat lagi jika mengendarai dengan mobil double gardan dg mesin tahun 2015-an.

Tidak hanya itu saja, penting juga di dalam tikungan, turunan, belok dan baik belokan. Dalam hal dasar ada kalanya harus berani di jalan raya biar terbiasa di jalan sempit, tol dan mencoba dgn aman menurun halus, menanjak, dan saat lampu merah. latihlah engkel agar saat belajar memijak lebih enak saat melatih pindah gigi. Berlatih putar balik juga di perlukan, kenapa karena misalkan saat kita dapat mengatasi sendiri banjir, itu adalah nilai plus bagi kita. Missal ada truk triptonic, puncak pegunungan, kemacetan kita tak grogi juga, jadi tanpa kursus kita dapat berlatih sediri yg mudah dan bagus mungkin lewat you tube video, seringlah baca berita otomotif, biasanya di situs besar juga ada panduan versi pdf profesional belajarlah saat waktu senggang. Di terangkan mencoba dijalan jarak jauh akan memperlincah dalam menginjak kopling, contoh saja jalan ke luar kota, biasanya pertama kali dengan cara lurus lalu mundur, non ngebut ya, dan di buat nyaman aja.

Di ulas juga di situs wikihow dan youtube, belajar dengan otodidak itu mudah. Agar hemat atau irit bensin (bbm) pilihlah yang bertransmisi diesel. nah, untuk mobil ceper yang diulas di kaskus dan dalam bahasa inggris flat sangat tidak disarankan untuk dipakai latihan. Malah jika ada cobalah mobil offroad.

Terakhir, Inilah Jenis-jenis dan merk Mobil yang sekarang sudah diproduksi dengan fitur matic: calya, agya, ayla, apv, avanza, accord, stream, sx4, carnival, mirage, mazda, 2, mercy, splash, evalia, escape, mitsubishi, galant, grandis, mobilio, hyundai, 2007, 2004, rio, mercedes, benz, baleno, bmw, civic, kia, carens, sirion, brv, alphard, altis, zebra, picanto, swift, atoz, xenia, x-trail, over, Daihatsu, pajero, rush, toyota, ranger, rc, rally, sedan, sport, strada, vios, vvti, veloz, vw, karimun, wagon, r, 4wd, 4, wd, odyssey, pick, up, yaris, nissan, march, swift, x, trail, matik, xtrail, luxio, aventador, lexus, lamborgini, l300, lamborghini, katana, super, kapsul, lgx, jeep, serena, rs, juke, gran, gta, 5, vitara, jazz, hilux, hrv, saat, hujan, inova, innova, isuzu, panther, kijang, max, grandma, feeling, ferrari, formula, 1, ford, fiesta, grand, livina, f1, fortuner, fuso, freed, fwd, ertiga, eropa, elf, chevrolet, spin, honda, city, suzuki, camry, carry, cvt, crv, colt, brio, outlander, senia, terios.
 

Demikian tips dari kami bagi anda yang sedang ingin mengetahui cara belajar mengemudi mobil untuk pemula secara otodidak. Semoga artikel kami kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, sekian dan terima kasih ..

ARTIKEL TERBARU:

ARTIKEL LAINYA:

    Direkomendasikan